Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TIM EDUKATIF ERLANGGA Kompetensi Dasar 3 TIM EDUKATIF ERLANGGA MENULIS PARAGRAF NARASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TIM EDUKATIF ERLANGGA Kompetensi Dasar 3 TIM EDUKATIF ERLANGGA MENULIS PARAGRAF NARASI."— Transcript presentasi:

1 TIM EDUKATIF ERLANGGA Kompetensi Dasar 3 TIM EDUKATIF ERLANGGA MENULIS PARAGRAF NARASI

2 TIM EDUKATIF ERLANGGA Paragraf Narasi Cerita didasarkan atas urutan kejadian atau peristiwa. Narasi dapat berisi fakta, misalnya biografi dan autobiografi. Narasi dapat berupa fiksi, contoh cerpen dan novel NarasiCerita =

3 TIM EDUKATIF ERLANGGA Contoh paragraf narasi Kegiatan di sekolahku demikian padatnya. Setiap hari, aku masuk pukul Agar tidak terlambat, aku selalu bangun pukul Setelah mandi, aku pun salat subuh. Kemudian, aku segera mengenakan seragam sekolah. Tak lupa aku lihat-lihat lagi buku-buku yang harus aku bawa. Yah, sekadar mengecek apakah buku-buku yang aku bawa sudah sesuai dengan jadwal pelajaran hari itu. Selanjutnya, aku makan pagi. Lalu, kira-kira pukul 06.00, aku berangkat ke sekolah. Seperti biasanya, aku ke sekolah naik angkutan umum. Jarak rumah dengan sekolahku tidak jauh, sekitar enam kilometer. Aku memang membiasakan berangkat pagi-pagi. Maklum, angkutan kota sering berhenti lama untuk mencari penumpang. Jika aku berangkat agak siang, wah, bisa terlambat sampai di sekolah! Kegiatan di sekolahku demikian padatnya. Setiap hari, aku masuk pukul Agar tidak terlambat, aku selalu bangun pukul Setelah mandi, aku pun salat subuh. Kemudian, aku segera mengenakan seragam sekolah. Tak lupa aku lihat-lihat lagi buku-buku yang harus aku bawa. Yah, sekadar mengecek apakah buku-buku yang aku bawa sudah sesuai dengan jadwal pelajaran hari itu. Selanjutnya, aku makan pagi. Lalu, kira-kira pukul 06.00, aku berangkat ke sekolah. Seperti biasanya, aku ke sekolah naik angkutan umum. Jarak rumah dengan sekolahku tidak jauh, sekitar enam kilometer. Aku memang membiasakan berangkat pagi-pagi. Maklum, angkutan kota sering berhenti lama untuk mencari penumpang. Jika aku berangkat agak siang, wah, bisa terlambat sampai di sekolah! Paragraf narasi di atas berisi sebuah fakta. Apabila dicermati, paragraf tersebut berisi urutan peristiwa.

4 TIM EDUKATIF ERLANGGA Perhatikan narasi berupa fiksi Aku terhanyut dalam lamunan. Sepertinya, aku harus duduk sebentar, istirahat. Kasihan kakiku mulai gemetaran. Mungkin, ia telah menemaniku berjalan. Aku terhanyut dalam lamunan. Sepertinya, aku harus duduk sebentar, istirahat. Kasihan kakiku mulai gemetaran. Mungkin, ia telah menemaniku berjalan. Seharian aku berdagang. Aku berjualan menjajakan air minum di atas kereta api ekonomi jurusan Rangkas Bitung-Jakarta Kota. Biasanya, jika penumpang penuh berjubel, berdesak-desakan, dan sesak, kereta ini lebih mirip kandang kambing daripada sarana transportasi. Bau tak sedap bertebaran di mana-mana. Keringat mengucur karena panas yang begitu terasa, tenggorokan pun kering. Di situlah letak keberuntunganku: dagangan laku keras dan aku bisa mengeruk keuntungan lumayan. Seharian aku berdagang. Aku berjualan menjajakan air minum di atas kereta api ekonomi jurusan Rangkas Bitung-Jakarta Kota. Biasanya, jika penumpang penuh berjubel, berdesak-desakan, dan sesak, kereta ini lebih mirip kandang kambing daripada sarana transportasi. Bau tak sedap bertebaran di mana-mana. Keringat mengucur karena panas yang begitu terasa, tenggorokan pun kering. Di situlah letak keberuntunganku: dagangan laku keras dan aku bisa mengeruk keuntungan lumayan. Teks di atas menggambarkan seorang tokoh yang harus bersusah payah menjalani kehidupannya setiap hari.

5 TIM EDUKATIF ERLANGGA 2. Mengidentifikasi Struktur Paragraf Narasi Pelatihan Untuk lebih memantapkan pemahaman kalian tentang struktur paragraf narasi, lengkapilah bagian rumpang dalam paragraf ini dengan kalimat yang tepat! Untuk lebih memantapkan pemahaman kalian tentang struktur paragraf narasi, lengkapilah bagian rumpang dalam paragraf ini dengan kalimat yang tepat! Aku menikmati perjalanan ini sebagai perjalanan yang kukira tak ada ujungnya. Selain itu, suasana di dalam kendaraan yang mengangkut tubuhku ini tak nyaman..………………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………… Aku menikmati perjalanan ini sebagai perjalanan yang kukira tak ada ujungnya. Selain itu, suasana di dalam kendaraan yang mengangkut tubuhku ini tak nyaman..………………………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………… Semenjak keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan, tak henti-hentinya aku berdoa agar perjalanan ini tak menjumpai halangan…………………………. Aku tak ingin Semenjak keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan, tak henti-hentinya aku berdoa agar perjalanan ini tak menjumpai halangan…………………………. Aku tak ingin usahaku membahagiakan Si Mbok gagal. Si Mbok, sosok perempuan tua yang sangat aku hormati. Selain itu, ………………. Si Mbok, sosok perempuan tua yang sangat aku hormati. Selain itu, ………………. Hanya Si Mboklah tempatku berkeluh kesah. Tidak, aku masih punya Sang Pencipta, Gusti Allah. Duh, Gusti…………… ……………………………………………………………….

6 TIM EDUKATIF ERLANGGA 3. Mengembangkan Kerangka Topik Menjadi Paragraf Narasi Pelatihan Buatlah paragraf narasi berbentuk biografi sederhana bertajuk narasi kehidupan temanmu! Caranya sebagai berikut. a. Pilihlah salah seorang temanmu untuk kamu wawancarai! b. Tanyakanlah hal-hal yang berkaitan dengan kebiasaannya sehari- hari, hobinya, cita-citanya, tokoh yang dikaguminya, dan lain-lain! hari, hobinya, cita-citanya, tokoh yang dikaguminya, dan lain-lain! c. Berdasarkan jawaban temanmu, buatlah narasinya! d. Berilah judul yang tepat untuk narasimu itu! Paragraf narasi disusun dengan merangkaikan peristiwa- peristiwa secara kronologis atau berurutan. Paragraf narasi dikembangkan dari sebuah topik. Caranya adalah dengan memerinci peristiwa atau kejadian yang mendukung topik. Paragraf narasi disusun dengan merangkaikan peristiwa- peristiwa secara kronologis atau berurutan. Paragraf narasi dikembangkan dari sebuah topik. Caranya adalah dengan memerinci peristiwa atau kejadian yang mendukung topik.

7 TIM EDUKATIF ERLANGGA 4. Menyunting Paragraf Narasi Menyunting berarti mengedit, yakni memperbaiki tulisan berdasarkan kaidah bahasa yang baik dan benar. Hal-hal yang diperbaiki di antaranya ejaan, tata kata, susunan kalimat, pembentukan paragraf. Menyunting berarti mengedit, yakni memperbaiki tulisan berdasarkan kaidah bahasa yang baik dan benar. Hal-hal yang diperbaiki di antaranya ejaan, tata kata, susunan kalimat, pembentukan paragraf. Pelatihan Pelatihan Tukarkan paragraf narasi karyamu dengan karya temanmu! Lalu, suntinglah paragraf narasi karya temanmu itu! Tukarkan paragraf narasi karyamu dengan karya temanmu! Lalu, suntinglah paragraf narasi karya temanmu itu!

8 TIM EDUKATIF ERLANGGA Selesai


Download ppt "TIM EDUKATIF ERLANGGA Kompetensi Dasar 3 TIM EDUKATIF ERLANGGA MENULIS PARAGRAF NARASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google