Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi 5 : Pengantar Teknologi Informasi Dasar-dasar Internet.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi 5 : Pengantar Teknologi Informasi Dasar-dasar Internet."— Transcript presentasi:

1 Materi 5 : Pengantar Teknologi Informasi Dasar-dasar Internet

2 Internet ? Jaringan yang menghubungkan sekitar satu juta jaringan komputer organisasional internasional di lebih dari 200 negara mencakup sistem komputer universitas, pemerintahan, perusahaan dan lain sebagainya. Akses data, komunikasi, kerja sama dan bertukar informasi di seluruh dunia. Node yaitu sistem komputer yang berpartisipasi dalam internet, mencakup PC, LAN, Basis data atau Mainframe.

3 Evolusi Proyek eksperimental ARPA (Advanced Research Project Agency) di Dept. Pertahanan Amerika Serikat tahun Untuk menguji kelayakan jaringan komputer area luas dimana peneliti, pendidik, militer dan lembaga pemerintah dapat saling berbagi data, bertukar pesan dan transfer file.

4 Komersialisasi Internet Pertumbuhan terjadi setelah organisasi komersial diizinkan untuk ikut ARPAnet, yang kemudian diubah menjadi Internet pada tahun Jaringan utama yang menghubungkan node disebut backbone yaitu jaringan serat optik yang saat ini dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi.

5 Future – Internet2 Internet 2 –Internet bertujuan untuk melayani kebutuhan dari komunitas peneliti akademik. –Terlalu lambat untuk data intensif (data model superkomputer atau telemedis) Tujuan –menciptakan kemampuan jaringan utama untuk komunitas peneliti nasional, –Memungkinkan aplikasi internet revolusionel, –Memastikan transfer yang cepat dari aplikasi dan layanan jaringan yang baru ke komunitas internet yang lebih luas.

6 Future – Next Generation Internet Next-Generation Internet (NGI) –Program penelitian dan pengembangan pemerintah AS multilembaga yang mengembangkan aplikasi revolusioner yang memerlukan jaringan tingkat tinggi. Tujuan –Meneliti dan mengembangkan teknologi jaringan end-to-end tingkat tinggi yang berfokus pada keandalan, kekokohan, keamanan, jaminan kualitas pelayanan, video serta alokasi bandwidth.

7 Future : Future : Very-High-Speed Backbone Network Service (vBNS) Jaringan berkecepatan tinggi yang didesain untuk mendukung internet2 akademik dan inisiatif NGI yang disponsori oleh pemerintah. Implementasi pertama kali sebagai backbone OC-3 (155 Mbps) kemudian ditingkatkan ke OC-12 (622 Mbps).

8

9 Operasi Internet – Akses Internet Server LAN –Pengguna harus memiliki piranti lunak khusus yang disebut communications stack, yang menyediakan sekumpulan protokol komunikasi yang melaksanakan fungsi-fungsi yang lengkap dari model komunikasi tujuh lapis OSI.

10 Operasi Internet – Akses Internet (lanjutan) Serial line Internet Protocol/Point-to- Point Protocol (SLIP/PPP) –Modem –Piranti lunak khusus –Keuntungan bagi karyawan yang bekerja di rumah yang memerlukan akses ke Internet atau intranet perusahaan

11 Operasi Internet – Akses Internet (lanjutan) Layanan Online –Modem, software komunikasi standar dan langganan ISP Televisi –Televisi –Alat koneksi khusus, koneksi telepon –Dirintis oleh Web TV Networks –Kombinasi komputer dengan televisi Warnet

12 Operasi Internet : Operasi Internet : Alamat di Internet Setiap komputer di internet memiliki IP Address / alamat IP yang secara khusus mengidentifikasi suatu komputer di internet. Contoh : DNS (Domain Name System) yaitu sistem yang diatur oleh Internet Corporation for Assigned Names (ICANN) dan yang menetapkan nama untuk setiap situs di internet.

13 Operasi Internet – Alamat di Internet (lanjutan) Domain Name yaitu nama yang ditetapkan bagi situs internet, yang tediri atas beberapa bagian, dipisahkan dengan titik dan diterjemahkan dari kanan ke kiri. Spesifikasi tingkat atas atau zona yaitu bagian yang paling kanan dari nama internet, yang menunjukkan jenis organisasi yang memiliki situs tersebut. Contoh : software.ibm.com Contoh lain :.com.web.edu.arts.mil.rec.gov.nom.net.aero.org.biz.firm.coop.store.museum.info.name.pro

14 Internet Service Searching(pencarian) Communication(komunikasi) Cooperation(kerjasama) Web service(layanan web) World Wide Web(jelajahan dunia maya)

15 Internet Service - Searching Mencakup penjelajahan dan penulusuran informasi, menemukan, melihat, men- download dan memproses informasi. Difasilitasi dengan software khusus karena jumlah informasi di internet terus tumbuh dengan cepat.

16 Internet Service – Communication & Cooperation Communication – –Chatting –Newsgroup –Internet telephony (VoIP) Cooperation –Split Screen –Teleconference –Group Support System

17 Internet Service – Web Service Web service adalah aplikasi modular pelanggan dan bisnis yang mandiri dalam hal isi dan deskripsi. Dapat dipilih oleh pengguna dan digabungkan dengan alat apa pun (contoh:HP)

18 Internet Service – World Wide Web Internet ≠ World Wide Web Internet berfungsi sebagai mekanisme pengiriman, sedangkan WWW adalah aplikasi yang menggunakan fungsi-fungsi dari pengiriman tersebut. WWW diciptakan oleh Timothy Berners-Lee pada tahun 1989 mengusulkan jaringan global dari dokumen hiperteks yang memungkinkan peneliti bekerja sama. Web adalah sistem dengan standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, menelusuri, memformat, dan menampilkan informasi melalui arsitektur client / server.

19 Tantangan Internet dan Intranet Privasi Internet –Informasi pelanggan dikumpulkan situs web melalui data click- stream dan data click-stream dikumpulkan oleh cookie. –Cookie adalah file data kecil yang ditempatkan di hard drive pengguna ketika mengunjungi suatu situs. Keamanan –Public key security adalah prosedur untuk melindungi intranet dari gangguan eksternal –Enkripsi adalah proses yang mengacak data yang keluar sehingga tidak dapat dipahami oleh pihak luar. –Sertifikat digital – kartu identifikasi elektronik yang memberikan validasi atas akses ke intranet. –Firewall – alat yang berada di antara jaringan internal perusahaan dan jaringan eksternal, untuk mengatur akses ke dalam dan keluar jaringan perusahaan.

20 Tugas Sifat : Kelompok (4 orang) Topik : Jaringan Model: Laporan Resmi (4 halaman) Bab I Pendahuluan (Latar Belakang, Masalah, Tujuan) Bab II Dasar Teori (Teori-teori lengkap tentang jaringan) Bab III Rencana dan Model Pengembangan Bab IV Daftar Pustaka Deskripsi : Kelompok anda bertanggung jawab atas jaringan di suatu pabrik makanan yang sedang berkembang. Perusahaan memiliki 4 pabrik di berbagai kota (Malang, Pasuruan, Mojokerto dan Gresik) dan akan membangun lagi pabrik di dua kota (Lamongan dan Tuban). Manajer perusahaan tersebut menginginkan sebuah rencana untuk memperbarui jaringan perusahaan. Buatlah sebuah rencana untuk pembaruan tersebut dan masukkan jenis serta topologi jaringan baru tersebut. Pastikan anda menyebutkan masalah jaringan lintas perusahaan serta jaringan di dalam berbagai pabrik baru tersebut. Pengumpulan : –Setelah UTS Semester Pendek


Download ppt "Materi 5 : Pengantar Teknologi Informasi Dasar-dasar Internet."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google