Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 ANALISIS KORELASI DAN REGRESI LINIER PENGERTIAN KORELASI Apakah ada hubungan antara Biaya Promosi dengan Nilai Penjualan? Apakah ada hubungan antara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 ANALISIS KORELASI DAN REGRESI LINIER PENGERTIAN KORELASI Apakah ada hubungan antara Biaya Promosi dengan Nilai Penjualan? Apakah ada hubungan antara."— Transcript presentasi:

1 1 ANALISIS KORELASI DAN REGRESI LINIER PENGERTIAN KORELASI Apakah ada hubungan antara Biaya Promosi dengan Nilai Penjualan? Apakah ada hubungan antara Harga (P) Indomie dengan jumlah barang yang diminta(Qd)?

2 2 Bagaimana hubungan antara Biaya Promosi dengan Nilai Penjualan ? Nilai penjualan (Y) Biaya promosi (X) Hubungan antara X dan Y Bersifat searah (korelasi positif)

3 3 Bagaimana hubungan antara Harga (P) Indomie dengan jumlah barang yang diminta(Qd)? Qd= Jumlah Indomie P = harga Indomi Hubungan antara P dan Q Bersifat tidak searah (korelasi negatif)

4 4 Rumus koefisien korelasi dinyatakan sebagai berikut:

5 5 Di mana: r: Nilai koefisien korelasi  X: Jumlah pengamatan variabel X  Y: Jumlah pengamatan variabel Y  XY: Jumlah hasil perkalian variabel X dan Y (  X 2 ): Jumlah kuadrat dari pengamatan variabel X (  X) 2 : Jumlah kuadrat dari jumlah pengamatan variabel X (  Y 2 ): Jumlah kuadrat dari pengamatan variabel Y (  Y) 2 : Jumlah kuadrat dari jumlah pengamatan variabel Y n: Jumlah pasangan pengamatan Y dan X

6 6

7 7 Contoh. Hubungan biaya promosi (X) dengan penjualan (Y). Tahu n YX XY X 2 Y 2  Y=..  X=..

8 8

9 9 PENGERTIAN KOEFISIEN DETERMINASI Koefisien determinasi (r 2 ) x 100 % Bagian dari keragaman total variabel tak bebas Y (variabel yang dipengaruhi atau dependent) yang dapat diterangkan atau diperhitungkan oleh keragaman variabel bebas X (variabel yang mempengaruhi atau independent).

10 10 RUMUS UNTUK UJI KORELASI atau

11 11 Ujilah apakah (a) nilai r =..... pada taraf nyata 5%? 1. Perumusan hipotesa: Hipotesa yang diuji adalah koefisien korelasi sama dengan nol. Korelasi dalam populasi dilambangkan dengan “  ” sedang pada sampel “r”. H0 : r = 0 H1 : r  0

12 12 2. Taraf nyata 5% untuk uji dua arah (  /2=0,05/2=0,025) dengan derajat bebas (df) = n-k = = 2. Nilai taraf nyata  /2= 0,025 dan df =4 adalah = …... Ingat bahwa n adalah jumlah data pengamatan yaitu = 4, sedangkan k adalah jumlah variabel yaitu Y dan X, jadi k=2.

13 13 3. Menentukan nilai uji t

14 14 Menentukan daerah keputusan dengan nilai kritis …… Daerah terima Ho

15 15 5. Menentukan keputusan. Nilai t-hitung berada di daerah menolak H0, yang berarti bahwa H0 di tolak dan menerima H1. Ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi pada populasi tidak sama dengan nol, dan ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan nyata antara Biaya promosi dengan penjualan

16 16 RUMUS PERSAMAAN REGRESI Persamaan regresi : Suatu persamaan matematika yang mendefinisikan hubungan antara dua variabel. Y = a + bX Dimana

17 17

18 18 Contoh. Carilah persamaan regresi dari biaya promosi (X) dengan penjualan (Y). TahunYX XY X 2  Y=..  X=..

19 19

20 20 Sehingga persamaan regresinya adalah sbb: Y = a + bX

21 21 Di mana Y adalah nilai sebenarnya, adalah nilai regresi e adalah error atau kesalahan


Download ppt "1 ANALISIS KORELASI DAN REGRESI LINIER PENGERTIAN KORELASI Apakah ada hubungan antara Biaya Promosi dengan Nilai Penjualan? Apakah ada hubungan antara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google