Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KoTA 4 Desi Lestari Handayani08501007 M. Rezkya Feurstinnov Hairy08501018 Nia Marianti08501021.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KoTA 4 Desi Lestari Handayani08501007 M. Rezkya Feurstinnov Hairy08501018 Nia Marianti08501021."— Transcript presentasi:

1 KoTA 4 Desi Lestari Handayani M. Rezkya Feurstinnov Hairy Nia Marianti

2  kesenian daerah merupakan unsur penting dalam pembentuk kesenian nasional  Karawitan sebagai kesenian tradisional kurang diminati oleh kalangan remaja dan generasi muda saat ini sehingga kesenian karawitan ini kurang berkembang dan di khawatirkan akan hilang kelestariannya

3  sarana alat-alat musik karawitan sekarang ini mulai sulit ditemukan  Tangga nada sunda (pentatonis) yang berbeda dengan tangga nada diatonis merupakan salah satu hal yang sulit dipelajari dari kesenian musik sunda.

4  Bagaimana cara untuk mengenalkan kembali jenis-jenis alat musik yang digunakan di kesenian karawitan?  Bagaimana cara menghasilkan warna suara yang sesuai dengan setiap alat musik karawitan pada aplikasi yang akan dibuat sehingga menghasilkan nada yang berbeda dengan mengatur kombinasi frekuensi?

5  Bagaimana cara merekam permainan karawitan yang dimainkan bersama-sama dengan perangkat mobile lebih dari satu ?  Bagaimana cara membuat simulator komposer untuk mempelajari partitur sunda agar lebih mudah dipahami dan dipelajari?  Bagaimana cara untuk menciptakan fasilitas yang dapat membantu setiap orang yang ingin belajar mengenai alat-alat musik karawitan tanpa kesulitan mencari alat-alat musik tersebut?

6  Simulator hanya bisa memainkan satu alat musik dalam satu waktu  Aplikasi ini hanya dirancang untuk mobile phone minimal dengan OS android 1.6 (donut).  Komunikasi antar handset dihubungkan dengan wifi dan pada masing-masing handset harus sudah terinstall aplikasi ini.  Untuk setiap pembuatan aransemen musik, hanya bisa mengaransemen untuk maksimal lima alat musik karawitan.

7  Instrumen music yang disimulasikan pada aplikasi ini merupakan alat-alat musik kesenian Karawitan Gending Sunda yang terdiri dari saron, goong, bonang, kendang, dan kecapi.  Fitur untuk pembuatan aransemen musik dengan simulasi alat musik karawitan hanya menggunakan tangga nada pentatonic dengan not balok dan not angka.

8  Membuat suatu aplikasi yang dapat membantu mempertahankan kelestarian dan mengembangkan kesenian tradisional Karawitan Gending Sunda.  Membuat suatu aplikasi untuk melakukan simulasi alat-alat musik karawitan dimana dengan adanya aplikasi ini dapat membantu dalam mempelajari dan menciptakan sebuah karya musik sunda dengan paranada sunda. Dengan memanfaatkan teknologi yang sedang marak di masyarakat terutama di kalangan remaja dan generasi muda yaitu teknologi mobile phone diharapkan aplikasi ini dapat lebih mudah digunakan.

9  Karawitan adalah seni suara daerah baik vocal maupun istrumen yang mengolah bunyi benda atau alat bunyi-bunyian (instrumen) tradisional gamelan.  Synthesizer adalah sebuah perangkat elektronik yang memproduksi suara dalam bentuk sinyal suara (gelombang suara) dan mengirimkannya kepada pembangkit suara. Alat ini juga memungkinkan penggunaanya untuk mengganti karakteristik suara seperti tinggi rendahnya nada, warna suara dan volume suara.

10  Android merupakan perangkat lunak yang diterapkan pada perangkat mobile yang di dalamnya termasuk sistem operasi, middleware dan aplikasi-aplikasi inti.  MIDI atau ‘Musical Instrument Digital Interface’ adalah system yang dapat membuat instrumen-instrumen music elektronik dan computer untuk saling berkomunikasi dan terhubung satu sama lain.

11  Metode yang akan digunakan dalam pengembangan aplikasi mobile musik karawitan komposer dan simulator gamelan yang akan dilakukan dengan metode Itereative and Increment Development.

12

13


Download ppt "KoTA 4 Desi Lestari Handayani08501007 M. Rezkya Feurstinnov Hairy08501018 Nia Marianti08501021."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google