Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rangkuman Tik Nama : Muhammad Qusairi Kelas : 9.1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rangkuman Tik Nama : Muhammad Qusairi Kelas : 9.1."— Transcript presentasi:

1 Rangkuman Tik Nama : Muhammad Qusairi Kelas : 9.1

2 Bab 1 A) Dasar-Dasar Internet a. Pengertian Internet dan Intranet 1. Internet Internet atau Interconnection Network berarti antarjaringan komputer (Network). Jaringan komputer yang paling sering ditemukan adalah LAN (Local Area Network). Internet adalah jaringan komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan Intranet. Internet berasal dari impian J.C.R. Licklider ( ) seoraang psikolog di Massachusetts Institute of Technology. Kemudian Internet di kembangkan dalam suatu penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Anvanced Research Project Agency Network (ARPANet). Tujuannya adalah menghadapi kemungkinan terjadinya serangan nuklir. Internet telah memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol). Web adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel. Dengan web, seseorang bisa mendapatkan infomasi mengenai Pendidikan, iklan dan sebagainya.

3 2. Intranet Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. Intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh Internet seperti e- mail, File Transfer Protocol (FTP), dan lain sebagainya. Jaringan Intranet merupakan jaringan Internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Keuntungan Intranet yaitu : 1) Produktivitas kerja. 2) Pemanfaatan waktu. 3) Komunikasi. 4) Operasi dan managemen. 5) Kerangka perubahan budaya kerja.

4 B. Sejarah Perkembangan Internet Internet merupakan perngembangan dari ARPANet. Diawal penggunaanya, akses Internet hanya terbatas untuk kalangan militer, Departemen Pertahanan, dan Perguruan Tinggi. Protokol TCP/IP diperkenalkan pada 1982, dan disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984.

5 C. Istilah-istilah dalam Internet 1. Web. 2. WWW (world wide web). 3. Alamat IP. 4. Web Site. 5. Browser. 6. Download. 7. Upload HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). 10. Modem (Modulator Demodulator). 11. ISP (Internet Service Provider). 12. Chatting. 13. HTML (Hypertext Mark up Language). 14. Client. 15. Sever.

6 D. Keunggulan dan Kelemahan Internet 1. Keunggulan Internet : a. Jangkauan Internet bersifat umum. b. Akses Internet tidak dibatasi oleh waktu.

7 2. Kelemahan Internet : a. Adanya penyebaran virus komputer melalui Internet. b. banyaknya pengguna yang mengakses Internet dalam waktu besamaan akan memperlambat akses Internet. E. Ukuran Kecepatan Akses Internet Satuan kecepatan akses Internet adalah Kbps (kilobits per second) atau Mbps (megabits per second).1 Kilobits = bits dan 1 Megabits = bits. Faktor yang memepengeruhi akses Internet adalah : 1) Kecepatan komputer pelanggan. 2) Kepadatan lalu lintas Internet sepanjang rute yang dilalui. 3) Besar Bandwith yang disewa ISP ke Backbone Internet. 4) Jumlah pengguna yang mengakses server secara bersamaan. 5) Kemampuan dan kecepatan server dimana pelanggan mengakses.

8 Bab 2 Perangkat Jaringan dan Koneksi Internet A. Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu yang dihubung-hubungkan dengan menggunakan TCP/IP. 1. Jaringan Komputer Lokal (Local Area Network atau LAN) LAN merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung yang berukuran sampai beberapa kilometer. Keuntungan LAN yaitu : a) Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah. b) Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client. c) File data yang keluar atau masuk dari dan ke server dapat dikontrol.

9 2. Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network) Metropolitan Area Network (MAN) merupakanjaringan dengan area lebih luas dari LAN, terdiri dari dua atau leih LAN yang dihubungkan bersama – sama dalam batas-batas tertentu. Keuntungan MAN yaitu : a) Dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. b) Jangkauan lebih luas dari LAN. c) Lebih irit kabel jaringan.

10 3. Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network) WAN adalah jaringan yang mempunyai jangkauan area sangat luas, misalnya antarpulau. Keuntungan WAN yaitu : a. Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang. b. Komunikasi antarkantor dapat menggunakkan e- mail dan chat. c. Pooling dan updating data antar kantor dapat dilakukan setiap hari.

11 4. Interjaringan (Interconnection Network) B. Perangkat Keras Jaringan berdasarkan Jenis Hubungannya 1. Hubungan Dial Up Perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan komputer dan Internet, yaitu : a. Unit Komputer b. Modem (Modulator Demodulator) c. Jaringan telepon

12 2. Hubungan Leased Line Hubungan yang menggantikan fungsi jalur telepon menjadi jalur Internet sehingga Internet dapat diakses selama 24 jam sehari secara permanen tanpa harus melakukan dial up untuk koneksi ke jaringan maupun melakukan disconnect untuk memutuskan hubungan ke Internet. 3. Hubungan Wireless (Tanpa Kabel atau Nirkabel) Hubungan wireless menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan dan menerima data.

13 4. Hubungan VSAT (Very Small Aperture Terminal) Komunikasi data yang dilakukan lewat satelit, perangkat keras yang digunakan dalam hubungan VSAT, yaitu : a. Hub Station, berfungsi mengontrol seluruh operasi jaringan. b. Remote Station, komponen remote station, yaitu : 1 Outdoor unit yang terdiri dari : a) Antena, berfungsi untuk memancarkan dan menerima gelombang. b) RFT, terdiri dari Low Noise Amplifier dan Solid State Power Amplipfier.

14 2. Up/Down converter. 3. Indoor unit, yaitu Modem VSAT. c. Satelit Geostationer Fungsi utama satelit dikerjakan oleh transponder. Transponder memiliki fungsi-fungsi, yaitu : 1) Menerima sinyal yang di uplink oleh VSAT atau Hub. 2) Mentranslasikan frekuensi yang diterima ke frekuensi yang berbeda (Frekuensi Downlink). 3) Penguatan.

15 C. Pengaturan Koneksi Komputer ke Internet Berikut ini adalah langkah-langkah membuat pengaturan koneksi koputer dengan internet melalui dial up connection : 1) Dari tombol start, pilih Control Panel 2) Pilih Network Connection pada jendela Control Panel 3) Pilih Create New Connection 4) Klik Next pada New Connection Wizard 5) Pilih Connect to the internet untuk memilih jenis koneksi jaringan, kemudian klik Next 6) Pilih Set up my connection manually untuk membuat pengaturan koneksi secara manual, kemudian klik Next 7) Pilih Connect using a dial-up moodem untuk memilih jenis koneksi dial up, kemudian klik Next 8) Isi nama koneksi dengan nama yang mudah diingat, kemudian klik Next 9) Isikan nomor telepon yang akan di akses. Kemudian klik Next 10) Isikan User Name, Password, dan Confirm Password untuk membuat akun. Kemudian klik Next 11) Klik Finish untuk mengakhiri pengaturan 12) Untuk meyakinkan bahwa pengaturan telah berhasil, buka kembali jendela Control Page, kemudian pilih Network Conection. Jika ada ikon Dial Up Connection, maka pengaturan telah berhasil

16 Bab 3 Akses Internet A. Perangkat Lunak Untuk Mengakses Internet 1.Internet Explorer Internet Explorer merupakan browser bawaan dari system operasi Windows. *Kelebihan Internet Explorer : 1. Internet Explorer tidak memerlukan memori komputer yang terlalu besar. 2. Jika computer menggunakan system operasi Windows, Internet Explorer sudah secara otomatis terinstal. 3. Internet explorer sudah terintegrasi dengan Microsoft Outlook ataupun Outlook Express sehingga lebih mudah untuk mengirim dan membaca .

17 *Kelemahan Internet Explorer : 1. Ukuran aplikasinya besar, dapat mencapai 80 Mb. 2. Belum terintegrasi dengan berbagai perangkat lunak download manager seperti Internet Download Manager, Flash Got, Free Download Manager, dsb. 3. Fitur-fiturnya masih sedikit jika dibandingkann dengan Mozila Firefox. 4.Kecepatan dalam melakukan browsingmasih lebih lambat jika dibandingkan dengan Mozila Firefox. 5.Hanya dapat digunakan pada computer yang menggunakan operasi Windows. 2. Mozila Firefox Mozila Firefox (aslinya bernama Phoenix) adalah penjelajah web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozila.

18 Kelebihan Mozila Firefox : 1. Ukuran aplikasi yang relative lebih kecil, yaitu 7,3 Mb. 2. Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi. 3. Memiliki fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasikan beberapa tab sekaligus. 4. Fiturnya lebih banyak dari Internet Explorer. 5. Tampilkan browser dapat dikostumisasi menggunakan skin. 6.Tampilan halaman yang lebih luas dan area toolbar lebih ringkas. 7.Kecepatan aksesnya lebih cepat daripada Inernet Explorer.

19 Kelemahan Mozila Firefox : 1. Tidak terintregasi dengan Microsoft Outlook. 2. Memakan banyak memori computer sehingga sering mengganggu proses dari program lain. 3. Harus diinstal terlebih dahulu.

20 B. Mengenal Mesin Pencari Mesin pencari (search engine) merupakan situs tertentu yang dirancang khusus untuk menemukan alamat web site atu artikel berdasarkan kata kunci. Berikut ini beberapa jenis mesin pencari : 1. Mesin Pencari Google 2. Mesin Pencari Altavista 3. Mesin Pencari Excite 4. Mesin Pencari Yahoo 5. Mesin Pencari FinQoo 6. Mesin Pencari Alltheweb 7. Mesin Pencari Scirus Scirus adalah mesin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. Scirus menambahkan sidebar yang menyaring hasil-hasil pencarian untuk akurasi maksimal. Scirus memberikan rekomendasi pencarian disitus lain yang berhubungan dengan kata kunci, dan kemmapuan untuk menyimpan, , atau melakukan export.

21 C. Layanan Internet 1. (Surat Elektronik) Fasilitas adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan. Kelebihan a. Lebih praktis dan efisien. b. Pengiriman pesan melalui dapat dilakukan ke banyak orang sekaligus. c. Tidak memakan banyak waktu / lebih efektif. d. Pengiriman melalui tidak dipengaruhi keadaan cuaca. Selama jaringannya masih baik, pesan akan sampai dengan semestinya. 2. Mailling List Milis adalah group diskusi yang ada di Internet, dimana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. Milis juga merupakan sebuah daftar alamat orang-orang yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

22 3.Chatting (Mengobrol) Chatiing merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual. Dengan perkembangan jaman, kemampuan chatting sudah disertai suara dan melihat wajah rekan yag diajak bercakap-cakap. 4. File Transfer Protocol (FTP) Dengan adanya fasiitas layanan berupa FTP memungkinkan pengguna untuk menyalin file secara elektronik dari satu computer ke computer lainnya didalam Internet.

23 #Bab 4 Menjelajahi Internet A. Cara Memperlancar Browsing : 1. Hindari Jam Sibuk 2. Tambahkan Cache Browser 1. Klik menu Tools 2. Pilih Internet Option 3. Pilih tab General 4. Pada bag.Temporary, klik Settings 5. Dibawah Amount of disk space to use, geser tombol ke arah kanan. 6. Ok

24 5.Telnet Fasilitas Telnet memungkinkan kita untuk mengakses sebuah computer dalam jaringan Internet seperti layaknya kita bekerja pada computer sendiri. Orang yang mengakses harus memiliki alamat IP, user ID, dan password dari computer rekannya. 6. Teleconference (Konferensi Jarak Jauh) Para pengakss Teleconference harus menambahkan sound card dan layanan Multimedia Internet agar dapat melakukan percakapan jarak jauh dengan saing memandang satu sama lain.

25 3. Tidak Menampilkan Animasi dan Multimedia 1. Klik menu Tools 2. Pilih Internet Options 3. Pilih tab Advance 4. Scroll down sampai di bagian Multimedia 5. Hapus tanda ceklis Play animations in web pages 6. Ok 4. Hentikan Proses Download 5. Membuka Jendela Baru 6. Menggunakan Fungsi Klik Kanan a. Open membuka halaman yang ditunjuk oleh link b. Open in New Window membuka halaman yang ditunjuk oleh link pada jendela baru c. Save Target As menyimpan file yang ditunjuk oleh link d. Print Target mencetak halaman web yang ditunjuk oleh link e. Copy Shortcut mengkopi alamt URL dari link yang dimaksud 7. Menyimpan Situs Favorit 8. Offline Browsing Sebuah cara untuk menghemat penggunaan waktu online.

26 #Bab 5 Program Presentasi Ms.Powerpoint 2003 A. Mengenal Ms.Powerpoint 2003 Microsoft PowerPoint 2003 merupakan program aplikasi yang akan membantu penyusun sebuah presentasi yang efektif, menarik, dan professional. Cara Menggunakan Ms.PowerPoint 2003 : 1. Mengaktifkan Ms.PowerPoint Mengenal komponen Jendela Ms.PowerPoint 2003 a. Title bar Judul dokumen b. Menu bar Daftar menu yang masing-masing terdiri dari beberapa perintah c. Standard menu Ikon dan menu untukmenangani file, menyisipkan obyek gambar/grafik d. Formatting menu Ikon dan menu yang berhubungan dengan pengaturan huruf e. Slide sorter view Menampilkan keseluruhan slide dilayar kerja dalam bentuk ukuran kecil f. Slide show Menampilkan tayangan sebuah slide g. Drawing menu Ikon dan menu yang terdiri dari item yag berhubungn dengan pembuatan ataupun pengaturan gambar 3. Menyimpan Hasil Kerja 4. Menutup Ms.PowerPoint 2003

27 B. Cara Menggunakan Fasilitas 1. Membuat Alamat Pribadi 2. Login ke Alamat Pribadi 3. Membuka yang Masuk 4. enulis dan Mengirimkan

28 B. Membuat Slide Presentasi 1. Membuat File Baru a. Klik menu File New b. Tekan Ctrl+N pada keyboard 2. Memasukkan Teks dan Word Art a. Memasukkan Teks”Click to add title” 1.Klik menu Insert 2.Pilih Text box b. Memasukkan Word Art 1. Klik menu Insert 2. Klik Picture3. KLik Word Art 4. Pilih,Ok

29 3. Menambahkan Background & Designe Template a. Menambahkan Background 1.Klik menu Format 2.Pilih Background 3.Apply / Apply all b. Menambahkan Designe Template 1.Klik menu Format 2.Klik Slide designe 3.Pilih Designe Template a. Menambahkan Animasi & Efek Suara 1.Kik menu Slide Show 2.Pilih Custom Animation 3.Klik teks yang akan dibuatkan animasinya

30 4.Pilih bentuk animasi dan efek suara yang diinginkan a. Menyisipkan Gambar,Clip Art,AutoShapes 1.Klik menu Insert 2.Pilih Picture a. Mengatur Transisi Antar slide 1.Aktifkan menu Slide Show 2.Klik Slide Transition a. Menambahkan Tombol Aksi b. Sebuah tombol yang dibuat untuk mengerjakan perintah tertentu sesuai dengan hyperlink yang dibuat. Caranya : 1. Pilih slide yang akan ditempati tombol aksi 2. Klik menu Slide Show,pilih Action Buttons 3. Pilih tombol aksi yang diinginkan, misalkan Home, Movie, Return, dsb. 4. Klik pada slide untuk menampilkan tombol aksi 5. Pastikan bahwa Hyperlink toterpilih 6. Ok a. Menampilkan Presentasi 1. Klik menu Slide Show View Show atau 2. Tekan tombol F5

31 words for you

32 Thanks You Broo.... Love some Forever.....


Download ppt "Rangkuman Tik Nama : Muhammad Qusairi Kelas : 9.1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google