Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DYAH TRI WIDARTI, 3352405528 Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DYAH TRI WIDARTI, 3352405528 Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan."— Transcript presentasi:

1 DYAH TRI WIDARTI, Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DYAH TRI WIDARTI - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Pemasaran) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - poedeal pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Palupiningdyah, M.Si. - PEMBIMBING 2 : Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen)

4 Abstrak Kinerja pemasaran dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah orientasi pasar dan inovasi produk. Keduanya mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk pada sentra industri pembuatan tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen baik secara simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran baik secara simultan maupun parsial. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi sekaligus sampel adalah pengusaha tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen yang berjumlah 38 orang dengan teknik pengambilan sampling dilakukan secara sensus atau total sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari: variabel bebas yaitu orientasi pasar (X1) dan inovasi produk (X2) serta variabel terikat yaitu kinerja pemasaran (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi dan regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 5, ,389 X1 + 1,120 X2 untuk variabel orientasi pasar (X1) diperoleh nilai t hitung dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga H1 yang menyatakan orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran diterima. Variabel inovasi produk (X2) diperoleh t hitung dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga H2 yang menyatakan inovasi produk berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran diterima. Secara simultan menunjukkan Fhitung = dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, sehingga H3 yang menyatakan ada pengaruh positif orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan variabel orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri pembuatan tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pengusaha tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen hendaknya senantiasa memperhatikan dan meningkatkan orientasi pasar dan inovasi produk agar kinerja pemasaran pada sentra industri pembuatan tahu Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen dapat meningkat.

5 Kata Kunci Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran

6 Referensi Arifin, Zainal “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Chia Chang, Shih “A Conceptual Framework of The Capabilities of Knowledge Application and Innovation Capabilities ”. Journal Of Marketing P : 1-15 Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BPFE Undip Hatani, La “Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran di Kabupaten Muna”. Jurnal Manajemen Unhalu. Hal : 1-9. Indriantoro dan Supomo Metodologi Penelitian Bisnis, untuk akuntansi dan manajemen. Yogjakarta : BPFE. J. Supranto Teknik Sampling Untuk Survey dan Eksperimen. Jakarta : Rineka Cipta Mas’ud, Fuad Survai Diagnosis Organisasional Konsep & Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Paul N, Bloom dan Louise N, Boone Strategi Pemasaran Produk: 18 Langkah Membangun jaring Pemasaran Produk Yang Kokoh. Jakarta: Prestasi Pustakarya. Reid, Mike C. and Brady, Erica “Relationship Between Market Orientation, Management and Execution of NPD and NPD Program Performance”. Journal Of Marketing P : Sugiyono Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta Sukarno, Gendut “Peran Mass Customization dan Basic Market Orientation dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran”. Jurnal National Conference UKWMS. Hal : Swastha, Basu dan T. Hani Handoko Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Jakarta : Salemba Empat. Tjiptono, Fandy Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi Offset Triton PB Marketing Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar dan Daya Saing. Yogyakarta : Tugu Publisher Usmara, Usi Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta : Amara Books Wahyono “Orientasi Pasar dan Inovasi : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara)”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol. I No. 1 Hal : Yuliana, Eka “Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran pada Industri Kecil Monel di Kabupaten Jepara Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening ”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang

7 Terima Kasih


Download ppt "DYAH TRI WIDARTI, 3352405528 Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google