Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Karya : Alisha Prima Vania..  Gudheg adalah makanan khas dari Kota Yogyakarta.Rasanya yang khas membuat turis lokal dan mancanegara yang berkunjung ke.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Karya : Alisha Prima Vania..  Gudheg adalah makanan khas dari Kota Yogyakarta.Rasanya yang khas membuat turis lokal dan mancanegara yang berkunjung ke."— Transcript presentasi:

1 Karya : Alisha Prima Vania.

2  Gudheg adalah makanan khas dari Kota Yogyakarta.Rasanya yang khas membuat turis lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta tertarik untuk mencoba makanan yang satu ini.Makanan yang terbuat dari gori (nangka muda) dengan saus yang khas.Campuran bumbu dan bahan-bahan yang pas membuat lidah kita bergoyang.Sekarang,kita akan mempelajari tentang bahan-bahan membuat gudheg,cara membuatnya dan ada tambahan gambar gudheg yang menggugah selera.Jangan lupa makan gudheg,ya… Hehehe… Kita mulai,ya!  Contoh gambar gudheg :

3  Bahan-bahan serta bumbu untuk membuat gudeg :  1 kg nangka muda namun jangan gunakan yang masih sangat muda, nangka dipotong-potong  12 butir telur rebus (kupas kulit cangkangnya agar lebih meresap bumbunya)  1000 ml air kelapa  1 sdt cuka  10 lembar daun salam  8 iris lengkuas dengan ukuran 8cm yg diiris melintang  200 gram gula merah, iris/sisir halus  2000 ml santan kelapa, bikin hasil dari parutan 1 butir kelapa  Bumbu-bumbu yang dihaluskan :  15 siung bawang merah  10 siung bawang putih  4 ½ sendok teh ketumbar  Garam secukupnya

4  Cara Membuat Gudeg Komplit Khas Daerah Istimewa Yogyakarta :  Siapkan panci dengan alas yang tebal, letakkan daun salam di dasar panci sebagai alas, lalu di atasnya letakkan irisan lengkuas atau laos. Kemudian masukkanlah kedalam panci dengan urutan potong-potongan nangka muda, telur yang sudah direbus, serta gula merah.  Campurkanlah bumbu-bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya dengan 500 ml air kelapa atau cuka, aduk-aduk hingga rata dan larut lalu tuangkan ke dalam panci.  Tambahkan secukupnya air kelapa setinggi permukaan nangka dan telur hingga terendam. Tutuplah panci dengan rapat, masaklah semua bahan di dalam panci diatas api sedang dan sangat diharapkan jangan sekali-sekali dibuka tutupnya sebelum 2 jam. Setelah dimasak selama 2 jam, bukalah tutupnya. Jika airnya sudah berkurang sedikit setelah dimasak, angkatlah terlebih dahulu telurnya dan sisihkan di tempat lain sementara agar tidak hancur.  Masukkanlah santan, aduk-aduklah dengan menggunakan sendok kayu sambil ditekan-tekan untuk menghancurkan potongan-potongan nangka. Masukkan kembali telur yang tadi sudah dipisahkan sampai sedikit agak terkubur ke dalam nangka.  Kemudian masaklah lagi dengan mengguaan api kecil sambil diaduk sesekali sampai benar-benar matang, ini membutuhkan waktu selama kira-kira 3 ½ jam atau saat santan habis terserap dan gudeg udah berwana coklat kemerahan.  Sajikan gudeg Jogja dengan tuangan areh atau kuah opor ayam secukupnya kental di atas gudeg nangka.

5  Inilah hasil gudhegnya…. Pastinya Mantab,deh.Bagi yang belum coba,bisa mencoba dan membuatnya sendiri.Kalau tempat makan gudheg paling banyak di Kotamadya.Di pinggir jalan,banyak berjejer tempat makan gudheg.Selamat Mencoba..! ^_^


Download ppt "Karya : Alisha Prima Vania..  Gudheg adalah makanan khas dari Kota Yogyakarta.Rasanya yang khas membuat turis lokal dan mancanegara yang berkunjung ke."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google