Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INOVASI PRODUK KEUANGAN SYARIAH UNIVERSITAS PARAMADINA Program Magister Bisnis & Keuangan Islam Pemasaran Produk & Jasa Keuangan Islam Else Fernanda, SE.MSc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INOVASI PRODUK KEUANGAN SYARIAH UNIVERSITAS PARAMADINA Program Magister Bisnis & Keuangan Islam Pemasaran Produk & Jasa Keuangan Islam Else Fernanda, SE.MSc."— Transcript presentasi:

1 INOVASI PRODUK KEUANGAN SYARIAH UNIVERSITAS PARAMADINA Program Magister Bisnis & Keuangan Islam Pemasaran Produk & Jasa Keuangan Islam Else Fernanda, SE.MSc

2 Iggi H. Achsien Proses Perencanaan Strategi Pemasaran Product Promotion Place PRICE 4P’s Segmentation & Targeting Segmentation & Targeting Differentiation & Positioning SWOTSWOT Customer External Market Environment Competitor Company

3 Iggi H. Achsien INOVASI  Inovasi adalah kunci untuk mempertahankan pertumbuhan dan mengamankan keunggulan kompetitif.  Inovasi adalah tentang pengembangan produk jasa dan keuangan syariah baru, serta meningkatkan berbagai produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan bisnis yang lebih kompleks.

4 Iggi H. Achsien INOVASI (Lanjutan)  Inovasi juga menyangkut peningkatan efisiensi secara keseluruhan di mana produk dan layanan itu disediakan.  Inovasi juga akan melibatkan pengenalan struktur baru yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan kenyamanan bagi konsumen dan bisnis.  Akhirnya, inovasi akan memberikan kontribusi untuk menciptakan pasar-pasar baru atau memperluas pasar yang ada produk dan layanan keuangan syariah.

5 Iggi H. Achsien 5 Pendekatan dalam Inovasi Keuangan Syariah Evaluasi dan adaptasi dari keuangan konvensional (teori dan praktek) (Improvement the wheel?) dan/ atau Re-interpretasi kreatif dari sumber- sumber pengetahuan syariah (Re-invent the wheel?) Not much different from conventional finance Need for genuine innovation! Need for redirection

6 Iggi H. Achsien Evolusi dalam industri keuangan syariah

7 Iggi H. Achsien Evolusi Produk Keuangan Syariah

8 Iggi H. Achsien Evolusi Perangkat Pendukung Keuangan Syariah

9 Iggi H. Achsien Struktur Syariah / Allocation Matrix

10 Iggi H. Achsien Struktur Syariah / Allocation Matrix

11 Iggi H. Achsien Area Kunci Inovasi Produk (dari Sarasin Alpen Consulting)  Sukuk  Makin banyaknya negara-negara yang sedang mempertimbangkan menerbitkan Sukuk untuk mendiversifikasi basis investor dan membesarkan pasar modal mereka  Keanekaragaman: Pasar makin bergeser dari struktur sukuk generasi awak “lease and lease back“ menuju Sukuk berdasarkan kontrak kepemilikan bersama (Musharaka Sukuk) atau kontrak pengelolaan (Wakala Sukuk).  Listing: Perlunya pasar Sukuk dunia dimana instrumen terdaftar di bursa internasional seperti London, Dubai, Singapura, Hong Kong, New York atau Paris.  Securitization & struktur: struktur Sukuk di masa mendatang diharapkan dapat secara bertahap bergerak menuju sekuritisasi syariah yang lebih kompleks.  Likuiditas: pasar yang lebih likuid, yang memungkinkan harga sukuk di pasar sekunder yang lebih transparan dan efisien, akan mendorong disintermediation lebih besar.

12 Iggi H. Achsien Sukuk – Pengembangan Berarti Keuangan Syariah International Sukuk Issuance (2001–2007) Substantial growth opportunities in non–GCC, Islamic markets Corporate and Sovereign Sukuk Issuance Leader – issuance volume Source: Bloomberg

13 Iggi H. Achsien Area Kunci Inovasi Produk  Reksadana Syariah  Mendorong retail investor untuk mulai mengganggap Sukuk sebagai salah satu aset investasi  Terbatasnya jumlah saham sesuai syariah membatasi keanekaragaman  Private Equity  Mendapatkan momentum. Modal Ventura dan Private Equity adalah struktur investasi sesuai syariah ideal.  Pendanaan untuk akuisisi sebagai sebuah struktur harus mendapatkan popularitas dan penerimaan.

14 Iggi H. Achsien Area Kunci Inovasi Produk  Takaful  Booming di sektor proyek-proyek real estate dan infrastruktur telah menciptakan banyak permintaan untuk produk proteksi kepemilikan rumah.  Perlu mengembangkan produk baru dan kompleksitas secara berkesinambungan untuk mengantisipasi peningkatan permintaan.  Infrastruktur dan Project Finance  Kerangka hukum baru, pembentukan zona keuangan bebas akan mendorong bank asing untuk berpartisipasi di sektor infrastruktur dan project finance.  Bank syariah harus mengembangkan kegiatan advisory untuk mendorong lebih banyak pihak memilih instrumen pembiayaan syariah.

15 Iggi H. Achsien Area Kunci Inovasi Produk  Islamic REITS  Malaysia saat ini adalah pasar penerbitan IREITS terkemuka.  Booming real estate akan mengakibatkan peningkatan permintaan untuk IREITS.  Structured Finance  Kerangka hukum baru untuk mendorong sekuritisasi.  Kelonggaran pembatasan kepemilikan properti akan meningkatkan kemungkinan sekuritisasi.

16 Iggi H. Achsien Area Kunci Inovasi Produk  Hedging  Terbatasnya ketersediaan produk hedging (lindung nilai) karena ketidakpastian atas kesesuaiannya dengan Syariah.  Beberapa instrumen lindung nilai syariah saat ini sedang diperkenalkankan mencakup: Lindung nilai tingkat keuntungan Lindung nilai valuta asing  Diperlukan strategi mitigasi risiko yang lebih canggih terkait dengan biaya pendanaan dan tingkat keuntungan yang diinginkan.


Download ppt "INOVASI PRODUK KEUANGAN SYARIAH UNIVERSITAS PARAMADINA Program Magister Bisnis & Keuangan Islam Pemasaran Produk & Jasa Keuangan Islam Else Fernanda, SE.MSc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google