Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKOLOGI. Apa itu Ekologi? Istilah ekologi berasal dari kata …………….. Yang artinya……………………………..

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKOLOGI. Apa itu Ekologi? Istilah ekologi berasal dari kata …………….. Yang artinya…………………………….."— Transcript presentasi:

1 EKOLOGI

2 Apa itu Ekologi? Istilah ekologi berasal dari kata …………….. Yang artinya……………………………..

3 Pengertian Ekologi Ekologi berasal dari kata yunani : oikos = rumah dan logos = ilmu Secara harafiah ekologi berarti ilmu tentang makluk hidup dalam rumahnya atau ilmu tentang rumah tangga makluk hidup. Soemarwoto, 2008 : Ilmu tentang hubungan timbal balik makluk hidup dengan lingkungan hidupnya.

4 Ekologi Vs Lingkungan Hidup Ekologi merupakan salah satu komponen dalam sistem pengelolaan lingkungan hidup, disamping komponen yang lain yaitu…………., untuk mendapatkan keputusan yang seimbang. Ekologi ∞ Ekonomi? Dalam ekonomi alat transaksinya uang dalam ekologi alat transaksinya ……………

5 Ekologi Vs Lingkungan Hidup Ekologi merupakan salah satu komponen dalam sistem pengelolaan lingkungan hidup, disamping komponen yang lain yaitu politik, sosial, budaya dan ekonomi, untuk mendapatkan keputusan yang seimbang. Ekologi ∞ Ekonomi Dalam ekonomi alat transaksinya uang Dalam Ekologi digunakan materi, energi dan informasi.

6 Konsep Ekosistem Konsep sentral ekologi ialah ekosistem. Ekosistem = sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makluk hidup dengan lingkungannya. Sistem = komponen-komponen yang bekerja secara teratur sebagai satu kesatuan.

7 Konsep Ekosistem Konsep sentral ekologi ialah ekosistem. Ekosistem = sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makluk hidup dengan lingkungannya. Sistem = komponen-komponen yang bekerja secara teratur sebagai satu kesatuan.

8 Ekosistem Terbentuk dari komponen hidup dan tak hidup yang berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur. Keteraturan ini terjadi oleh karena ada arus materi dan energi yang terkendalikan oleh arus informasi antara komponen dalam ekosistem itu.

9 Ekosistem Terbentuk dari komponen hidup dan tak hidup yang berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur. Keteraturan ini terjadi oleh karena ada arus materi dan energi yang terkendalikan oleh arus informasi antara komponen dalam ekosistem itu.

10 Hormoni Kehidupan Keteraturan ekosistem = keseimbangan alam

11 Hormoni Kehidupan Negari kang Kaeka adi dasa purwa marang sawiji. Adi linuwih. Dasa sepuluh. Purwa kawitan”. Hinggih Nusantara negeri kang panjang punjung pasir wukir gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharaja” “Kerta kawula ing padusunan mungkul anggennya ulah tetanen mardi undhaking wulu pametu” Panjang dawa pocapane, punjung luhur kawibawane”. “Pasir samodra, wukir gunung” “Dene tata rakiting praja ngungkuraken pegunungan, ngananaken pasabinan, ngarepake segara bebandaran” “Loh subur kang sarwa tinandur, jinawi murah kang sarwa tinuku”. “Gemah lumaku dagang layar rinten dalu tan ana pedhote labet tan ana sangsayaning marga”. “Ripah jalma manca ingkang samya bebadra ketinggal jejel hapipit aben cukit tepung taritis Para pangon rajakaya kebo sapi mendus tanpa cinancangan, pitik iwen tan ana kinandhangan, gumanti ratri bali ana kandhangnya dhewe-dhewe. Parandene datan ana ingkang cicir sajuga, raharja tebih ing sambikala. “Baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur”

12 Ketidak seimbangan ekologi

13 Materi Tubuh kita, hewan, tumbuhan, batu dan lain-lain tersusun oleh materi. Materi terdiri dari unsur kimia misalnya : Karbon (C) Hidrogen (H) Oksigen (O) Nitrogen (N) Pospor (P) Jml unsur alamiah = 89 Unsur-unsur kimia berkombinasi membentuk molekul atau senyawa, misal : Molekul Gas Oksigen (O 2 ) Molekul Air (H 2 O) Molekul Gula tebu (C 12 H 22 O 11 ) Molekul glukose (C 6 H 12 O 6 ) 6 CO H 2 O  C 6 H 12 O O 2

14 Produsen dan Konsumen Tumbuhan = Produsen Manusia dan hewan = Konsumen Pemakan tumbuhan = herbivora Pemakan daging =karnivora Pemakan segalanya = omnivora

15 Produsen dan Konsumen Tumbuhan = Produsen Manusia dan hewan = Konsumen Pemakan tumbuhan = herbivora Pemakan daging =karnivora Pemakan segalanya = omnivora

16 Rantai Makanan

17 Energi

18 Macam-macam Sumber Energi

19 Tak TerbarukanTerbarukan

20 Tak TerbarukanTerbarukan Batu baraAir Minyak bumiAngin LPGBio-etanol, Biomass Radiasi Matahari Panas Bumi

21 Informasi

22 Informasi adalah hal yang memberikan pengetahuan. Berbentuk : benda fisik, dokumen, warna, suhu, kelakuan, rekaman, peninggalan purbakala dll.

23 Informasi Contoh : Warna hijau dan bentuk tertentu menginformasikan kepada kita tentang adanya jenis tumbuhan tertentu. Raut muka dan tingkah laku orang menginformasikan kepada kita tentang suasana hati seseorang.

24 Kandungan Informasi Kandungan informasi dari suatu pesan menunjukkan banyaknya pengetahuan tambahan yang kita dapatkan daru suatu pesan tersebut. Semakin kita tahu isi pesan yang dikirim maka semakin kecil pengetahuan/informasi yang kita terima. Apabila kita tidak tahu sama sekali apa isi pesan yang dikirim, maka kita mendapatkan tambahan pengetahuan banyak dari pesan yang kita terima.

25 Hukum Termodinamika

26 Hukum Thermodinamika

27 Habitat

28 Adaptasi

29

30 Evolusi

31

32 MATERI KULIAH Pengertian Ekologi ATS (I) Lingkungan Hidup FAN (II & III) Pengelolaan Lingkungan Hidup FAN (IV & V) Pencagaralaman FAN (VI) Ekologi Pembangunan ATS (VII) Ekologi Kependudukan/Urban ADS (VIII) Ekologi Pangan/Pertanian ADS (IX & X) Ekologi Pariwisata ADS (XI) Energi dalam Ekologi Pembangunan ATS (XII & XIII)


Download ppt "EKOLOGI. Apa itu Ekologi? Istilah ekologi berasal dari kata …………….. Yang artinya…………………………….."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google