Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUHAMMAD DWI FAKHRUDIN, 4201405541 Metode Make A Match untuk Mencegah Penurunan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa SMA dalam Kegiatan Pembelajaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUHAMMAD DWI FAKHRUDIN, 4201405541 Metode Make A Match untuk Mencegah Penurunan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa SMA dalam Kegiatan Pembelajaran."— Transcript presentasi:

1 MUHAMMAD DWI FAKHRUDIN, Metode Make A Match untuk Mencegah Penurunan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa SMA dalam Kegiatan Pembelajaran Fisika

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : MUHAMMAD DWI FAKHRUDIN - NIM : PRODI : Pendidikan Fisika - JURUSAN : Fisika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - dien_fakhrudin pada domain yahoo.id - PEMBIMBING 1 : Dr. Hartono, M.Pd - PEMBIMBING 2 : Dra. Langlang Handayani, M.App.Sc. - TGL UJIAN :

3 Judul Metode Make A Match untuk Mencegah Penurunan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa SMA dalam Kegiatan Pembelajaran Fisika

4 Abstrak Motivasi dan konsentrasi belajar peserta didik cenderung fluktuatif, sehingga performance dan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru menjadi sangat penting. Jika motivasi dan konsentrasi peserta didik menurun, proses pembelajaran yang dilakukan ditakutkan tidak akan maksimal dan memungkinkan terjadinya miskonsepsi. Hasil observasi menyatakan bahwa penurunan motivasi dan konsentrasi belajar siswa hampir pasti terjadi di setiap proses kegiatan pembelajaran, karena pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Pendekatan yang menempatkan siswa sebagai penerima informasi dapat meminimalkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Perubahan pendekatan dan pola pembelajaran yang kurang lazim bagi peserta didik ternyata mempengaruhi aktivitas pembelajaran dan mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Oleh karena itu, metode make a match dapat menjadi salah satu alternatif metode dalam kegiatan pembelajaran, untuk mencegah penurunan motivasi dan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode make a match pada kegiatan pembelajaran fisika dalam mencegah penurunan motivasi dan konsentrasi belajar siswa, serta pengaruh terhadap peningkatan penguasaan materi oleh siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2008/2009, dengan desain penelitian true experimental design yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan dua kelas tersebut dilakukan secara acak, sehingga diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Faktor yang diteliti adalah motivasi dan konsentrasi belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan penelitian, serta hasil belajar siswa yang mencakup penguasaan materi pokok bahasan yang diajarkan. Hasil penelitian yang dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata perubahan kondisi motivasi, konsentrasi belajar dan penguasaan materi siswa sebelum dan sesudah tindakan penelitian pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata lebih baik daripada kelas kontrol. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode make a match dapat mencegah penurunan motivasi dan konsentrasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran fisika, serta dapat meningkatkan kemampuan penguasaan materi pokok bahasan.

5 Kata Kunci Metode Make A Match.

6 Referensi Alonso, Marcelo, Finn, Edward J Dasar-dasar Fisika Universitas Edisi Kedua Jilid I Mekanika dan Termodinamika. Jakarta: Penerbit Erlangga. Anwar, Syaiful Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Arifin, Zaenal Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Darsono, Max Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press (Departemen Pendidikan Nasional. Model-model pembelajaran yang efektif. online at sekolah/ktspsmk/ 14.ppt) Djamarah, Syamsul Bahri Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Jakarta: Rineka Cipta. Ekowati Kontibusi Intelegensi dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. Samarinda. Hartono Kendala dan Alternatif Solusi Dalam Mewujudkan Pembelajaran Fisika Berorientasi Kepada Kemampuan Berfikir. Makalah disampaikan pada Seminar Pendidikan Fisika Pekan Ilmiah Fisika Purwanto, M. Ngalim. _____. Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. ________ Ramadhan, Tarmizi, Pembelajaran Kooperatif Make a Match. Online at Sanjaya, Wina Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Sardiman, A.M Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Sudjana Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production. Sudjana Metoda Statistika. Bandung: Transito. Sudijono, Anas Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Supriono Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Peta Konsep untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif volume 3 nomor 2, Tri Anni, Chatarina Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKDK Unnes Tripp, Lucretia Octavia, dan Eick, Charles Joseph Match-Making to Enhance the Mentoring Relationship in Student Teaching: Learning from a Simple Personality Instrument. Electronic Journal of Science Education, Volume 12 Nomor 2, Ubaidillah, AN Purifikasi Konsentrasi. Online at W. Gulo Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo Young, Hugh D., dan Freedman, Roger A Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga. Yurnetti Pembelajaran Kooperatif Sebagai Model Alternatif dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Fisika Himpunan Fisika Indonesia, Volume B5 Nomor 0561, 2002.

7 Terima Kasih


Download ppt "MUHAMMAD DWI FAKHRUDIN, 4201405541 Metode Make A Match untuk Mencegah Penurunan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa SMA dalam Kegiatan Pembelajaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google