Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERUSAHAAN TRANSNATIONAL/ MULTINATIONAL. PENGERTIAN Tindal: Perusahaan Transnational (MNE) adalah kumpulan perusahaan dari berbagai negara yang dihubungkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERUSAHAAN TRANSNATIONAL/ MULTINATIONAL. PENGERTIAN Tindal: Perusahaan Transnational (MNE) adalah kumpulan perusahaan dari berbagai negara yang dihubungkan."— Transcript presentasi:

1 PERUSAHAAN TRANSNATIONAL/ MULTINATIONAL

2 PENGERTIAN Tindal: Perusahaan Transnational (MNE) adalah kumpulan perusahaan dari berbagai negara yang dihubungkan melalui kepemilihan saham, pengawasan manajemen/melalui sesuatu perjanjian dan merupakan satu kesatuan unit ekonomi

3 Merupakan perusahaan lintas batas. Didalam bidang ekonomi istilah yang digunakan a.l.: a. perusahaan transnational b. international companies c. Multinational corporation (MNC) d. Multinational Enterprise (MNE) e. Transnational Enterprise (TNE) Dalam bidang hukum tidak dikenal perusahaan transnational.

4 PEMBAGIAN 1. Transnational Corporation (TNC) Perusahaan yang didirikan di Indonesia namun, manajerial, organisatoris, finansial, kontraktual maupun strategis baik seluruh maupun sebagian merupakan bagian dari pada satu kesatuan (unit) ekonomi yang lebih besar di salah satu negara di luar negeri. 2. Transnational Enterprise (TNE) dalam bentuk subsidiary (pembentukan anak cabang perusahaan di luar negeri).

5 MACAM TNC 1. Joint Venture 2. Joint Enterprise 3. Contractor production sharing 4. BOLT (built operating and transfer) 5. Kontrak kerja


Download ppt "PERUSAHAAN TRANSNATIONAL/ MULTINATIONAL. PENGERTIAN Tindal: Perusahaan Transnational (MNE) adalah kumpulan perusahaan dari berbagai negara yang dihubungkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google