Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Matakuliah: Sistem Operasi. Learning Outcome Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat menerangkan cara kerja Virtual.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Matakuliah: Sistem Operasi. Learning Outcome Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat menerangkan cara kerja Virtual."— Transcript presentasi:

1 Matakuliah: Sistem Operasi

2 Learning Outcome Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat menerangkan cara kerja Virtual memory.

3 Outline Materi Konsep Virtual Memory Demand Paging Page Replacement

4 Konsep Virtual Memory Mengapa digunakan Virtual Memory ? Karena ukuran main memory yang terbatas sedangkan ukuran dari proses dapat melebihi ukuran dari main memory. Hal ini maka akan menyebabkan terjadinya : 1. Page Fault -> kegagalan suatu main memory untuk menampilkan page yang dibutuhkan untuk mengeksekusi sebuah proses karena tidak ada dalam main memory 2. Thrashing -> Kejadian dimana proses tidak memiliki jumlah frame yang cukup untuk menyimpan sejumlah page yang sering sekali digunakan oleh proses. Konsep dari Virtual Memory menggunakan management memory paging yaitu membagi main memory menjadi beberapa frame yang memiliki ukuran yang sama.

5 Demand paging Sistem demand paging sama dengan sistem paging yaitu dengan proses swap. 1. Lazy swapper -> metode untuk melakukan pengalihan dari memory sekunder ke main memory. 2. Flag yang digunakan : 1. Valid 2. invalid

6 Cara kerja Demand Paging 1. Mengecek tabel internal (PCB) untuk menentukan Valid dan invalid sebuah page. 2. Jika valid maka dihentikan, Jika invalid maka mencari frame kosong pada main memory 3. Kemudian membaca page yang invalid ke memory sekunder 4. Swap in page ke main memory dan memperbaiki table page dan tabel internal 5. Menunggu instruksi dari prosesor untuk digunakan.

7 Page replacement 1. Algoritma FiFO Algoritma yang digunakan untuk menukar tempat pada main memory dengan cara mencari page yang paling lama berada pada main memory. 2. Algoritma Optimal Algoritma yang digunakan untuk menukar tempat pada main memory dengan cara mencari page yang tidak digunakan dalam waktu dekat. 3. Algoritma least recently Use (LRU) Algoritma yang digunakan untuk menukar tempat dengan cara mencari page yang tidak baru saja digunakan oleh procesor

8 Quis 1. Jelaskan Management memory menggunakan equal fixed partition (dengan gambar) proses dibawah ini : Jika ukuran main memory 120 mb dengan ukuran partisi 60 mb! ProsesUkuran P150 mb P230 mb P360 mb P440 mb

9 Quis (Cont) 2. Jika ada reference string Jelaskan cara kerja (dengan gambar) page replacement menggunakan algoritma LRU jika jumlah frame ada 3!


Download ppt "Matakuliah: Sistem Operasi. Learning Outcome Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat menerangkan cara kerja Virtual."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google