Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Linny Oktovianny.  Seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik.  Unit dasar dari sebuah tulisan yang di dalamnya terdapat sekelompok.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Linny Oktovianny.  Seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik.  Unit dasar dari sebuah tulisan yang di dalamnya terdapat sekelompok."— Transcript presentasi:

1 Linny Oktovianny

2  Seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik.  Unit dasar dari sebuah tulisan yang di dalamnya terdapat sekelompok kalimat yang berhubungan untuk mengembangkan sebuah ide pokok.  Sekurang-kurangnya ada dua kalimat dalam satu paragraf.  Dalam satu paragraf hanya ada satu pokok pikiran/gagasan/pikiran utama.

3 Sampah selamanya selalu memusingkan. Berkali-kali masalahnya diseminarkan dan berkali-kali pula jalan pemecahannya dirancang. Namun, keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki tetap menjadikan sampah sebagai masalah yang pelik. Pada waktu seminar-seminar itu berlangsung, penimbunan sampah terus terjadi. Hal ini mengundang keprihatinan kita karena masalah sampah banyak sedikitnya mempunyai kaitan dengan masalah pencemaran air dan banjir. Selama pengumpulan, pengangkutan, pembuangan akhir, dan pengolahan sampah itu belum dapat dikelola dengan baik, selama itu pula sampah menjadi masalah.

4  Memiliki tiga bagian utama yaitu: ◦ Kalimat topik ◦ Kalimat-kalimat penjelas ◦ Kalimat kesimpulan

5  Menyatakan ide pokok paragraf. Kalimat ini juga membatasi topik kepada satu atau dua bidang yang dapat dijelaskan secara lengkap dalam satu paragraf. Bagian khusus disebut ide pengontrol.

6 (Topik)  Emas, logam mulia, dihargai karena dua sifat pentingnya (Ide Pengontrol)

7  Kalimat-kalimat yang menjelaskan kalimat topik dengan memberikan alasan-alasan, contoh, fakta, dan kutipan.

8 Pertama, emas memiliki keindahan yang luar biasa yaitu tahan terhadap korosi. Oleh sebab itu, emas cocok untuk perhiasan, koin, dan tujuan- tujuan ornamental. Emas tidak perlu digosok agar mengkilap dan tetap indah untuk selamanya. Contohnya, koin Macedonia tetap tidak berubah warnanya seperti ketika dicetak pata 23 abad lampau. Sifat penting kedua ialah emas berguna untuk industri dan ilmu pengetahuan. Bertahun- tahun emas digunakan dalam bidang industri. Penggunaan emas yang paling akhir ialah pada pakaian astronot. Para astronot menggunakan pelindung panas yang berlapis emas sebagai alat perlindungan di luar pesawat ruang angkasa.

9  Memberi tanda berakhirnya paragraf dan memberi butir-butir penting kepada pembaca agar pembaca mengingatnya.  Kesimpulannya, emas dimanfaatkan bukan hanya karena keindahannya tetapi juga karena kegunaannya.

10 Emas dihargai karena dua sifat pentingnya. Pertama, emas memiliki keindahan yang luar biasa yaitu tahan terhadap korosi. Oleh sebab itu, emas cocok untuk perhiasan, koin, dan tujuan- tujuan ornamental. Emas tidak perlu digosok agar mengkilap dan tetap indah untuk selamanya. Contohnya, koin Macedonia tetap tidak berubah warnanya seperti ketika dicetak pata 23 abad lampau. Sifat penting kedua ialah emas berguna untuk industri dan ilmu pengetahuan. Bertahun-tahun emas digunakan dalam bidang industri. Penggunaan emas yang paling akhir ialah pada pakaian astronot. Para astronot menggunakan pelindung panas yang berlapis emas sebagai alat perlindungan di luar pesawat ruang angkasa. Kesimpulannya, emas dimanfaatkan buhan hanya karena keindahannya tetapi juga karena kegunaannya.

11 (1) Kesatuan Paragraf  Setiap paragraf harus terdapat satu pikiran yang jelas. Oleh sebab itu, kalimat-kalimat yang membentuk paragraf perlu ditata cermat agar tidak ada satu pun kalimat yang menyimpang dari ide pokok paragraf itu.  Kalau ada kalimat yang menyimpang dari pokok pikiran itu, paragraf menjadi tidak padu atau tidak utuh.  Kalimat yang menyimpang itu harus dikeluarkan dari paragraf.

12 (2) Kepaduan Paragraf  Kepaduan paragraf dapat terlihat melalui penyusunan kalimat secara logis dan melalui ungkapan-ungkapan (kata-kata) pengait antarkalimat. Urutan yang logis akan terlihat dalam susunan kalimat-kalimat dalam paragraf itu. Dalam paragraf itu tidak ada kalimat-kalimat yang sumbang atau keluar dari permasalahan yang dibicarakan.

13 J ateng sukses. Kata-kata itu meluncur gembira dari pelatih regu Jateng, selesai pertandingan tinju amatir di gedung sport hall, Palembang pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional. Kota Palembang terbagi menjadi hilir dan hulu dibelah oleh Jembatan Ampera. Pernyataan itu dianggap wajar karena impian selama ini dapat terwujud, yaitu satu medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu. Hal itu ditambah lagi oleh pilihan petinju terbaik yang jatuh ke tangan Jateng. Hasil yang diperoleh itu adalah prestasi paling puncak yang diraih oleh Jateng dalam arena seperti itu. Contoh:

14 Penyakit pilek sangat merajalela di atas dunia ini. Dalam tahun 1918, penyakit ini menyebabkan beribu-ribu manusia menemui ajalnya. Hama- hama ini berhamburan keluar dari mulut penderita sewaktu ia bersin atau batuk. Penyakit ini tidak memandang tua mudanya seseorang. Ia akan berpindah-pindah dengan mudah kalau Anda batuk di tempat yang ramai atau sedang belajar.

15 Turisme di Hawai mempercepat perkembangan industri. Setiap tahun, sekitar 3,2 juta turis berkunjung ke pulau tersebut. Selama musim dingin, pesawat atau kapal yang penuh dengan turis datang setiap 15 menit. Hotel baru, penginapan baru, dan restoran baru dibangun setiap tahun untuk menampung jumlah pengunjung yang membengkak. Pengalengan gula dan nenas juga merupakan industri penting Hawaii.


Download ppt "Linny Oktovianny.  Seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik.  Unit dasar dari sebuah tulisan yang di dalamnya terdapat sekelompok."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google