Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGGARAN Rizal Effendi. DEFINISI Anggaran adalah pernyataan mengenai estimasi kinerja yang hendak dicapai selama periode waktu tertentu yang dinyatakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGGARAN Rizal Effendi. DEFINISI Anggaran adalah pernyataan mengenai estimasi kinerja yang hendak dicapai selama periode waktu tertentu yang dinyatakan."— Transcript presentasi:

1 ANGGARAN Rizal Effendi

2 DEFINISI Anggaran adalah pernyataan mengenai estimasi kinerja yang hendak dicapai selama periode waktu tertentu yang dinyatakan dlm ukuran finansial. Atau.. suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang.

3 HUBUNGAN PERENCANAAN, PENGENDALIAN DAN ANGGARAN Perencanaan & Pengendalian mrp dua hal yg tdk dpt dipisahkan. Perencanaan melihat ke masa depan dlm menentukan tindakan apa yg hrs dilakukan utk merealisasikan tujuan tertentu. Pengendalian melihat ke belakang, yaitu menilai apa yg telah dihasilkan & membandingkannya dg rencana yg telah disusun. Anggaran mrp komponen utama perencanaan keuangan utk masa depan, memuat tujuan & tindakan dlm mencapai tujuan

4 Hubungan Perencanaan, Pengendalian, & Anggaran Rencana Strategis Tujuan Jangka Panjang Tujuan Jangka Pendek Rencana Jangka Pendek Anggaran Umpan Balik Pemantauan Aktivitas Aktual Perbandingan Hasil Aktual Dg Yg Direncanakan Investigasi Tindakan Koreksi PengendalianPerencanaan

5 Tujuan pembuatan anggaran Memaksa manajer membuat rencana strategi Memberikan informasi sumberdaya yg dpt meningkatkan kualitas pengambilan keputusan Standar evaluasi kinerja Meningkatkan komunikasi & koordinasi

6 ANGGARAN SEKTOR SWASTA / Komersial ANGGARAN INDUK ANGGARAN KEUANGAN ANGGARAN OPERASIONAL

7 Anggaran Induk (Master Budget) Adalah rencana keuangan yang komprehensif untuk seluruh kegiatan organisasi yang terdiri dari : anggaran operasi dan anggaran keuangan

8 Anggaran Operasi (Operation Budget) Adalah rencana keuangan yang dituangkan dalam bentuk fisik dan keuangan yang teridiri dari: anggaran penjualan, anggaran biaya dan anggaran laba.

9 Anggaran Keuangan (Financial Budget) Adalah rencana keuangan yang terdiri dari: anggaran kas, anggaran belanja barang modal, neraca yang dianggarkan

10 PEMBUATAN ANGGARAN Anggaran biasanya dibuat tahunan, namun bisa juga bulanan. Jika tahunan bisa dibagi dalam kuartal (4 bulanan). Anggaran berkelanjutan: anggaran 12 bulan yg terus berjalan, jika satu bulan telah dilalui, satu bulan di masa depan ditambahkan ke dlm anggaran.

11 PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN Menerbitkan Pedoman Langkah pertama dalam proses penyusunan anggaran adalah mengembangkan pedoman yang memerintahkan untuk menyusun anggaran ke semua manajer tanpa kecuali. Usulan awal anggaran Negosiasi Bagian yang menyusun anggaran akan mendiskusikan anggaran yang diusulkan dengan atasannya. Tinjauan dan persetujuan Persetujuan akhir direkomendasikan oleh panitia anggaran untuk CEO. CEO kemudian menyerahkan ke dewan direktur untuk disyahkan. Revisi Anggaran

12 Sambungan…. Revisi anggaran Satu pertimbangan penting dalam penyusunan anggaran adalah prosedur revisi anggaran yang telah disetujui. Ada dua macam prosedur revisi, yaitu: 1. Prosedur yang memungkinkan mengubah atau pemutakhiran anggaran secara sistematis (misalnya secara kuartalan) 2. Prosedur untuk keadaan khusus.

13 PENDEKATAN DALAM PENYUSUNAN ANGGARAN Top -Down Manajer puncak menetapkan anggaran bagi tingkat yang lebih rendah. Manajer yang lebih rendah tidak dilibatkan dalam penyusunan anggaran, tinggal melaksanakan. Bottom-Up Manajer ditingkat yang lebih rendah berpartisipasi dalam menentukan besarnya anggaran.

14 Anggaran Berbasis Kinerja adalah penetapan anggaran berdasarkan prestasi yang telah ditunjukkan oleh unit kerja. Pendekatan ini dirasa efektif untuk mendorong manajer dalam meningkatkan kualitas kerjanya.

15 Contoh: Di Departemen DIKNAS misalnya ada kebijakan anggaran berbasiskan kinerja, yaitu jika satuan penyelenggara pendidikan setingkat SMA mampu mencapai peringkat sekolah bertaraf internasional maka ada anggaran khusus yang diperbantukan ke sekolah tersebut.

16 Sistem Pengendalian Manajemen adalah alat untuk mengimplementasikan strategi untuk menghasilkan kinerja, maka dengan kebijakan anggaran berbasiskan kinerja akan memotivasi manajer untuk mencapai target.

17 17 Pertanyaan 1.Buatlah anggaran KAS, yang meliputi : Saldo Awal, penerimaan (minimal tiga item), pengeluaran (minimal 6 item), Saldo kas akhir. 2.Anggaran Neraca (Neraca yang dianggarkan) untuk perusahaan dagang dan berbentuk perseroan. Minimal memuat dua kelompok aset dan dua kelompok kewajiban. 3.Anggaran Laba-Rugi (sistem perpetual perusahaan dagang) Dikumpul SEKARANG..!!

18 SEKIAN


Download ppt "ANGGARAN Rizal Effendi. DEFINISI Anggaran adalah pernyataan mengenai estimasi kinerja yang hendak dicapai selama periode waktu tertentu yang dinyatakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google