Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KIAT MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN. LANGKAH-LANGKAH DALAM MENULIS SURAT LAMARAN I.Persiapan. II.Menulis dan Mengirim Surat Lamaran. III.Tindak Lanjut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KIAT MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN. LANGKAH-LANGKAH DALAM MENULIS SURAT LAMARAN I.Persiapan. II.Menulis dan Mengirim Surat Lamaran. III.Tindak Lanjut."— Transcript presentasi:

1 KIAT MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN

2 LANGKAH-LANGKAH DALAM MENULIS SURAT LAMARAN I.Persiapan. II.Menulis dan Mengirim Surat Lamaran. III.Tindak Lanjut.

3 I. Persiapan. Seseorang harus melakukan self- analysis terlebih dahulu untuk mengenali dirinya sendiri agar dapat menggambarkan dirinya dengan lebih akurat dan mengirim surat lamaran pada sasaran yang tepat.

4 Persiapan Hal yang dipersiapkan sebelum menulis surat lamaran adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang pekerjaan :  Jenis pekerjaan  Nama pekerjaan  Tingkatan, lowongan yang ada  Perkiraan gaji

5 Persiapan Juga perlu mempelajari perusahaan yang hendak dilamar :  Skalanya,  Status kepemilikan,  Reputasi,  Prospek,  Jenis usaha,  Kelompok usaha, dll..

6 II. MENULIS DAN MENGIRIM SURAT LAMARAN  Menulis surat lamaran dengan dilampirkan resume atau curriculum vitae atau riwayat hidup.  Surat lamaran merupakan pengantar  Curriculum vitae adalah isi utama yang menggambarkan diri seseorang

7 Dasar-Dasar Surat Lamaran 1. PENAMPILAN FISIK Surat pengantar haruslah sama dengan gaya penulisan, tampilan, kop, cetakan dan kualitas kertas curriculum vitae. Surat Lamaran tidak boleh terlihat hanya sebagai tambahan ala kadarnya, melainkan harus merupakan bagian tak terpisahkan dari keseluruhan surat lamaran.

8 2. ISI A. Kepala Surat 1. Kop/kepala surat : terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, atau . Pastikan semuanya mudah dibaca 2. Tanggal : memberikan tanggal penulisan lamaran sebagai indikasi tanggal informasi 3. Nama yang dituju dan jabatannya: sedapat mungkin dapatkan nama orang yang dituju diikuti dengan nama jabatan, nama perusahaan, alamat, kota, dan kode pos.

9 Kepala Surat 4. Kode jabatan atau nomor referensi untuk posisi yang telah diiklankan. Dan untuk yang tidak diiklankan cukup tuliskan nama jabatan. Tuliskan pada bagian perihal. 5. Salam pembuka: gunakan nama yang dituju, misalnya kepada Yth. Bpk/Ibu , atau kepada Yth. Direktur HRD PT……….

10 b. Alenia Pembuka Sebaiknya pada bagian ini berisi ringkasan dari tujuan surat, tuliskan: “Latar belakang saya adalah dalam bidang………..……… kelihatannya sangat cocok dengan posisi …… " Dst…

11 c. Alenia Kedua  Tunjukkan ketrampilan dan karakteristik lainnya yang Anda miliki yang akan memberi nilai tambah bagi pembaca dan perusahaan  Arahkan surat pada kebutuhan, kepedulian, misi, dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan (sejauh yang Anda tahu)  Bagaimana kontribusi Anda kelak akan menguntungkan dan meningkatkan pencapaian tujuan-tujuan perusahaan tersebut. Ini untuk membedakan Anda dari kandidat lainnya yang memiliki ketrampilan yang sama.

12 d. Alenia Penutup Bagian ini adalah satu-satunya tempat dimana Anda mengindikasikan bahwa Anda mengharapkan balasan dari surat lamaran Anda baik melalui telepon maupun surat atau .

13 3. Tanda Tangan & Nama Jelas Pada akhir surat jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dan menuliskan nama lengkap anda.

14 Surat Lamaran Beberapa karakteristik yang seharusnya dari sebuah surat lamaran  Singkat, umumnya tidak lebih dari satu halaman  Menunjukkan alasan mengapa tertarik pada posisi dan perusahaan yang dilamar  Mengindikasikan kapan pelamar dapat diinterview  Menunjukkan area minat tertentu

15 Surat Lamaran Beberapa karakteristik yang seharusnya dari sebuah surat lamaran  Menunjukkan bagaimana pelamar tahu adanya lowongan  Tidak sekedar mengulang apa yang ditulis pada resume/CV/daftar riwayat hidup  Orisinil dan menunjukkan kreativitas pelamar  Sekedar memperkenalkan diri, tidak perlu menceritakan riwayat kehidupan secara mendalam.

16 Beberapa Kiat dalam Menulis Surat Lamaran dan Curriculum Vitae : 1.Gunakan kertas ukuran kwarto atau A4 yang berkualitas baik (HVS 80 gms/Conqueror/Concord) 2.Diketik rapi ukuran huruf standar (font 12), jenis huruf Times New Roman atau Arial cukup disarankan, margin masing-masing sisi satu inchi' 3.Jangan ada kesalahan ketik, jika ada jangan di Tip-Ex, ketik ulang saja

17 Beberapa Kiat dalam Menulis Surat Lamaran dan Curriculum Vitae : 4.Tata bahasa, hindari menggunakan singkatan, gunakan bahasa formal, menyebut diri "saya" bukan "aku" 5.Gunakan format terkini 6.Pastikan sampai pada tujuan (antar langsung/pakai kurir/pos tercatat) 7.Gunakan "trick” untuk "mencuri" perhatian 8.Manfaatkan media komunikasi lain..

18 III. Tindak Lanjut  Hubungi perusahaan melalui telepon, tanyakan surat lamaran Anda  Siapkan berkas-berkas sebagai bukti dari apa yang telah Anda tulis dalam surat lamaran dan resume/CV/daftar riwayat hidup  Persiapkan diri untuk proses selanjutnya (tes/wawancara)  Yang ini mungkin klise tetapi wajlb: BERDOALAH !!!!!!


Download ppt "KIAT MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN. LANGKAH-LANGKAH DALAM MENULIS SURAT LAMARAN I.Persiapan. II.Menulis dan Mengirim Surat Lamaran. III.Tindak Lanjut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google