Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGGARAN Materi Pertemuan ke …………. ANGGARAN  Penganggaran (budget) adalah perencanaan keuangan untuk masa depan.  Atau anggaran merupakan suatu rencana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGGARAN Materi Pertemuan ke …………. ANGGARAN  Penganggaran (budget) adalah perencanaan keuangan untuk masa depan.  Atau anggaran merupakan suatu rencana."— Transcript presentasi:

1 ANGGARAN Materi Pertemuan ke …………

2 ANGGARAN  Penganggaran (budget) adalah perencanaan keuangan untuk masa depan.  Atau anggaran merupakan suatu rencana kerja yang dinyatakan secara kuantitatif, yang diukur dalam satuan moneter standar dan satuan ukuran yang lain, yang mencakup jangka waktu satu tahun.  Perencanaan melihat kemasa depan, yaitu menentukan tindakan-tindakan apa yang harus dilakukan untuk merealisasikan tujuan tertentu.  Pengendalian melihat kebelakang, yaitu menilai apa yang telah dihasilkan dan membandingkannya dengan rencana yang telah disusun. (Perbandingan ini kemudian dapat digunakan untuk menyesuaikan anggaran, sesuai dengan tujuan masa depan yang diinginkan).

3 Rencana strategtis (strategic plan), adalah mengedentifikasi strategi aktivitas dan operasi masa depan, yang biasanya berjangka lima tahun. Organisasi dapat menerjemahkan keselutuhan strategi ke dalam tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Mengapa perusahaan menyusun angaran?

4 KAREKTERISTIK ANGGARAN  Anggaran dinyatakan dalam satuan keuangan dan satuan selain keuangan.  Anggaran umumnya mencakup jangka waktu satu tahun.  Anggaran berisi komitmen atau kesanggupan manajemen.  Usulan anggaran di-review dan disetujui oleh pihak yang berwenang lebih tinggi dari penyusun anggaran.  Sekali disetujui, anggaran hanya dapat diubah di bawah kondisi tertentu.  Secara berkala, kinerja keuangan sesungguhnya dibandingkan dengan anggaran dan selisihnya dianalisis dan dijelaskan.

5 KAREKTERISTIK PRAKIRAAN (FORCAST)  Prakiraan dapat dinyatakan dalam satuan keuangan atau dalam satuan selain keuangan.  Prakiraan dapat mencakup berbagai macam jangka waktu.  Penyusun prakiraan tidak bertanggung jawab untuk mencapai hasil yang di prakiraan  Prakiraan tidak memerlukan persetujuan dari pihak yang memiliki wewenang yang lebih tinggi  Prakiraan akan selalu dimutakhirkan (update) jika informasi baru menunjukkan perubahan kondisi.  Penyimpangan dari yang diperkiraan tidak dianalisa secara formal atau secara berkala.

6 TUJUAN PENGANGGARAN  Memaksa manajer untuk membuat rencana  Memberikan informasi sumber daya yang dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan  Sebagai standar bagi evaluasi kinerja  Meningkatkan komunikasi dan koordinasi DUA DIMENSI PENGGANGGARAN  Bagaimana anggaran dibuat.  Bagaimana anggaran digunakan untuk mengimplementasikan rencana organisasi

7  Pengarahan dan Pengkoordinasian Dalam penyusunan anggaran harus ada seseorang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan seluruh proses pengganggaran organisasi.  Direktur anggaran ( budget director), biasanya seorang kontroler, bekerja di bawah arahan komite anggaran.  Komite anggaran ( budget committee), memeriksa anggaran yang telah dibuat, memberikan tuntunan kebijakan dan tujuan anggaran, menyelesaikan perselisihan yang timbul pada saat anggaran dibuat, menyetujui anggaran final, dan memonitor atau memantau kinerja aktual organisasi selama tahun berjalan.

8 ANGGARAN INDUK  Anggaran induk (master budget) adalah rencana keuangan koprehensif untuk keseluruhan organisasi; terdiri atas berbagai anggaran individual.  Anggaran induk dapat dibagai menjadi anggaran operasi dan anggaran keuangan.  Anggaran operasi (operating budget} menjelaskan aktivitas yang menghasilkan pendapatan untuk perusahaan; penjulan, produksi, dan persediaan barang jadi. Hasil utama dari anggaran operasi adalah laporan laba rugi proforma atau yang dianggarkan.  Anggaran keuangan (financial budget) yaitu membuat rincian dari arus kas masuk dan arus kas keluar serta posisi keuangan keseluruhan Anggaran keuangan biasanya yang disusun adalah :  Anggaran kas  Anggaran neraca  Anggaran pengeluaran modal

9  Anggaran kas terdiri dari: Saldo kas awalxx +Penerimaan kasxx Kas yang tersediaxx -Pengeluaran kasxx -Saldo kas minimumxx Kelebihan atau kekurangan kasxx +Utang/pinjamanxx -Pembayaran utangxx +Saldo kas minimumxx Saldo kas akhirxx

10 FUNGSI ANGGARAN  Anggaran mempunyai fungsi sbb: 1. Pencanaan 2. Koordinasi 3. Kumunikasi 4. Motivasi 5. Pengendalian dan evaluasi 6. Pendidikan  Syarat-syarat Program Anggaan Program anggaran dapat berhasil jika memenuhi syarat-syarat sbb: 1. Adanya organisasi perusahaan yang sehat 2. Adanya system akuntansi yang memadai 3. Adanya penelitian dan analisa 4. Adanya dukungan para pelaksana

11  PENGUNAAN ANGGARAN UNTUK EVALUASI KINERJA Anggaran merupakan alat pengendalian yang bermanfaat. Namun untuk menggunakannya dalam evaluasi, perlu diperhatikan dua hal penting yaitu:  Menentukan bagaimana jumlah yang dianggarkan dibandingkan dengan actual  Mempertimbangkan dampat anggaran itu terhadap perilaku manusia  Anggaran Statis VS Anggaran Fleksibel Anggaran Statis (static budget) adalah anggaran yang dibuat berdasarkan tingkat aktivitas yang sudah ditentukan. Anggaran Fleksibel (flexible budget) adalah anggaran yang menjadikan perusahaan memiliki kemampuan untuk menghitung biaya yang diharapkan selama rentang aktivitas.


Download ppt "ANGGARAN Materi Pertemuan ke …………. ANGGARAN  Penganggaran (budget) adalah perencanaan keuangan untuk masa depan.  Atau anggaran merupakan suatu rencana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google