Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONFLIK PEKERJAAN (Pertemuan ke-9) Oleh : Andri Wijaya, S.Pd., S.Psi., M.T.I. Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONFLIK PEKERJAAN (Pertemuan ke-9) Oleh : Andri Wijaya, S.Pd., S.Psi., M.T.I. Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer."— Transcript presentasi:

1 KONFLIK PEKERJAAN (Pertemuan ke-9) Oleh : Andri Wijaya, S.Pd., S.Psi., M.T.I. Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Global Informatika Multi Data Palembang

2 PENGANTAR 2  PLURALISME DAN KONFLIK MERUPAKAN REALITAS HIDUP

3 DEFINISI KONFLIK 3  Berasal dari kata con-ligere atau conffictum artinya : semua bentuk benturan, tabrakan, ketidaksesuaian, pertentangan, perkelahian, oposisi, dan interaksi-interaksi yang antagonis bertentangan.  KONFLIK adalah relasi-relasi psikologis yang antagonis, berkaitan dengan tujuan-tujuan yang tidak bisa disesuaikan, interesi-interes yang eksklusif dan tidak bisa dipertemukan, sikap-sikap emosional yang bermusuhan, dan struktur-struktur nilai yang berbeda.

4 DEFINISI KONFLIK 4  KONFLIK (dalam situasi kerja) adalah konfrontasi antara individu atau kelompok yang dapat mempertinggi (menguntungkan) atau merintangi (merugikan tercapainya tujuan organisasi).

5 SUMBER-SUMBER KONFLIK 5  Dibedakan dalam 3 kategori pokok : 1. FAKTOR KOMUNIKASI, DISEBABKAN OLEH BESARNYA PERUSAHAAN ATAU ORGANISASI  Banyaknya unit kerja yg tidak bisa berkomunikasi dengan baik  Terjadinya salah paham  Tidak lancarnya/ baik komunikasi karyawan dan atasan  Hubungan yang bersifat terlalu formal

6 SUMBER-SUMBER KONFLIK 6 2. FAKTOR STRUKTUR ORGANISASI  Sistem birokrasi dan Overbirokratisasi  Heterogenitas sifat pemimpin  Supervisi yang terlalu ketat  Sistem hadiah dalam kompetisi  Limitasi Sumber energi  Struktur organisasi yang berbentuk piramidal

7 SUMBER-SUMBER KONFLIK 7 3. FAKTOR TINGKAH LAKU PRIBADI  Pribadi pemimpin  Kepuasan dan apresiasi terhadap status sendiri  Tujuan yang ingin dicapai.

8 HUBUNGAN KONFLIK DENGAN KESUKSESAN ORGANISASI 8  Organisasi yang tidak mau menstimulir konflik akan menghadapi :  Timbulnya cara berfikir yang stagnant  Tidak mampu mengambil risiko & keputusan yang tepat  Condong menjadi dekaden, merosot, dan jadi minder  Bisa mengakibatkan kematian/ kebangkrutan organisasi.

9 HUBUNGAN KONFLIK DENGAN KESUKSESAN ORGANISASI 9  Orang/ perusahaan tanpa Konflik : tidak ada tantangan, tidak ada kemajuan, tidak ada stimulasi untuk evaluasi kekurangan/ koreksi, kelesuan-kelambanan-kemalasan psikis, apatisme......stagnasi total.

10 HUBUNGAN KONFLIK DENGAN KESUKSESAN ORGANISASI 10  Konflik dalam batas-batas yang wajar, merefleksikan : demokrasi, kebinekaan, perbedaan, perubahan, keragaman, perkembangan, pertumbuhan, aktualisasi diri, dll.

11 PERUBAHAN PANDANGAN TENTANG KONFLIK 11

12 KONFLIK DAN PRESTASI ORGANISASI 12

13 SENI MENGELOLA KONFLIK 13  membuat standar-standar penilaian yang tegas  menemukan masalah-masalah yang kontroversial dan konflik-konflik  menganalisa situasi dengan cermat  mengevaluasi konflik secara obyektif  memilih aksi-aksi tertentu untuk koreksi/perbaikan kesalahan

14 TEKNIK MENSTIMULIR KONFLIK 14  stimulasi konflik melalui teknik (memutus/mengacau) komunikasi  stimulasi konflik melalui teknik mengacau/merubah struktur  stimulasi konflik dengan memasukkan orang baru, dll

15 CARA-CARA MEMECAHKAN KONFLIK Pemecahan Masalah  Mendiskusikan dengan musyawarah, melalui sikap kooperatif  Melepaskan perbedaan yg tidak prinsipiil, dan lebih banyak menemukan titik-titik persamaannya. 2. Mempersatukan tujuan  Re-fokus pada tujuan bersama, tumbuhkan solidaritas untuk bekerja secara kolaboratif dan percaya-mempercayai.

16 CARA-CARA MEMECAHKAN KONFLIK Penghindaran Konflik  Menghindari dan menarik diri dari berkonflik, menjauhkan diri dari clash terbuka. (tetapi menimbulkan konflik bathin). 4. Ekspansi Sumber Daya  Bila limitasi sumber daya menjadi penyebab, maka memperbesar sumber daya menjadi kunci meredakan konflik.

17 CARA-CARA MEMECAHKAN KONFLIK Memperhalus Konflik  Memperhalus penyelesaian konflik dengan mencari titik temu  Mengecilkan perbedaan dan mempertinggi titik persamaan antar kelompok yang berkonflik 6. Kompromi  Kedua pihak saling berjanji bersedia melepaskan sebagian dari tuntutannya; tidak ada pihak yang menang atau kalah, sehingga mencapai keputusan bersama.

18 CARA-CARA MEMECAHKAN KONFLIK Menerapkan tindakan otoriter  Otoritas dan kewibawaan pimpinan/top manager merupakan suara pemutus bagi konflik interpersonal dan konflik antar kelompok. 8. Mengubah Struktur Individual dan Organisasi  Rotasi karyawan, membentuk badan koordinasi, dan memperluas partisipasi aktif karyawan, dll agar tercipta iklim psikis baru.


Download ppt "KONFLIK PEKERJAAN (Pertemuan ke-9) Oleh : Andri Wijaya, S.Pd., S.Psi., M.T.I. Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google