Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WAWANCARA PENGERTIAN Teknik menggali informasi untuk mengumpulkan data dari narasumber dengan tanya jawab secara lisan. NARASUMBER Orang yang menjadi sumber.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WAWANCARA PENGERTIAN Teknik menggali informasi untuk mengumpulkan data dari narasumber dengan tanya jawab secara lisan. NARASUMBER Orang yang menjadi sumber."— Transcript presentasi:

1 WAWANCARA PENGERTIAN Teknik menggali informasi untuk mengumpulkan data dari narasumber dengan tanya jawab secara lisan. NARASUMBER Orang yang menjadi sumber informasi (para ahli, pejabat, tokoh masyarakat, saksi ahli, korban, pelaku peristiwa) sesuai dengan topik wawancara.

2 CARA  PENDEKATAN (cr mengenall sesuatu scr teoritis)  METODE (cr melakukan sesuatu scr teoritis)  TEKNIK (cr melakukan sesuatu scr praktis)  PROSEDUR (cr mlkkn sst scr urut/bthp)  STRATEGI (cr mlkkn sst dg siasat/taktik ttt)  KIAT (cr individu melakukan sst)

3 TAHAP WAWANCARA  PERSIAPAN  PELAKSANAAN  PELAPORAN

4 PERSIAPAN  Menentukan Tujuan  Menentukan Topik  Menentukan Narasumber  Menentukan Waktu dan Tempatnya  Menyiapkan Daftar Pertanyaan

5 PELAKSANAAN  Membuka Wawancara (ucapan salam, menanyakan kabar, menyampaikan tujuan)  Menyampaikan pertanyaan pendahulan.  Menyampaikan pertanyan inti.  Menyampaikan pertanyaan yang mengarah pada kesimpulan.  Menutup wawancara (ucapan terima kasih, menyampaikan salam penutup)  Mencatat hasil wawancara  Membuat laporan hasil wawancara.

6 BENTUK LAPORAN HASIL WAWANCARA  ARTIKEL  FORMULIR  SALINAN WAWANCARA

7 BENTUK ARTIKEL Hasil wawancara dituangkan dalam bentuk artikel (karangan) seperti yang sering kita jumpai di surat kabar. Dalam hal ini, wartawan/ jurnalis menuliskan hasil wawancaranya dalam bentuk artikel berita.

8 BENTUK FORMULIR LAPORAN WAWANCARA Judul: Pembinaan Basket Tujuan: Mengetahui pola pembinaan basket di Smada Topik: Keberhasilan tim basket smada memasuki laga final Pelaksanaan Wawancara: Di Smada Ska. 2 3 Mei 2012 Pewawancara: Bagus Redianto Narasumber: Kepala Sekolah Hasil: Pembinaan basket di smada terprogram dalam kegiatan ekskul dengan fasilitas dan frekuensi sangat terbatas Catatan Lain-lain: Diperlukan pola pembinaan yang lebih intensif didkung fasilitas yang memadai Tempat, tanggal pelaporan: Di smada ska, 24 Mei 2012 Subjek Laporan: Tim Basket Smada

9 BENTUK SALINAN WAWANCARA Bentuk ini menyajikan kutipan tanya-jawab antara pewawancara dengan narasumber secara tertulis.

10 TEKNIK WAWANCARA  WAWANCARA TERSTRUKTUR  WAWANCARA TAK TERSTRUKTUR  WAWANCARA MENDALAM (DEEP INTERVIEW)  WAWANCARA PARTISIPATORIS


Download ppt "WAWANCARA PENGERTIAN Teknik menggali informasi untuk mengumpulkan data dari narasumber dengan tanya jawab secara lisan. NARASUMBER Orang yang menjadi sumber."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google