Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRAKTEK WAWANCARA PRAKTEK WAWANCARA Pertemuan 25 & 26 Mata kuliah: O0264 / TEKNIK WAWANCARA MEDIA Tahun : 2008 / 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRAKTEK WAWANCARA PRAKTEK WAWANCARA Pertemuan 25 & 26 Mata kuliah: O0264 / TEKNIK WAWANCARA MEDIA Tahun : 2008 / 2009."— Transcript presentasi:

1

2 PRAKTEK WAWANCARA PRAKTEK WAWANCARA Pertemuan 25 & 26 Mata kuliah: O0264 / TEKNIK WAWANCARA MEDIA Tahun : 2008 / 2009

3 Bina Nusantara University 3 Learning Objectives Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa sudah mampu melakukan wawancara atau material gathering (radio, televisi, koran) dan dapat menyajikan berita yang terkait pada siaran radio dan siaran televisi secara benar (dasar).

4 Bina Nusantara University 4 Indikator 1.Setelah mengikuti perkuliahan pertemuan 1- 12, mahasiswa dapat menjelaskan: 1.Material gathering dan Questionaire Interview, 2.Information interview, 3.Data & facts interview, 4.Performance interview, dan 5.Emotion interview. 2.Mahasiswa dapat menjelaskan: 1.Etika interview, perlunya Appointment, 3.Words and attitudes dan 4.Privacy narasumber. 3.Mahasiswa memperoleh persetujuan untuk melaksanakan dari berkas pengajuannya untuk dilaksanakan praktek lapangan, ini meliputi: 1.Teknik interview, 2. Bentuk pertanyaan, 3. gambaran tentang - Nada dan Gaya bertanya, serta 4. tahap awal & akhir sikapnya pada interview. 4.Mahasiswa dapat mendokumentasikan mengenai: 1.Inventarisasi hasil interview, 2.Penyusunan hasil interview, dan 3.Evaluasi susunan hasil interview  guna dapat menjadi pemberitaan.

5 Bina Nusantara University 5 Orientasi dan Tugas Orientasi: Pengumpulan fakta (observasi, interview dan riset) di lapangan. Mahasiswa akan mendapat pengalaman langsung dalam hal mengamati fakta yang terjadi di lapangan. Tugas: mahasiswa ditentukan topik pengamatannya, mengenal media komunikasinya dan mempraktek- kan teknik wawancara dasar dan etika wawancara. Anggota Kelompok: minimal anggota adalah 2 (dua) orang mahasiswa.

6 Bina Nusantara University 6 Kemampuan Mengoperasikan Peralatan Wawancara 1.Menjelaskan pengertian equipment interview: audio amplifier, audio recorder, laptop dan LCD projector. 2.Mahasiswa dapat mengoperasikan equipment tersebut dengan lancar di lapangan. 3.Praktek menggunakan interview equipment.

7 Bina Nusantara University 7 K1. Program: Peristiwa atau Kecelakaan 1.Mahasiswa mendeskripsikan wawasan atau pengetahuan yang diperlukan untuk merencanakan, mempersiapkan, dan menjalankan sebuah wawancara dalam penyiaran. 2.Mahasiswa melakukan riset yang dibutuhkan dilakukan guna memenuhi persyaratan wawancara sesuai persyaratan suatu produksi media komunikasi. 3.Membuat Daftar Pertanyaan yang menggali informasi yang sesuai dengan persyaratan program dan produksi dikembangkan. 4.Narasumber yang diajukan sesuai persyaratan pemancar dan target audience

8 Bina Nusantara University 8 K2. Program Bencana atau Kriminal 1.Mahasiswa mendeskripsikan wawasan atau pengetahuan yang diperlukan untuk merencanakan, mempersiapkan, dan menjalankan sebuah wawancara dalam penyiaran. 2.Mahasiswa melakukan riset yang dibutuhkan dilakukan guna memenuhi persyaratan wawancara sesuai persyaratan suatu produksi media komunikasi. 3.Membuat Daftar Pertanyaan yang menggali informasi yang sesuai dengan persyaratan program dan produksi dikembangkan. 4.Narasumber yang diajukan sesuai persyaratan pemancar dan target audience

9 Bina Nusantara University 9 K3. Program Demonstrasi atau Pengumuman penting 1.Mahasiswa mendeskripsikan wawasan atau pengetahuan yang diperlukan untuk merencanakan, mempersiapkan, dan menjalankan sebuah wawancara dalam penyiaran. 2.Mahasiswa melakukan riset yang dibutuhkan dilakukan guna memenuhi persyaratan wawancara sesuai persyaratan suatu produksi media komunikasi. 3.Membuat Daftar Pertanyaan yang menggali informasi yang sesuai dengan persyaratan program dan produksi dikembangkan. 4.Narasumber yang diajukan sesuai persyaratan pemancar dan target audience.

10 Bina Nusantara University 10 K4. Program K4. Program Pagelaran/event (olahraga atau musik) 1.Mahasiswa mendeskripsikan wawasan atau pengetahuan yang diperlukan untuk merencanakan, mempersiapkan, dan menjalankan sebuah wawancara dalam penyiaran. 2.Mahasiswa melakukan riset yang dibutuhkan dilakukan guna memenuhi persyaratan wawancara sesuai persyaratan suatu produksi media komunikasi. 3.Membuat Daftar Pertanyaan yang menggali informasi yang sesuai dengan persyaratan program dan produksi dikembangkan. 4.Narasumber yang diajukan sesuai persyaratan pemancar dan target audience.

11 Bina Nusantara University 11 K5. Program: K5. Program: Diskusi/Konferensi/Talkshow 1.Mahasiswa mendeskripsikan wawasan atau pengetahuan yang diperlukan untuk merencanakan, mempersiapkan, dan menjalankan sebuah wawancara dalam penyiaran. 2.Mahasiswa melakukan riset yang dibutuhkan dilakukan guna memenuhi persyaratan wawancara sesuai persyaratan suatu produksi media komunikasi. 3.Membuat Daftar Pertanyaan yang menggali informasi yang sesuai dengan persyaratan program dan produksi dikembangkan. 4.Narasumber yang diajukan sesuai persyaratan pemancar dan target audience.

12 Bina Nusantara University 12 K6. Konferensi Pers dan Siaran Pers 1.Mahasiswa mendeskripsikan wawasan atau pengetahuan yang diperlukan untuk merencanakan, mempersiapkan, dan menjalankan sebuah wawancara dalam penyiaran. 2.Mahasiswa melakukan riset yang dibutuhkan dilakukan guna memenuhi persyaratan wawancara sesuai persyaratan suatu produksi media komunikasi. 3.Membuat Daftar Pertanyaan yang menggali informasi yang sesuai dengan persyaratan program dan produksi dikembangkan. 4.Narasumber yang diajukan sesuai persyaratan pemancar dan target audience

13 Bina Nusantara University 13 K7. Berita Investigasi 1.Mahasiswa mendeskripsikan wawasan atau pengetahuan yang diperlukan untuk merencanakan, mempersiapkan, dan menjalankan sebuah wawancara dalam penyiaran. 2.Mahasiswa melakukan riset yang dibutuhkan dilakukan guna memenuhi persyaratan wawancara sesuai persyaratan suatu produksi media komunikasi. 3.Membuat Daftar Pertanyaan yang menggali informasi yang sesuai dengan persyaratan program dan produksi dikembangkan. 4.Narasumber yang diajukan sesuai persyaratan pemancar dan target audience

14 Bina Nusantara University 14 Hasil Wawancara Terdapat tiga variabel yang akan dinilai sebagai target pemahaman dari mata kuliah ini, adalah: 1.Presentasi: mahasiswa harus dapat mempresentasi kan pelaksanaan pekerjaannya wawancara narasumber di lapangan. 2.Keaktifan: dosen menilai apakah keaktifan dalam menerapkan teori mengenai teknik wawancara media sudah semaksimal mungkin. 3.Tugas: dosen memberikan tugas kepada mahasiswa untuk latihan menulis semua hal yang sudah diliput sari narasumber.

15 Bina Nusantara University 15 Closing Setelah memahami pengertian praktek lapangan yang berguna untuk menerapkan semua teori yang duah dipelajari pada mata kuliah ini. Semoga anda menjadi jurnali yang handal, dan dapat menjajikan berita yang profesional. The End


Download ppt "PRAKTEK WAWANCARA PRAKTEK WAWANCARA Pertemuan 25 & 26 Mata kuliah: O0264 / TEKNIK WAWANCARA MEDIA Tahun : 2008 / 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google