Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEGMENTASI, PENENTUAN TARGET DAN POSITIONING MINGGU KE - 6.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEGMENTASI, PENENTUAN TARGET DAN POSITIONING MINGGU KE - 6."— Transcript presentasi:

1 SEGMENTASI, PENENTUAN TARGET DAN POSITIONING MINGGU KE - 6

2 Segmentasi Pasar Global adalah proses membagi atau mengelompokkan pasar dunia yang bersifat heterogen kedalam kelompok-kelompok pasar yang bersifat homogen berdasarkan kebutuhan yang sama. Segmentasi pasar global didasari oleh kriteria sebagai berikut : Segmentasi Geografis Segmentasi Demografis Segmentasi Psikografis Segmentasi Perilaku Segmentasi Manfaat Segmentasi Vertikal vs Horizontal

3 Menetapkan Sasaran Global merupakan suatu proses atau tindakan mengevaluasi dan membandingkan kelompok pasar global yang diidentifikasi untuk kemudian dipilih berdasarkan potensi tertinggi. Penetapan sasaran pasar global memiliki kriteria sebagai berikut : 1.Ukuran segmen pasar dan potensi pertumbuhan. 2.Kemampuan berkompetisi atau bersaing. 3.Kesesuaian dan kelayakan untuk dimasuki.

4 LANJUTAN Menetapkan sasaran global meliputi 1. Pemasaran Global Terstandarisasi Pemasaran global terstandarisasi ditujukan guna menciptakan bauran pemasaran dan memberi kesempatan yang sama pada setiap pasar potensial. 2. Pemasaran Global Terkosentrasi Pemasaran global terkosentrasi dipusatkan terhadap sasaran pada segmen tunggal dari pasar global. 3. Pemasaran Global yang Dibedakan Pemasaran global dibedakan ditujukan guna menciptakan bauran pemasaran yang berbeda atas 2 segmen pasar atau lebih.

5 Penentuan Positioning Pasar Global Penentuan positioning pasar global adalah suatu proses dalam membentuk dan mengkomunikasikan manfaat utama yang membedakan produk dalam pasar untuk menanamkan produk dalam ingatan konsumen potensial pada target pasar dengan merancang bauran pemasaran yang tepat.

6 Pendekatan dalam penentuan positioning pasar global : High-Tech Positioning Penentuan posisi teknologi tinggi didasarkan pada fitur konkrit suatu produk yang berisi lengkap informasi atas produk tersebut. High-Touch Positioning Penentuan posisi sentuhan tinggi terletak pada citra suatu produk yang dapat mempengaruhi konsumen.

7 Pemilihan strategi yang tepat untuk memasuki pasar dunia sebagai berikut Ekspor, kegiatan menjual atau mendistribusikan produk dalam negeri ke luar negeri baik secara aktif maupun pasif. Licensing, izin yang diberikan oleh pemilik terdaftar kepada pihak lain melalui suatu perjanjian untuk menggunakan suatu produk dengan syarat tertentu. Joint Venture, kerjasama antara 2 pihak atau lebih dengan mendirikan suatu usaha baru berdasarkan kontrak kerjasama yang telah disepakati bersama. Direct Investment, investasi riil dalam bentuk pendirian cabang perusahaan oleh perusahaan asing yang berlokasi di Negara lain.

8 Pemasaran di Negara Berkembang Pertimbangan sebelum memutuskan memasuki Negara berkembang : a)Informasi mengenai pendapatan perkapita atau Produk Nasional Bruto. b)Pertimbangan secara menyeluruh. c)Pemberian bobot antara manfaat dan biaya. d)Penetapan batas waktu untuk melihat hasil.

9 Kriteria untuk Targeting 1.ukuran segmen pasar saat ini dan potensi pertumbuhan 2.kemampuan berkompetisi 3.kesuaian dan dapat dimasuki

10 RINGKASAN Sebelum perusahaan mengembangkan diri kep pasar luar negeri haruslah menganalisis lingkungan global Segmentasi pasar global bermaksud mengidentifikasi persamaan dan perbedaan konsumen potensial. Global targeting: segmen pasar dievaluasi dan dibandingkan kemudian disusun strategi targeting yang tepat. Untuk mencapai segmen pasar yang ditargetkan harus dipili strategi positioning, dalam konteks high-tech or high-touch positioning

11 TERIMA KASIH


Download ppt "SEGMENTASI, PENENTUAN TARGET DAN POSITIONING MINGGU KE - 6."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google