Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kompetensi Dasar 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi 4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kompetensi Dasar 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi 4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi."— Transcript presentasi:

1 Kompetensi Dasar 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi 4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi

2  Peserta didik dapat menunjukkan rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempelajari laporan hasil observasi.  Peserta didik memiliki dan menunjukkan sikap bertanggung jawab, jujur, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyusun laporan hasil observasi mengenai alam semesta.  Peserta didik mendiskusikan contoh laporan hasil observasi dan menentukan struktur teks laporan hasil observasi dengan menghargai, santun, dan cermat.  Peserta didik menjelaskan struktur teks laporan observasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan bertanggung jawab.

3  Puisi Burung-burung Enggan Bernyanyi Lagi

4 1. Amatilah benda-benda yang ada di sekitar kalian, baik benda mati maupun benda hidup. Apakah benda mati dan benda hidup saling bergantung? 2. Cobalah membuat pengelompokan benda- benda itu dan diskusikan dasar pengelompokan yang kalian gunakan! 3. Carilah kata yang sama dengan mengelompokkan! 4. Binatang termasuk kelompok apa? 5. Manusia termasuk kelompok apa? 6. Ada anggapan bahwa manusia adalah binatang yang dapat berpikir. Apakah maksud ungkapan tersebut? Mengapa demikian?

5 Membedah Struktur Teks Laporan Observasi 1. Hal apa yang dikemukakan dalam teks “Makhluk di Bumi Ini”? 2. Apa tujuan dari penulisan teks tersebut? 3. Mengapa teks tersebut disebut teks laporan hasil observasi? 4. Jelaskan bagaimana struktur teks laporan hasil observasi dalam teks “Makhluk di Bumi Ini”?

6 1. Klasifikasi benda di dunia. 2. Tujuan penulisan teks laporan hasil observasi menjelaskan tentang pengklasifikasian benda di dunia berdasarkan persamaan dan perbedaan dengan pengamatan empirik, sistematis, dan analisis. 3. Karena teks tersebut berisi informasi tentang klasifikasi benda di dunia berdasarkan hasil pengamatan. 4. Struktur teks laporan hasil observasi meliputi pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan. a. Pernyataan umum berisi benda dikelompokkan berdasarkan persamaan dan perbedaannya. b. Aspek yang dilaporkan berisi: - Pengelompokkan benda hidup dan mati berdasarkan ciri- cirinya. - Benda hidup dikelompokkan menjadi binatang dan tumbuhan berdasarkan perbedaan -Binatang dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata.

7 Pengertian Teks Laporan Observasi Teks Laporan Observasi (Report Text) adalah yang menghadirkan informasi tentang sesuatu seperti alam, hewan, tumbuhan, hasil karya manusia, dan fenomena sosial dengan apa adanya. Informasi yang dihadirkan dalam Report Text adalah hasil dari observasi dan analisis secara sistematis.

8 Tujuan komunikatif dari Report Text adalah menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang di deskripsikan dapat meliputi gejala alami, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial. Deskripsi sebuah Report Text dapat berupa kesimpulan umum, misalnya, ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya.

9 Dalam Report Text, terdapat struktur teks yang terdiri dari dua bagian, yaitu: 1. General Clasification (Klasifikasi Umum) Pada bagian general clasification (klasifikasi umum) berisi pengenalan fenomena/ benda yang akan dibicarakan dengan menyertakan pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasi-nya. 2. Description (Aspek yang Dideskripsikan) Pada bagian Description (gambaran) terdiri dari gambaran dari fenomena/ benda yang didiskusikan dari bagian ke bagiannya, kebiasaan atau tingkah laku untuk benda hidup, ataupun kegunaannya untuk benda secara detail.

10 1. Apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi? 2. Apa tujuan penulisan teks laporan hasil observasi? 3. Jelaskan struktur teks laporan hasil observasi! 4. Bacalah teks observasi yang kalian temukan di internet!


Download ppt "Kompetensi Dasar 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi 4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google