Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PIRANTI INTERAKSI. KEYBOARD Keyboard adalah piranti masukkan data tekstual yang utama Keyboard adalah piranti masukkan data tekstual yang utama Keyboard.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PIRANTI INTERAKSI. KEYBOARD Keyboard adalah piranti masukkan data tekstual yang utama Keyboard adalah piranti masukkan data tekstual yang utama Keyboard."— Transcript presentasi:

1 PIRANTI INTERAKSI

2 KEYBOARD Keyboard adalah piranti masukkan data tekstual yang utama Keyboard adalah piranti masukkan data tekstual yang utama Keyboard yang ergonomis: Keyboard yang ergonomis: Tebalnya mm Tebalnya mm Kemiringannya derajat Kemiringannya derajat

3 Tata letak keyboard  QWERTY layout

4 1870-an, Christopher Latham Sholes 1870-an, Christopher Latham Sholes memperlambat gerakan pemakai sehingga jarang macet tombolnya memperlambat gerakan pemakai sehingga jarang macet tombolnya pasangan huruf sering berjauhan sehingga meningkatkan jarak pergerakan jari pasangan huruf sering berjauhan sehingga meningkatkan jarak pergerakan jari standar keyboard bahasa inggris standar keyboard bahasa inggris kecepatan rata-rata : 15 ketikan per detik (150 karakter per menit) kecepatan rata-rata : 15 ketikan per detik (150 karakter per menit)

5 Lanjutan…  Dvorak layout

6 1936, august Dvorak & Willian L. Dealey 1936, august Dvorak & Willian L. Dealey mengurangi jarak pergerakan jari mengurangi jarak pergerakan jari mempercepat kecepatan pengetikan (200 karakter per menit) mempercepat kecepatan pengetikan (200 karakter per menit) mengurangi kesalahan mengurangi kesalahan belum diterima secara luas karena kebanyakan orang tidak mau pindah dari QWERTY. Ini menunjukkan bahwa manfaat perubahan tidak lebih berharga daripada usaha untuk berubah belum diterima secara luas karena kebanyakan orang tidak mau pindah dari QWERTY. Ini menunjukkan bahwa manfaat perubahan tidak lebih berharga daripada usaha untuk berubah

7 Lanjutan…  ABCDE layout

8 Tombol-tombol disusun menurut abjad Tombol-tombol disusun menurut abjad Memudahkan orang yang tidak biasa mengetik Memudahkan orang yang tidak biasa mengetik Kalah populer dari keyboard QWERTY karena QWERTY membuat pengetikan menjadi ketrampilan yang umum Kalah populer dari keyboard QWERTY karena QWERTY membuat pengetikan menjadi ketrampilan yang umum

9 Tombol-tombol keyboard Ukuran : ½ inci ; jarak antartombol:1/4 inci Ukuran : ½ inci ; jarak antartombol:1/4 inci Tekanan : gf/luasnya Tekanan : gf/luasnya Jika ditekan,masuk 3-5 mm Jika ditekan,masuk 3-5 mm Tombol-tombol khusus harus lebih besar Tombol-tombol khusus harus lebih besar Tanda bagi Caps Lock, Num Lock, Scroll Lock Tanda bagi Caps Lock, Num Lock, Scroll Lock Warna yang informatif Warna yang informatif Tombol F dan J di tata letak QWERTY ditandai Tombol F dan J di tata letak QWERTY ditandai

10 Tata letak numeric keypad

11 Tombol-tombol fungsi (function keys) Untuk fungsi-fungsi khusus Untuk fungsi-fungsi khusus Menggantikan perintah dengan penekanan satu tombol saja Menggantikan perintah dengan penekanan satu tombol saja Positif : mengurangi ketukan dan kesalahan Positif : mengurangi ketukan dan kesalahan Negatif : fungsinya harus dihafal dan lokasinya jauh dari home position Negatif : fungsinya harus dihafal dan lokasinya jauh dari home position

12 Tombol-tombol pergerakan kursor (cursor movement keys)

13 Tugas Interaksi pada Pointing Devices  Select (memilih)  Pemakai memilih dari seperangkat item  Digunakan untuk pemilihan menu, menandai file dalam folder/direktori, atau menandai bagian tertentu dalam desain  Position (menempatkan)  Pemakai memilih satu titik dalam ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih  Digunakan untuk membuat gambar, memindahkan objek, atau menyeret blok teks

14 Lanjutan…  Orient (mengarahkan)  Pemakai memilih arah di ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih  Arah dapat berupa perputaran simbol di layar, arah gerakan pesawat, atau operasi dengan robot  Path (membuat jalur)  Pemakai dengan cepat melakukan serangkaian operasi position dan orient  Jalur dapat terbentuk sebagai garis atau kurva pada program draw, pola jahit, atau rute pada peta

15 Lanjutan…  Quantify (mengkuantifikasi)  Pemakai menyebutkan nilai numerik  Biasanya berupa pilihan berdimensi satu dari nilai-nilai bulat atau real untuk menentukan parameter, seperti nomor halaman dokumen, kecepatan kapal, atau volume suara

16 Lanjutan…  Text (membuat tulisan)  Pemakai memasukkan, memindahkan, dan mengedit teks di bidang dua dimensi  Pointing devices menandai lokasi penyisipan, penghapusan, atau perubahan  Tugas yang lebih rumit: mengetengahkan, pengaturan margin, ukuran font, highlighting (tebal, miring atau garis bawah), dan mengatur layout halaman.

17 Macam-macam Direct Pointing Devices  Light pen (pena cahaya)  Memungkinkan pemakai menunjuk titik di layar menggunakan pena dengan sel sensitif cahaya  Mempunyai tombol yang dapat ditekan ketika kursor ada di posisi tertentu  Kelemahan :  Tangan pemakai menutupi bagian layar  Tangan pemakai jauh dari keyboard  Light pen harus diangkat

18

19  Touch screen (layar sentuh)  Memungkinkan pemakai menyentuh layar dengan jarinya  Kelemahan :  Melelahkan  Tengan pemakai manutupi bagian layar  Tangan pemakai jauh dari keyboard  Penunjukkan tidak presisi  Layar menjadi kotor

20

21 Macam-macam Indirect Pointing Devices Mouse Mouse Trackball Trackball Joystick Joystick Graphics tablet (digitizing tablet) Graphics tablet (digitizing tablet) Touchpad Touchpad Pointing stick Pointing stick

22

23 Hukum Fitts untuk Pointing Devices Model pergerakan tangan dalam mengendalikan kursor di tampilan Model pergerakan tangan dalam mengendalikan kursor di tampilan Bila D = jarak dan W = lebar: Bila D = jarak dan W = lebar: Index of difficulty = 2 log (2D/W) Index of difficulty = 2 log (2D/W) Time to point = C1 + C2 (index of difficulty) Time to point = C1 + C2 (index of difficulty) (C1 dan C2 tergantung piranti) (C1 dan C2 tergantung piranti) menurut Welford, untuk jarak yang pendek, index of difficulty = 2log (D/W + 0.5) menurut Welford, untuk jarak yang pendek, index of difficulty = 2log (D/W + 0.5) Time for precision pointing = C1 + C2 (index of difficulty) + C32log(C4/W) Time for precision pointing = C1 + C2 (index of difficulty) + C32log(C4/W)

24 Contoh Untuk target berukuran 1 inci pada jarak 8 inci menggunakan piranti dengan C1 = 0.2 dan C2 = 0.1 : Untuk target berukuran 1 inci pada jarak 8 inci menggunakan piranti dengan C1 = 0.2 dan C2 = 0.1 : Index of difficulty = 2 log (2 x 8/1) = 2log16 = 4 Index of difficulty = 2 log (2 x 8/1) = 2log16 = 4 Time to point = (4) = 0.6 detik Time to point = (4) = 0.6 detik

25 Speech Recognition, Digitization, and Generation Discrete-word recognition Discrete-word recognition Continuous-speech recognition Continuous-speech recognition Speech store and forward Speech store and forward Speech generation Speech generation Audio tones, audiolization, and music Audio tones, audiolization, and music

26 Discrete-word recognition Mengenali kata-kata yang diucapkan orang satu per Satu Mengenali kata-kata yang diucapkan orang satu per Satu Kehandalan 90-98% untuk kosakata yang terdiri dari kata Kehandalan 90-98% untuk kosakata yang terdiri dari kata Berguna jika: Berguna jika: Tangan pembicara sibuk Tangan pembicara sibuk Mobilitas diperlukan Mobilitas diperlukan Mata pembicara harus memperhatikan sesuatu Mata pembicara harus memperhatikan sesuatu Kondisi yang keras (bawah laut atau perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang tidak memungkinkan penggunaan keyboard Kondisi yang keras (bawah laut atau perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang tidak memungkinkan penggunaan keyboard

27 Continuous-speech recognition Mengenali kata-kata yang diucapkan orang secara normal Mengenali kata-kata yang diucapkan orang secara normal Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara, radio, atau telepon Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara, radio, atau telepon Contoh : Dragon NaturallySpeaking Contoh : Dragon NaturallySpeaking

28 Speech store and forward Sistem yang memungkinkan penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan Sistem yang memungkinkan penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan Contoh : Contoh : Informasi cuaca, penerbangan, finansial Informasi cuaca, penerbangan, finansial Voice mail dengan forward Voice mail dengan forward

29 Speech generation Biasa disukai untuk keadaan-keadaan berikut: Pesan yang sederhana Pesan yang sederhana Pesan yang singkat Pesan yang singkat Pesan yang tidak perlu direferensikan Pesan yang tidak perlu direferensikan Pesan yang berhubungan dengan kejadian pada saat tertentu Pesan yang berhubungan dengan kejadian pada saat tertentu Pesan yang membutuhkan tanggapan langsung Pesan yang membutuhkan tanggapan langsung Saluran visual komunikasi telah kelebihan beban Saluran visual komunikasi telah kelebihan beban

30 Lanjutan… Lingkungan terlalu terang, terlalu gelap, sering bergetar, atau tidak cocok untuk transmisi informasi visual Lingkungan terlalu terang, terlalu gelap, sering bergetar, atau tidak cocok untuk transmisi informasi visual Pemakai harus bebas bergerak Pemakai harus bebas bergerak Pemakai dapat terkena gaya G yang tinggi atau anoksia (kekurangan oksigen, biasanya pada tempat tinggi). Pada saat itu penglihatan sudah terganggu, sementara pendengaran belum Pemakai dapat terkena gaya G yang tinggi atau anoksia (kekurangan oksigen, biasanya pada tempat tinggi). Pada saat itu penglihatan sudah terganggu, sementara pendengaran belum

31 Audio tones, audiolization, and music Umpan balik berupa suara dapat menjadi penting untuk: Umpan balik berupa suara dapat menjadi penting untuk: Konfirmasi aksi; Konfirmasi aksi; Memberikan peringatan; Memberikan peringatan; Membantu pemakai yang penglihatannya terganggu; Membantu pemakai yang penglihatannya terganggu; Memberikan mood, misalnya pada game; Memberikan mood, misalnya pada game; Menyediakan kesempatan yang unik bagi pemakai, misalnya simulasi alat musik Menyediakan kesempatan yang unik bagi pemakai, misalnya simulasi alat musik

32 Display Devices (Piranti Tampilan) Jenis-jenis display: Jenis-jenis display: Monochrome display Monochrome display Harga murah, sering sudah memadai Harga murah, sering sudah memadai Color (RGB) display Color (RGB) display Lebih menarik dan efektif Lebih menarik dan efektif

33 Teknologi display: Teknologi display: Raster-scan cathode-ray tube (CRT) Raster-scan cathode-ray tube (CRT) Elektron menyapukan baris titik ke layar Elektron menyapukan baris titik ke layar Refresh rate: per detik Refresh rate: per detik Liquid-crystal displays (LCD) Liquid-crystal displays (LCD) Perubahan tegangan listrik mempengaruhi polarisasi kapsul-kapsul kristal cair yang kecil sekali Perubahan tegangan listrik mempengaruhi polarisasi kapsul-kapsul kristal cair yang kecil sekali

34 Lanjutan… Plasma panel Plasma panel Baris-baris kawat horizontal dipisahkan dari kawat vertikal dengan kapsul kaca berisi gas neon Baris-baris kawat horizontal dipisahkan dari kawat vertikal dengan kapsul kaca berisi gas neon Ketika kawat menerima tegangan tinggi maka gas berpendar Ketika kawat menerima tegangan tinggi maka gas berpendar Light-emitting diodes (LED) Light-emitting diodes (LED) Dioda disusun untuk membentuk tampilan Dioda disusun untuk membentuk tampilan Dioda tertentu memancarkan cahaya ketika ada tegangan Dioda tertentu memancarkan cahaya ketika ada tegangan

35 PRINTER Jenis-jenis printer  Impact printer  kertas dan piranti pencetak bersentuhan secara fisik  Dot matrix printer  karakter dan gambar dibentuk dari pin kawat kecil yang dipukulkan ke atas pita dan kertas. Kecepatan: 200 karakter/detik  Daisy wheel printer  seperti mesin tik; tidak baik untuk mencetak gambar. Kecepatan: karakter/detik

36

37  Non-impact printer  kertas dan piranti pencetak tidak bersentuhan secara fisik  Laser printer  menggunakan sinar laser untuk menyinari fotokonduktor, yang menarik partikel toner untuk menempel di kertas. Panas dan tekanan membuat gambar menyatu di kertas, hasil berkualitas tinggi  Ink jet printer  menyemprotkan tinta dari lubang-lubang di mekanisme pencetak ke atas kertas, tidak berisik dan kualitas cetakan baik

38

39 Lanjutan…  Bubble jet printer  variasi ink jet printer, dimana tinta dipanasi kemudian gelembung-gelembung yang dihasilkan disemprotkan ke atas kertas  Thermal printer  memanasi tinta berlilin pada pita printer dan memindahkannya ke atas kertas khusus (seperti kertas fax), tidak berisik, murah, menggunakan kertas khusus (berlilin) atau kertas biasa

40

41

42 Lanjutan… Plotter Plotter menggunakan pena untuk menggambar diatas gulungan kertas menggunakan pena untuk menggambar diatas gulungan kertas Photographic printer Photographic printer menghasilkan slide dan cetakan foto menghasilkan slide dan cetakan foto Newspaper/magazine-layout systems Newspaper/magazine-layout systems digunakan dalam mencetak koran/majalah dan membuat hasil berkualitas produksi digunakan dalam mencetak koran/majalah dan membuat hasil berkualitas produksi

43


Download ppt "PIRANTI INTERAKSI. KEYBOARD Keyboard adalah piranti masukkan data tekstual yang utama Keyboard adalah piranti masukkan data tekstual yang utama Keyboard."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google