Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PUBLIC AREA. RESTORAN PUBLIC AREA Public area section adalah bagian yang ada di housekeeping department yang menangani kebersihan dari areal di luar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PUBLIC AREA. RESTORAN PUBLIC AREA Public area section adalah bagian yang ada di housekeeping department yang menangani kebersihan dari areal di luar."— Transcript presentasi:

1 PUBLIC AREA

2 RESTORAN

3 PUBLIC AREA Public area section adalah bagian yang ada di housekeeping department yang menangani kebersihan dari areal di luar kamar.

4 PUBLIC AREA TERBAGI : Front of the house Back of the house

5 JABATAN DI PUBLIC AREA Houseman supervisor Houseman

6 TANGGUNG JAWAB Tanggung jawab terhadap tamu Menciptakan kondisi hotel menjadi “ Home Away from Home” bagi para penghuni di hotel ( merasa seperti di rumahnya sendiri ) Menciptakan suasana dan kondisi ruangan yang menyenangkan. Menciptakan daya tarik dan kesan menarik bagi setiap pengunjungnya. Memelihara ruangan yang terjamin baik kebersihan dan juga kerapiannya ( Sanitasi & Hygiene ). Memelihara ruangan hingga terasa nyaman dan menyegarkan. Menciptakan ketenangan dankeamanan lingkungan di dalam areal hotel.

7 Lanjutan : Tanggung jawab terhadap departemen lain Menjalin kerjasama yang erat dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab masing–masing dalam hal :  Komunikasi yang cepat antar seksi.  Kebersamaan dalam mengatasi permasalahan di lingkungan.  Koordinasi antar bagian untuk kesempurnaan pelayanan. Kerjasama sebagai tanggung jawab bersama yang Diperlukan seperti :  Dengan food & beverage yaitu penataan dan kebersihan ruang untuk party, seminar, conference atau event yang akan dilaksanakan di Food and Beverage.

8 Lanjutan Tanggung jawab terhadap manajemen dan lingkungannya Lingkungan kerja housekeeping meliputi ruang lingkup yang cukup luas dan besar yaitu keseluruhan area hotel sehingga biaya operasional housekeeping termasik tertinggi di dalam hotel mencakup tenaga dan bahan – bahan atau supplies. Dengan demikian housekeeping department memerlukan pemantapan khusus :  Dalam bidang Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkualitas untuk efficiency tenaga secara optimal.  Pengawasan yang ketat dan terkendali terhadap sirkulasi seluruh supplies disertai administrasi yang akurat serta pemanfaatan barang dan bahansecara maximal terutama yang bersifat routine.  Pengawasan terhadap seluruh keberadaan inventaris serta system administrasi yang baik dan benar serta terjamin ke akuratannya.  Pembinaan kerjasama yang baik serta saling membantu dan saling menunjang tanpa mengurangi wewenang setiap penggung-jawab.  Disiplin yang ketat.

9 TUGAS & TANGGUNG JAWAB HOUSEMAN SUPERVISOR  Bertanggung jawab untuk mengkoordinir dan dan mengawasi pelaksanaan tugas di public area section dalam hal pemeliharaan dan pengawasan seluruh inventaris, teknis pelaksanaan tugas serta koordinasi seluruh administrasi sesuai ruang lingkupnya.

10 Lanjutan HOUSEMAN  Bertanggung jawab khusus atas pemeliharaan dan pembersihan ruangan dan inventaris Yang ada di Public Area

11 PROSES PEMBERSIHAN Menyapu kering Menyapu basah Menyikat lantai Mopping Membersihkan tangga Membersihkan kaca Membersihkan furniture

12 PERAN OBAT PEMBERSIH Untuk melenyapkan kotoran dari permukaan benda melalui proses pencucian serta menjaga agar kotoran tidak terlanjur mengendap.

13 KATEGORI OBAT PEMBERSIH Detergent Abrasive Acid Type Cleaner

14 FAKTOR PROSES PENCUCIAN Tipe dan keadaan kotoran Tipe dan temperatur air Tipe permukaan benda yang dibersihkan Tipe obat pembersih Lama waktu pengerjaan


Download ppt "PUBLIC AREA. RESTORAN PUBLIC AREA Public area section adalah bagian yang ada di housekeeping department yang menangani kebersihan dari areal di luar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google