Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mempelajari sejarah internet, perkembangan internet dan layanan Internet Internet dan Dasar web Modul - 1 :

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mempelajari sejarah internet, perkembangan internet dan layanan Internet Internet dan Dasar web Modul - 1 :"— Transcript presentasi:

1

2 Mempelajari sejarah internet, perkembangan internet dan layanan Internet Internet dan Dasar web Modul - 1 :

3 Dalam modul ini akan dipelajari: 1. Pengertian 2. Sejarah internet 3. Web site 4. Web server/Web browser 5. Aplikasi Internet

4 1. Pengertian internet Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

5 2. Sejarah internet 1969 Dept Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) komputer yang berhasil dihubungkan sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program untuk ARPANET diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada".

6 sejarah internet … ARPANET mulai dikembangkan ke luar AS. Komputer University College (London) - komputer pertama di luar AS menjadi anggota jaringan Arpanet 1976 Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan gagasan yang menjadi cikal bakal pemikiran internet di Universitas Sussex Ratu Inggris berhasil mengirimkan dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET 1977

7 sejarah internet … Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET 1981 France Telecom meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer 1000 lebih 1987 jumlah komputer 10 kali lipat ( lebih )

8 sejarah internet … Jarko Oikarinen dari Finland menemukan IRC atau Internet Relay Chat 1990 Thn paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan editor dan browser yang bisa menjelajah jaringan. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. komputer yang tersambung sejuta lebih, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet situs internet tumbuh jadi 3000 alamat, muncul virtual- shopping atau e-retail pertama di internet Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

9 3. Manfaat internet Manfaat akses ke internet sebagai sarana informasi 1 informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2 Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi. Keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

10 4. Wib Site /Situs Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.

11 ilustrasi Situs (panah adalah link) Index.html Profil.html Text.html Foto.gif Visimisi.html Text2.html Struktur.html Text3.html Foto2.gif Program.html Diplom.html Sarjn.html PascaSarjn.h tml Postdoc.html

12 Unsur-unsur Web site a) Domain Name b) Hosting c) Script/Bahasa program d) Desain web e) Publikasi

13 a) Domain Name Alamat internet dari web (disebut juga URL) URL. Contoh sebuah URL adalah dapat juga tanpa www— 1. Generic Domains(gTLDs) (top level domain) tak tergantung negara Ø.com Ø.edu Ø.gov Ø.mil Ø.org Untuk kebutuhan “commercial” untuk kebutuhan pendidikan (education) untuk pemerintahan (government) untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military) untuk organisasi non profit (Organization).

14 2. Country-Specific Domains (ccTLDs ) Sering disebut sebagai second level id.id (Indonesia),.au (Australia),.jp (Jepang) dll Ø.co.id Ø.ac.id Ø.go.id Ø.mil.id Ø.or.id Ø.war.net.id Ø.sch.id = badan usaha sah = pemerintah RI = pendidikan = organisasi = militer = warnet = sekolah SD,SMP,SMA

15 b). Hosting ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs Hosting juga diperoleh dengan menyewa Komputer untuk menyewa data-data situs tersebut dinamakan sebagai WEB-SERVER.

16 c. Script/bahasa program Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak scripts digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTM ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets, VBScript Server side Script : ASP,PHP,JSP Browser side Script : JavaScript, SVScript dan Applet

17 Cara kerja script PHP (Server-side script) SERVER SIDE WEB BROWSER WEB SERVER

18 5. Aplikasi Internet 1. WWW : sistem dimana informasi berbagai bentuk (teks,image,suara) di sharing dengan format HTML dan protokol komunikasi HTTP 2. Electronic-mail ( ) : APlikasi yang memungkinkan para pengguna internet dapat bertukar pesn (teks atau bentuk lain) 3. File Transfer: Aplikasi yang memungkinkan pengguna internet mengirim file (UPLOAD) atau meganbil fali (DOWNLOAD). Perankat lunaknya misal CuteFTP, WS_FTP 4. Remote Login : Protokol atau program yang memungkinkan seorang pngguna mengakses (login) kes sebuah terminal (remote host). Perangkat lunaknya misalnya telnet 5. IRC (Internet Relay Chat) : Bentuk komunikasi di intrenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan. Perangkat lunaknya misalnya mIRC

19 Rangkuman Internet bermula dari sebuah jaringan komputer lokal di AS (ARPANET) Perkembangan mulai mendunia ketika jaringan dapat keluar antar benua Detemukannya teknik millist (USENET) dan browser (Netscape) memicu perkembangan www Internet menjadi sarana informasi paling unggul dengan ditemukannya mesin-mesin pencari seperti Yahoo dan Google Problem yang muncul setelah pengalamatan adalah sisi desain dengan programming Dibedakan script programming server-side (ASP,PHP,JSP) dan client-side (JavaScript, VBScript) dengan keunggulannya masing-masing

20 Latihan 1. Kapan dan dari manakah jaringan internet berasal? 2. Siapakah penemu WWW dan apa bedanya internet dengan konsep WWW? 3. Kenapa internet berkembang pesat setelah ditemukannya konsep WWW? 4. Apa peran Borwser dan Server dalam WWW? 5. Apa perbedaan bahasa script dalam merancang halaman web, yang bersifat server-side dan client- side?


Download ppt "Mempelajari sejarah internet, perkembangan internet dan layanan Internet Internet dan Dasar web Modul - 1 :"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google