Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menu file ini dapat digunakan untuk melakukan hal-hal berikut : 1. Membuat lembar kerja baru 2. Membuka dokumen 3. Menyimpan dokumen dengan nama lain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menu file ini dapat digunakan untuk melakukan hal-hal berikut : 1. Membuat lembar kerja baru 2. Membuka dokumen 3. Menyimpan dokumen dengan nama lain."— Transcript presentasi:

1

2 Menu file ini dapat digunakan untuk melakukan hal-hal berikut : 1. Membuat lembar kerja baru 2. Membuka dokumen 3. Menyimpan dokumen dengan nama lain 4. Mentransfer/mengirim gambar menggunakan scenner Isi menu file meliputi : New, Open, Browser, Open As, Open As Smart Object, Open Recent, Device Central, Close, Close All, Close and Go To Bridge, Save, Save As, Check In, Save For Web & Devices, Revert, Place, Import, Export, Automate, Scripts, File Info, Page Setup, Print, Print One Copy, dan Exit

3  Menu Edit dapat digunakan untuk menyalin atau menggandakan object, menghapus object, hingga memutar object  Menu edit membuat sub menu Redo Paste, Step Forward, Step Backward, Fade, Cut, Copy, Copy Merged, Paste, Paste Info, Clear, Check Spelling, Find and Replace Text, Fill, Stroke, Free Transform, Transform, Auto-Align Layers, Auto-Blend Layers, Define Brush Preset, Define Pattern, Define Custom Shape, Purge, Adobe PDF Presets, Preset Manager, Color Setting, Assign Profile, Convert to Profile, Keyboard Shortcuts, Menus dan Preference.

4  Menu image dapat digunakan untuk mengatur format gambar, mengatur ukuran gambar, hingga memutar kanvas (bidang gambar).  Menu layer digunakan untuk memberi efek misalnya efek bayangan, efek ketebalan, hingga efek “nyala” pada suatu objek. Sub menu layer syle digunakan untuk membuat efek-efek tertentu pada layer. Sebagai contoh, efek DropShadows digunakan agar objek pada suatu layer memiliki bayangan. Efek Bevel and Emboss digunakan agar suatu objek pada layer terlihat memiliki ketebalan.

5  Menu Select diugunakan menyeleksi atau memilih objek dan layer. Selain itu, menu ini digunakan untuk membatasi wilayah objek yang diseleksi.  Salah satu submenu dari menu filter yang sering digunakan blur. Sub menu blur digunakan untuk memberikan efek kabur pada suatu objek. Efek kabur membuat tampilan objek menjadi lebih halus.  Salah satu manfaat menu view adalah memperbesar dan memperkecil tampilan objek.  Menu windows memuat aneka peralatan Adobe Photoshop. Dengan memilih sub menu tertentu, peralatan-peralatan tersebut dapat diaktifkan atau tidak diaktifkan.

6 1. Selection Tools selection tools digunakan untuk memilih atau menyeleksi objek. Selection tools terdiri atas tiga kelompok alat yaitu Move, Rectangular Marquee dan Lasso.  move tools digunakan untuk memindahkan objek, memindahkan seleksi dan memindahkan layer yang sedang aktif.  Rectanguler marquee tool digunakan untuk membuat bidang / area seleksi berbentuk segi 4.  Lasso Tools digunakan untuk membuat seleksi dengan bentuk bebas. Dengan lasso tools kita dapat membuat area seleksi mengikuti bentuk tertentuyang kita inginkan.  Quick Selection Tools digunakan untuk menyeleksi bagian-bagian objek dengan cepat.

7 2. Crop dan Slice Tool  Crop Tool digunakan untuk memotong dengan menyisakan bidang gambar.  Slice digunakan untuk membuat frame atau kotak pengatur letak objek. 3. Retouching Tools  Spot Healing Brush digunakan untuk memperbaiki tampilan suatu objek.  Clone Stamp digunakan untuk menyalin suatu bagian dan menempelkan bagian tersebut pada bagian yang anda inginkan.  Eraser digunakan untuk menghapus bagian gambar pada layer yang aktif.  Blur Tool digunakan untuk mengaburkan tampilan objek.  Dodge Tool digunakan untuk menutup objek menggunakan warna putih, sedangkan burn tool digunakan untuk memberikan efek hangus pada suatu objek.

8 4. Painting Tools  Brush Tools digunakan untuk mewarnai bidang, membuat garis, maupun karakter lainnya.  Art History Brush Tool digunakan untuk mengubah tanpilan suatu objek menjadi gambar kabur.  Gradient tool digunakan untuk mengisi bidang menggunakan warna gradiasi. Sedangkan paint bucket tool digunakan untuk mengisi bidang dengan warna maupun tekstur yang disediakan adobe photoshop.

9 5. Drawing and Type Tools Drawing and Type Tools digunakan untuk membuat gambar serta tulisan. Alat ini digolongkan menjadi beberapa kelompok  Pen tool digunakan untuk membuat kurva,  Horizontal type digunakan untuk mengetikkan teks secara horizontal.  Path selection digunakan untuk memilih kurva.  Rentangle digunakan untuk membuat aneka bangun datar

10 6. Annotation, Measuring, and Navigator Tools Berisi kelompok :  Eyedropper Tool digunakan untuk mengambil contoh warna dari suatu objek.  Hand tool digunakan untuk menggeser tampilan ke area tertentu dari kanvas  Zoom tool digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan objek dalam kanvas.

11 Langkah-langkahnya : 1. Klik menu file, lanjutkan proses dengan melakukan klik sub menu New. 2. Tampil kotak dialog New, kotak dialog ini digunakan untuk mengatur halaman dokumen. 3. Setelah mengatur dokumen, lakukan klik pada tombol OK. 4. Jika ingin menggunakan jendela penuh, klik pada tombol maximize. 5. Dokumen yang baru saja anda buka dapat anda simpan. Caranya klik menu file kemudian pilihlah save as. Berikan nama file dan pilih psd sebagai ekstensi file, kemudian lakukan klik pada tombol save.

12 Menu dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah membuka dan mengolah file. Saat mengolah file kita dapat mengatur ukuran gambar, ukuran kanvas, hingga gelap terangnya gambar. 1. Membuka File 2. Mengatur ukuran gambar dan kanvas 3. Mengatur resolusi gambar 4. Mengatur gelap-terang gambar 5. Mengatur mode gambar


Download ppt "Menu file ini dapat digunakan untuk melakukan hal-hal berikut : 1. Membuat lembar kerja baru 2. Membuka dokumen 3. Menyimpan dokumen dengan nama lain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google