Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ISNI YUANITA PRI UTAMI, 4401405003 PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SLIDE PRESENTATION DAN PRAKTIKUM KONSEP ALAT INDERA MANUSIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ISNI YUANITA PRI UTAMI, 4401405003 PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SLIDE PRESENTATION DAN PRAKTIKUM KONSEP ALAT INDERA MANUSIA."— Transcript presentasi:

1 ISNI YUANITA PRI UTAMI, PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SLIDE PRESENTATION DAN PRAKTIKUM KONSEP ALAT INDERA MANUSIA PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 SAMPANG CILACAP

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ISNI YUANITA PRI UTAMI - NIM : PRODI : Pendidikan Biologi - JURUSAN : Biologi - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - isni_2311 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : drh. WULAN CHRISTIJANTI, MSi - PEMBIMBING 2 : PARMIN, SPd, MPd - TGL UJIAN :

3 Judul PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SLIDE PRESENTATION DAN PRAKTIKUM KONSEP ALAT INDERA MANUSIA PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 SAMPANG CILACAP

4 Abstrak Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh data bahwa di sekolah tersebut mempunyai ruang multimedia yang dilengkapi dengan komputer dan LCD, namun penggunaanya belum optimal khususnya dalam pembelajaran biologi. Perolehan nilai siswa yaitu rata-rata nilai 5,5, dengan tingkat ketuntasan belajar hanya mencapai 38,63 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan slide presentation dan praktikum efektif digunakan pada pembelajaran konsep alat indera manusia. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun 2008/2009. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terbagi dalam 2 kelas yaitu IPA I sebagai kelas eksperimen dan IPA II sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretests Postets Control Group Design. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran dengan slide presentation sebanyak 88.36%. Siswa yang aktif berdiskusi 74.41%. Kegiatan praktikum telah melibatkan semua siswa (100%). Siswa yang aktif dalam kegiatan presentasi kelas IPA I (74.41%) > IPA II (56.16%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan slide presentation efektif pada pembelajaran konsep alat indera manusia pada siswa kelas XI SMA N I Sampang Cilacap. Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan sebagai berikut; guru biologi hendaknya menggunakan pendekatan pembelajaran secara kontekstual agar dapat melibatkan siswa secara aktif. Dalam pembelajaran sebaiknya guru menggunakan CD pembelajaran (slide presentation alat indera manusia), untuk membantu siswa memahami materi alat indera manusia.

5 Kata Kunci Contextual Teaching and Learning, Slide Presentation, Praktikum dan Konsep Alat Indera Manusia

6 Referensi Arikunto, S Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arsyad, A Media Pembelajaran. Jakarata: Rajawali Pres. Chandra Jam Belajar Interaktif Flash CS3 Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom. Depdiknas. 2003b. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Depdiknas. Gita, I Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 1(1), Hotmartogi R. Sihole dan Manihar Situmorang Efektivitas Metode Praktikum Pada Pengajaran Gugus Fungsional Di SMA Toba Samosir. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 1 (1): 3. Majid. A Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya Mulyasa, E Implementasi KTSP Kemandirin Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Razaq, A Belajar Sendiri PowerPoint. Surabaya: INDAH Surabaya. Rohani, A Media Instruksional Edukatif. Jakarta: RINEKA CIPTA. Sadiman, S. A, Raharjo, Haryono & Rahardjito Media Pendidikan. Jakarata: PT Raja Grafindo Persada. Sadono, K Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dengan Pendekatan Contextual Teaching and learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Statistik dan Statistika di SMA Muhammadiyah I Yogyakarta. Jurnal Penelitian BAPEDA Kota Yogyakarta 1 (1): 14. Sanjaya. W Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group. Shamsid, I Contextual Teaching and Learning Practicesin The Family And Consumer Sciences Curriculum. Journal of Family and Consumer Sciences Education 24 (1): Santosa, K Mengenal dan Membuat Media Pembelajaran. Semarang: UNNES Pres. Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Metode Statistika. Bandung: Tarsito Sudjiono. A Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarata: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV ALFABETA. Suryati. A Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif 1 (1): 6 Miltwa. N Technology for Teaching and Learning in Higher Education Contexts. International Journal of Education and Developing using Information and Communacation 3 (4): 6

7 Terima Kasih


Download ppt "ISNI YUANITA PRI UTAMI, 4401405003 PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN SLIDE PRESENTATION DAN PRAKTIKUM KONSEP ALAT INDERA MANUSIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google