Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Wawancara (Kuliah ke-3b) 081 568 529 67.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Wawancara (Kuliah ke-3b) 081 568 529 67."— Transcript presentasi:

1 Teknik Wawancara (Kuliah ke-3b)

2 Bentuk Wawancara… (Menurut Floyd G. Arpan) 1. Man in the street interview 2. Casual interview 3. Personality interview 4. News interview 5. Telephone interview 6. Prepared question interview 7. Group interview

3 Man in the street interview Yaitu menanyai orang di jalanan, untuk mengetahui tanggapan dan pendapat khalayak terhadap peristiwa tertentu. Orang yang dimintai tanggapan dipilih secara acak. Kelemahan : waktu untuk bertanya & memberi kejelasan dari narasumber sempit, sehingga informasi akan dangkal karena keterbatasan waktu. Untuk menghindari dari tuduhan mengada-ada gunakan recorder serta kamera, sebab yang diwawancarai sulit ditemukan kembali untuk re-checking.

4 Casual interview  Yaitu wawancara yang dilakukan secara mendadak atau mendesak, atau dilakukan karena kebetulan bertemu dengan narasumber yang relevan dengan masalah yang sedang aktual.

5 Personality interview Yaitu wawancara mengenai pribadi seseorang yang ditokohkan. Biasanya dimuat dalam bentuk profil, tokoh siapa dan mengapa yang menonjolkan sikap dan pandangannya yang patut dijadikan contoh oleh khalayak. Wawancara pribadi juga bisa dilakukan terhadap orang yang menunjukkan keluarbiasaan, aneh dan bertingkah eksklusif.

6 News interview Adalah wawancara yang banyak digunakan jurnalis dalam mengumpulkan fakta, baik sebagai sumber berita, maupun mendapatkan konfirmasi. Biasanya, dilakukan untuk mendapatkan bahan berita langsung (straight news) sesuai dengan penetapan jadwal berita (news schedule).

7 Telepohone interview Yaitu wawancara yang dilakukan dengan menggunakan telepon, sering digunakan untuk berita-berita yang mendesak deadline. Kelemahan interview ini, tidak bisa mengetahui reaksi dan mimik yang diwawancarai.

8 Prepared question interview Adalah wawancara yang sering digunakan mass media untuk memperoleh tanggapan dan pendapat terhadap hal yang rumit, menyangkut data, dan menyangkut disiplin keilmuan. Daftar pertanyaan disiapkan dan ditulis lebih dahulu untuk narasumber atau dikirimkan melalui pos atau kurir. Saat narasumber menjawab pertanyaan, pewawancara tidak perlu hadir. Wawancara tertulis ini akan memberikan waktu yang cukup kepada nara sumber guna mempertimbangkan dan memberikan jawabannya.

9 Group interview Group interview adalah wawancara antara serombongan jurnalis dengan sekelompok nara sumber, Kadang disebut pula dengan symposium. Biasanya dimulai dengan sejenis konferensi pers yang kemudian dilanjutkan dengan menghadirkan sekelompok sumber (ahli) dan jurnalis juga terdiri atas beberapa media.

10 Materi Kuliah Minggu depan… Tahap wawancara


Download ppt "Teknik Wawancara (Kuliah ke-3b) 081 568 529 67."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google