Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEMENTERIAN KESEHATAN DIJEN PP & PL DIT PPTM. Prioritas Kegiatan Promosi Kesehatan dalam Pengendalian Penyakit Tidak Menular Untuk mencegah terjadinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEMENTERIAN KESEHATAN DIJEN PP & PL DIT PPTM. Prioritas Kegiatan Promosi Kesehatan dalam Pengendalian Penyakit Tidak Menular Untuk mencegah terjadinya."— Transcript presentasi:

1 KEMENTERIAN KESEHATAN DIJEN PP & PL DIT PPTM

2

3 Prioritas Kegiatan Promosi Kesehatan dalam Pengendalian Penyakit Tidak Menular Untuk mencegah terjadinya penyakit tidak menular, dilakukan dengan dua kegiatan pokok yaitu :  Perubahan perilaku buruk yang masih terjadi di masyarakat menjadi perilaku CERDIK dan sehat di jalan  Pengembangan Kebijakan Lokal berwawasan kesehatan

4

5  Peran Pusat  Mengembangkan dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang terkait dengan kegiatan promosi kesehatan secara nasional  Mengkaji metode dan teknik-teknik promosi kesehatan yang efektif untuk pengembangan model promosi kesehatan dalam pengendalian penyakit tidak menular di daerah  Mengkoordinasikan dan mengsinkronisasikan pengelolaan promosi kesehatan di tingkat pusat  Menggalang kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan lain yang terkait  Melaksanakan kampanye kesehatan terkait pengendalian penyakit tidak menular secara nasional  Bimbingan teknis, fasilitasi, monitoring dan evaluasi.

6  Peran Propinsi  Perencanaan dan penganggaran kegiatan (termasuk promosi kesehatan).  Pelatihan teknis.  Bimbingan teknis, monitoring dan evaluasi.  Pemecahan masalah yang dihadapi oleh Kabupaten.  Menyusun strategi pelaksanaan kegiatan (termasuk promosi pengendalian PTM).

7 Peran Kabupaten  Perencanaan dan penganggaran kegiatan APBD, dana pinjaman dan kontribusi masyarakat.  Pembinaan teknis perencanaan pembelajaran partisipatif di sekolah, peningkatan peran guru, orang tua siswa dan komite sekolah, serta peningkatan mobilisasi sumber daya.  Pembinaan teknis fungsi dan peran LKM, Badan Pengelola untuk keterpaduan dan kesinambungan program pengendalian Penyakit Tidak Menular.  Pembinaan teknis monitoring dan evaluasi.  Menyusun strategi pelaksanaan kegiatan termasuk promosi pengendalian penyakit tidak menular.

8 Peran Puskesmas  Pembinaan teknis program promosi kesehatan dalam pengendalian penyakit tidak menular di sekolah dan di masyarakat.  Mengintegrasikan program pengendalian PTM dengan program lain seperti dengan Pengembangan Desa/Kelurahan Siaga Aktif.  Menerapkan promosi kesehatan dalam membentuk perilaku CERDIK di masyarakat dan perilaku sehat di jalan.  Pengembangan media komunikasi berdasar atas kebutuhan masyarakat.

9

10 Tingkat Pusat  Mengembangkan dan memproduksi media untuk petugas kesehatan, organisasi kemasyarakatan, kader dan media massa.  Mengembangkan Modul Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat untuk Pengendalian Faktor Risiko bagi Pengelola Program Pengendalian PTM dan Promosi Kesehatan.  Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengendalian PTM bagi pengelola program Pengendalian PTM dan Promosi Kesehatan di provinsi  Melaksanakan sosialisasi dengan kelompok-kelompok potensial.  Melaksanaan pers briefing dan jumpa pers secara berkesinambungan  Fasilitasi teknis ke kabupaten/kota yang memiliki Faktor Risiko dengan prevalensi di atas nasional berdasarkan data Riskesdas 2007

11 Tingkat Provinsi  Mengembangkan dan memproduksi media untuk petugas kesehatan, organisasi masyarakat, kader dan media massa.  Melaksanakan pertemuan rutin dengan lintas sektor, media massa, serta kelompok-kelompok potensial terkait. Tingkat Kabupaten/Kota  Mendistribusikan media ke Puskesmas  Melaksanakan pelatihan bagi pelaksana program PTM di Puskesmas  Melaksanakan Pelatihan bagi kader Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengendalian PTM  Melaksanakan sosialisasi dengan kelompok-kelompok potensial  Melaksanakan pertemuan rutin dengan lintas Sektor, media massa, dan kelompok potensial terkait

12


Download ppt "KEMENTERIAN KESEHATAN DIJEN PP & PL DIT PPTM. Prioritas Kegiatan Promosi Kesehatan dalam Pengendalian Penyakit Tidak Menular Untuk mencegah terjadinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google