Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN INTERNET 1.Hari Gunawan (11005026) 2.Ahmad Quddaam Sunusi (11005039) 3.Try Wahyu Nur Fauzi (11005041) 4.Stephanie Sophian (11005045) 5.Tessa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN INTERNET 1.Hari Gunawan (11005026) 2.Ahmad Quddaam Sunusi (11005039) 3.Try Wahyu Nur Fauzi (11005041) 4.Stephanie Sophian (11005045) 5.Tessa."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN INTERNET 1.Hari Gunawan ( ) 2.Ahmad Quddaam Sunusi ( ) 3.Try Wahyu Nur Fauzi ( ) 4.Stephanie Sophian ( ) 5.Tessa Desty Caroline ( )

2 Pengertian Internet •Apakah Pengertian Internet itu? Internet sendiri berasal dari kata interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

3 •Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. •Pada awalnya internet adalah suatu jarangan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer berbabis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

4 Sejarah Internet • Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.

5 •Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. •Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun emudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk ebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

6 •Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi lebih.

7 Manfaat internet Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

8 Kelebihan dan Kelemahan Internet 1.Kelebihannya: •Akses 2.4 jam. Akses informasi di Internet tidak dibatasi waktu, karena dengan lingkup global, dunia maya yang dihadirkan ‘tidak pernah tidur’..Responden penelitian yang dilakukan lewat Internet bisa memberikan respon atau jawaban sesuai dengan kondisi dan situasi yang dikehendaki masing- masing individu. •Kecepatan. Bila dibandingkan dengan sumber data tradisional, riset melalui Internet jauh lebih cepat, karena bersifat real-time.Kita tinggal mengkilk berbagal icon, selanjutnya tinggal menunggu hasil (tentunya tergantung pada fasilitas modem dan ISP atau Internet Service Provicer yang dipergunakan) lebih cepat dan lebih murah. •Kenyamanan. Peneliti lewat Internet tidak harus menghadapi berbagai persoalan birokratis, seperti ijin dari berbagai instansi untuk keperluan peilgumpulan data, ‘kerahasiaan’ informasi, dan keharusan untuk datang sendirl keinstansi bersangkutan. Selain itu, berbagai fitur (features) yang dirancang khusus dan user-ftiendly sangat memudahkan peneliti mengakses berbagal situs Internet.

9 •Kemudahan akses. Menjamurnya bisnis warnet (warung Internet) di Indonesia (khususnya di kota-kota besar) membuat akses terhadap Internet menjadi lebih mudah.Persaingan antarwarnet dalam hal harga, kecepatan akses, dan fasilitas pendukung lainnya membuat para pengguna Internet lebih nyaman dan mudah memanfaatkan Internet untuk keperluan riset maupun tujuan lainnya. •Biaya relatif. Tinggal men-download atau mencetak file/naskah tertentu sesuai kebutuhannya. •Interaktivitas dan fleksibilitas. Topik dan hasil riset bisa didiskusikan melalui sarana mailing list atau chatting tertentu.Selain itu, peneliti juga bisa mengikuti perkembangan terbaru atau meminta komentar dan penilaian dari berbagai pihak mengenai hasil penelitiannya. •Selektivitas dan anonimitas. Salah satu persoalan dalam riset lewat Internet adalah sulitnya mengidentifikasi identitas responden.Setiap orang, termasuk yang bukan target respon, bisa mengisi kuesioner secara on-line tanpa bisa dicegah atau dibatasi.Belum lagi -adanya kenyataan bahwa setiap orang bisa memiliki sejumlah alamat berbeda dan belum tentu menggunakan identitas asli. Semua ini membuat riset secara on-line harus benar-benar selektif dalam menentukan sampling dan cara responden memberikan jawaban.

10 •Kelemahannya: •Kelemahan / Dampak Negatif InternetPenggunaan internet saat ini sudah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan.Internet sangat bermanfaat bagi semua kalangan karena memberikan informasi yang up to date setiap saat.Disamping internet mempunyai banyak manfaat, internet juga memiliki dampak negatif apabila tidak digunakan secara baik. •Dampak negatif penggunaan internet seiring perkembangannya antara lain: 1.Adanya ancaman virus 2.Carding atau pencurian nomor kartu kredit 3.Adanya aktivitas cracking 4.Pembajakan karya intelektual 5.Penyebaran situs-situs yang tidak sesuai dengan moral (pornografi) 6.Untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan internet, maka perlu adanya pengawasan khusus dan aturan yang jelas tentang pemakaian internet terutama dikalangan pendidikan.


Download ppt "PENGENALAN INTERNET 1.Hari Gunawan (11005026) 2.Ahmad Quddaam Sunusi (11005039) 3.Try Wahyu Nur Fauzi (11005041) 4.Stephanie Sophian (11005045) 5.Tessa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google