Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI ROSAD MA’ALI EL HADI Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik 2 SKS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI ROSAD MA’ALI EL HADI Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik 2 SKS."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI ROSAD MA’ALI EL HADI Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik 2 SKS

2 KOMPETENSI MATA KULIAH Menguasai pengetahuan dan menerapkan teknik, ketrampilan dan tools di bidang industri. Menguasai pengetahuan dan menerapkan teknik, ketrampilan dan tools di bidang industri. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya dan terbiasa dengan penggunaan prinsip matematik, fisika, sains, ekonomi teknik, sosial dan rekayasa untuk memecahkan persoalan industri. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya dan terbiasa dengan penggunaan prinsip matematik, fisika, sains, ekonomi teknik, sosial dan rekayasa untuk memecahkan persoalan industri. Memiliki kemampuan merancang, menanalisis, memperbaiki, mengoperasikan dan menginstalasi sistem integral yang terdiri dari manusia, material, peralatan, informasi dan sumber daya lain. Memiliki kemampuan merancang, menanalisis, memperbaiki, mengoperasikan dan menginstalasi sistem integral yang terdiri dari manusia, material, peralatan, informasi dan sumber daya lain. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasi, memecahkan persoalan dan keputusan sistem integral menggunakan alat-alat analitik, komputasional, dan atau eksperimental. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasi, memecahkan persoalan dan keputusan sistem integral menggunakan alat-alat analitik, komputasional, dan atau eksperimental. Memiliki kemampuan untuk memahami tanggung jawab profesi, etika, dan sosial. Memiliki kemampuan untuk memahami tanggung jawab profesi, etika, dan sosial.

3 KONTRAK PERKULIAHAN Diskripsi Perkuliahan Diskripsi Perkuliahan Kuliah pengantar teknik industri terdiri dari 7 pokok bahasan meliputi : pengantar, perancangan sistem produksi, perancangan dan pengawasan operasi, perencanaan dan perancangan fasilitas, optimasi, analisis ekonomi teknik, pengendalian kualitas statistik. Strategi Perkuliahan Strategi Perkuliahan Kuliah tatap muka mengantarkan pokok bahasan dan menjelaskan isi dari sub pokok bahasan, pendalaman berupa diskusi, studi kasus, latihan mengerjakan soal-soal secara perorangan dan kelompok. Kriteria Penilaian Kriteria Penilaian Ujian tengah semester (UTS)20% Ujian akhir semester (UAS)20% Tugas-tugas50% Presensi10%

4 Minggu 1 : Penjelasan GBPP dan Kontrak perkuliahan, pengantar sejarah perkembangan disiplin teknik industri. Minggu 1 : Penjelasan GBPP dan Kontrak perkuliahan, pengantar sejarah perkembangan disiplin teknik industri. Minggu 2, 3 : Perancangan sistem produksi. Minggu 2, 3 : Perancangan sistem produksi. Minggu 4, 5 : Perancangan dan pengawasan operasi. Minggu 4, 5 : Perancangan dan pengawasan operasi. Minggu 6, 7 : Perencanaan dan perancangan fasilitas, Minggu 6, 7 : Perencanaan dan perancangan fasilitas, Minggu 8, 9 : UTS Minggu 8, 9 : UTS Minggu 10, 11 : optimasi, Minggu 10, 11 : optimasi, Minggu 12, 13 : Analisis ekonomi teknik, Minggu 12, 13 : Analisis ekonomi teknik, Minggu 14, 15 : Pengendalian kualitas statistik. Minggu 14, 15 : Pengendalian kualitas statistik. RENCANA PEMBELAJARAN

5 BAHAN BACAAN 1. Hilk, Philip E., 1977, Introduction to Industrial Engineering And Management Science, Mc Graw-Hill Kogukusha, Tokyo. 2. Hari Purnomo, 2004, Pengantar Teknik Industri, Graha Ilmu, Yogyakarta. 3. I Nyoman Pujawan, 1995, Ekonomi Teknik, Guna Widya, Jakarta 4. P. Siagian, 1987, Penelitian Operasional, Universitas Indonesia Press, Jakarta. 5. Sritomo Wignjosoebroto, 1995, Pengantar Teknik Industri, Guna Widya, Jakarta. 6. Wayne C. Turner, 1993, Introduction to Industrial And Systems Engineering, Prentice-Hall, Inc, New Jersey.

6


Download ppt "PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI ROSAD MA’ALI EL HADI Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik 2 SKS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google