Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEVIE KURNIA WIJAYANTI, 4150406510 APLIKASI METODE TRANSPORTASI DENGAN PROGRAM SOLVER DALAM MEMINIMUMKAN BIAYA PENGIRIMAN PRODUK (STUDI KASUS PT. RAJAA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEVIE KURNIA WIJAYANTI, 4150406510 APLIKASI METODE TRANSPORTASI DENGAN PROGRAM SOLVER DALAM MEMINIMUMKAN BIAYA PENGIRIMAN PRODUK (STUDI KASUS PT. RAJAA."— Transcript presentasi:

1 DEVIE KURNIA WIJAYANTI, APLIKASI METODE TRANSPORTASI DENGAN PROGRAM SOLVER DALAM MEMINIMUMKAN BIAYA PENGIRIMAN PRODUK (STUDI KASUS PT. RAJAA TUNGGAL)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DEVIE KURNIA WIJAYANTI - NIM : PRODI : Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - cezora_vynx2 pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Dwijanto, M.S - PEMBIMBING 2 : Drs. Mashuri, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul APLIKASI METODE TRANSPORTASI DENGAN PROGRAM SOLVER DALAM MEMINIMUMKAN BIAYA PENGIRIMAN PRODUK (STUDI KASUS PT. RAJAA TUNGGAL)

4 Abstrak Persoalan transportasi membahas masalah pendistribusian suatu komoditas atau produk dari sejumlah sumber ke sejumlah tujuan, dengan tujuan meminimumkan ongkos pengangkutan yang terjadi. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu usaha agar biaya pengiriman produk seminimal mungkin. Program solver merupakan salah satu software yang banyak digunakan untuk masalah optimasi misalnya dalam menyelesaikan masalah transportasi. PT. Rajaa Tunggal merupakan suatu perusahaan yang memproduksi rokok di Surakarta. Pada perusahaan tersebut biaya transportasi dari produk yang dikirimkan ke distributor belum efektif karena belum menggunakan metode transportasi yang sudah ada. Sehingga diperlukan analisa tentang sistem pendistribusian yang tepat dari sumber dan tujuan yang ada dengan alternatif jalur untuk rute yang dilewati mampu meminimumkan biaya pengiriman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode transportasi dengan program solver dalam meminimumkan biaya pengiriman produk di PT. Rajaa Tunggal dan apakah pembiayaan transportasi yang dikeluarkan PT. Rajaa Tunggal sudah optimum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode transportasi dengan program solver dalam meminimumkan biaya pengiriman produk di PT. Rajaa Tunggal dan untuk mengetahui apakah pembiayaan transportasi yang dikeluarkan PT. Rajaa Tunggal sudah optimum. Metode penelitian ini adalah kajian teori menggunakan metode studi pustaka dan kajian terapan menggunakan metode komputerisasi untuk meminimasi biaya pengiriman produk dengan menggunakan program solver. Hasil analisis transportasi dengan program solver pada bulan November 2010 diperoleh biaya pendistribusian untuk semua produk sebesar Rp ,-. Sedangkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan sebesar Rp ,-. Jadi, diperoleh selisih biaya pendistribusian sebesar Rp ,- atau 16,51% dari total biaya yang dikeluarkan. Berarti biaya pendistribusian produk pada periode tersebut dapat diminimumkan. Simpulan dari penelitian ini adalah proses pendistribusian barang di PT. Rajaa Tunggal belum optimal dari segi biaya, namun pada kenyataannya perusahaan masih mempergunakan jalur transportasi yang sudah ditetapkan karena adanya pertimbangan dari faktor-faktor lain yang mempengaruhi proses pendistribusian itu sendiri seperti efisiensi waktu pengiriman. Saran untuk perusahaan hendaknya dapat mengaplikasikan metode transportasi dengan program solver dengan adanya perubahan rute transportasi dari pabrik ke regional maupun dari regional ke kota tujuan agar diperoleh biaya yang minimum.

5 Kata Kunci transportasi, solver, biaya, Matematika

6 Referensi Arifin, Johar Mengungkap Kedahsyatan Pivottable dan Solver Microsoft Excel. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Blocher, Edwar J Manajemen Biaya Penekanan Strategis Edisi 3 Buku 1. Jakarta: Salemba Raya. Dimyati, T dan Dimyati, A Operation Research Model-Model Pengambilan Keputusan. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Dwijanto Program Linear Berbantuan Komputer: Lindo, Lingo dan Solver. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Guzel, Nuran Fuzzy Transportation Problem with Fuzzy Amounts and the Fuzzy Costs. World Applied Sciences Journal, 8(5): Hillier, F.S. et al Pengantar Riset Operasi Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Imam, Taghrid, G.Elsharawy, M. Gomah, & I. Sany Solving Transportation Problem Using Object-Oriented Model. IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Secyrity, 9(2): Kusmuriyanto, Akuntansi Keuangan Dasar. Semarang: UPT.UNNES Press. Mulyono, S Riset Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Siang, J. J Matematika Diskrit dan aplikasinya Pada Ilmu Komputer. Yogyakarta: Andi. Siswanto Operation Research Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Sutarno, H dkk Matematika Diskrit. Malang: Universitas Negeri Malang. Suyitno, H Pengantar Program Linear. Semarang: IKIP Semarang.

7 Terima Kasih


Download ppt "DEVIE KURNIA WIJAYANTI, 4150406510 APLIKASI METODE TRANSPORTASI DENGAN PROGRAM SOLVER DALAM MEMINIMUMKAN BIAYA PENGIRIMAN PRODUK (STUDI KASUS PT. RAJAA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google