Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

100310 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret 2010 1 A Powerpoint Presentation by Ernst Katoppo Bagian ke-3.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "100310 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret 2010 1 A Powerpoint Presentation by Ernst Katoppo Bagian ke-3."— Transcript presentasi:

1 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret A Powerpoint Presentation by Ernst Katoppo Bagian ke-3

2 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret

3 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret Apakah itu Periklanan? Apakah itu Iklan?

4 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret Jawaban Anda: Iklan: -Sebagai pemberitahuan -Cara memperkenalkan Produk -Kreatifitas yang dikembangkan -Tayangan yang berupa ajakan -Media yg digunakan seseorang u/memasarkan suatu Produk -Media untuk promosi Periklanan: -Memberitahukan kpd. masyarakat apa yg kita harapkan -Mempengruhi pada masyarakat agar tertarik apa yg kita tayangkan -Ilmu untuk mempelajari strategi pemasaran

5 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret Apakah itu Promosi?

6 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret DASAR-DASAR PROMOSI Pengertian Promosi: Koordinasi seluruh inisiatif upaya penjualan, melalui tatanan saluran informasi dan persuasi dalam penawaran barang, jasa ataupun penyebar-luasan ide.

7 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret PROMOTION MIX Advertising Sales Promotion Publicity & Public Relations Personal Selling Direct Marketing Internet Marketing

8 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret ADVERTISING Bentuk komunikasi non-personal, yang melakukan penyebaran pesan informasi dan persuasi melalui media massa kepada kelompok sasaran tertentu mengenai suatu organisasi, barang, jasa maupun ide dengan pencantuman sponsor yang jelas.

9 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret SALES PROMOTION Kegiatan pemasaran yang mengupayakan nilai tambah terhadap suatu produk, atau perolehan insentif bagi tenaga sales, distributor atau konsumen, yang secara segera dapat merangsang terciptanya penjualan.

10 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret PUBLICITY Bentuk komunikasi yang bertujuan mempromosikan organisasi, barang, jasa ataupun ide yang mengandalkan pembentukan nilai berita, dalam upaya membangun citra positif melalui kegiatan atau peristiwa yang memperoleh liputan media massa.

11 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret PUBLIC RELATIONS Suatu fungsi manajemen yang melakukan evaluasi sikap masyarakat, mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dan/atau perorangan yang dikaitkan dengan keinginan masyarakat, serta melaksanakan program yang sistematis untuk mencapai pemahaman dan penerimaan masyarakat dalam upaya memperoleh citra positif.

12 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret PERSONAL SELLING Bentuk komunikasi personal, di mana seorang penjual berusaha mempersuasi dan meyakinkan pembeli, agar membeli barang, menggunakan jasa ataupun memancing response tertentu sesuai dengan usulan ide yang dikomunikasikan.

13 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret DIRECT MARKETING Suatu upaya terorganisasi yang mengkomunikasikan barang, jasa maupun ide secara langsung kepada kelompok sasaran melalui saluran tertentu, untuk menstimulasi terciptanya respons dan transaksi.

14 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret INTERNET MARKETING Bentuk komunikasi interaktif melalui jaringan Internet yang memungkinkan komunikasi dua arah, untuk berpartisipasi dan memodifikasi bentuk serta isi informasi pada waktu yang sama, dalam upaya pemasaran suatu barang, jasa atau ide.

15 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret ORIENTASI PROMOSI Consumer Promotion: Program promosi yang ditujukan pada konsumen. Business to Business Promotion: Program promosi yang ditujukan pada kelompok bisnis atau perusahaan.

16 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret CONSUMER PROMOTION Produsen DisitributorTrade Promotion PengecerConsumer Promotion Konsumen

17 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret BUSINESS TO BUSINESS PROMOTION Pengertian: Sasaran program promosi adalah kelompok bisnis atau perusahaan yang memproses lebih lanjut produk atau jasa yang ditawarkan sebagai fasilitas operasional perusahaan.

18 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret KARAKTERISTIK ‘B-to-B PROMOTION’ Pengambil Keputusan: -‘Buying center committee’. Pola Komunikasi: - Penekanan pada penjualan. - Pendekatan rasional dan melalui dukungan ‘sales staff’.

19 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret KARAKTERISTIK ‘B-to-B PROMOTION’ Keputusan Pembelian: - Waktu yang relatif lama. - Keputusan kolektif. Keterlibatan Pembeli: - Resiko tinggi untuk seluruh organisasi. Penggunaan Elemen Komunikasi: - Pemahaman sasaran secara demografis, geografis dan psikografis

20 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret KARAKTERISTIK ‘B-to-B PROMOTION’ Alokasi Dana: Terpusat pada organisasi penjualan. Pengukuran Evaluasi: Keberhasilan penjualan. Isi Pesan: Informatif, logis, rasional, teknis dan faktual.

21 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret KARAKTERISTIK ‘B-to-B PROMOTION’ Penggunaan Media: Ditekankan pada media spesifik, seperti jurnal, penerbitan khusus, brosur maupun internet. Kecenderungan: Penggunaan radio, televisi dan media umumnya untuk informasi dan ‘image’.

22 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret PENENTUAN TUJUAN Tujuan dalam ‘B-to-B promotion’ difokuskan pada tahapan proses penjualan: Awareness Comprehension Preference Trial Satisfaction

23 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret PENGEMBANGAN PROGRAM B-to-B Fokus pada ‘hard selling’: Personal Selling, Direct Marketing, dan Sales Promotion. Program dukungan: Advertising, Public Relations, dan Internet Marketing.

24 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret gimana kalo kita break dulu yok…

25 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret


Download ppt "100310 Dasar-dasar Periklanan 10 Maret 2010 1 A Powerpoint Presentation by Ernst Katoppo Bagian ke-3."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google