Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Peng. Organisasi & Arsitektur Komputer. Hubungan Organisasi Komputer dengan Arsitektur komputer Arsitektur komputer berkaitan dengan attribute - atribute.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Peng. Organisasi & Arsitektur Komputer. Hubungan Organisasi Komputer dengan Arsitektur komputer Arsitektur komputer berkaitan dengan attribute - atribute."— Transcript presentasi:

1 Peng. Organisasi & Arsitektur Komputer

2 Hubungan Organisasi Komputer dengan Arsitektur komputer Arsitektur komputer berkaitan dengan attribute - atribute yang Nampak bagi programmer Set Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O, teknik pengalamatan (addressing techniques). Organisasi komputer berkaitan dengan unit – unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural Control signals, interfaces, memory technology. Arsitektur Sistem Komputer dibentuk oleh komponen hardware dan software. Ada perbedaan antara arsitektur komputer dengan organisasi komputer, yaitu pertama arsitektur komputer mengacu pada sistem dan bagiannya yang tampak oleh user, sedangkan organisasi komputer mengambarkan bagian-bagian komputer diatur dan dihubungkan untuk merealisasikan arsitektur komputer.

3 STRUKTUR DAN FUNGSI CPU atau sering disebut sebagai central prosesor unit yang menjadi otak segala kegiatan yang ada di dalam komputer. Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer Fungsi komputer : Fungsi komputer sebenarnya untuk memudahkan sistem kerja manusia yang mengordinir serta melalui tahapan algoritma. Fungsi merupakan operasi dari masing – masing komponen sebagai bagian dari struktur Semua komputer memiliki 4 fungsi: Pengolahan Data ( Data processing ) Penyimpanan Data (Data Storage ) Pemindahan Data ( Data movement ) Kendali ( Control )

4 Struktur Komputer : Struktur adalah bagaimana masing - masing komponen saling berhubungan satu sama lain. Sistem komputer merupakan sistem mandiri yang dilengkapi dengan piranti peripheral untuk melangsungkan proses pengambilan masukan, penampilan keluaran, penyimpanan, maupun pemrosesan. Sistem komputer yang kita kenal terdiri dari tiga elemen dasar yakni : Software Hardware Brainware Ada beberapa jenis software yang kita kenal dengan istilah Sistem Operasi, sebagai program antarmuka antara komputer dan pengguna, juga pengendali perangkat-perangkat komputer baik piranti input, output. Software sistem operasi versi berbayar diantara produk Microsoft yakni Windows XP, 98, Millenium, Vista, 2000, NT, 95, MS DOS, Win 7, dst.

5 KARAKTERISTIK KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1941 – 1956) Penggunaan tabung vakum dalam sirkuit elektronik dan mercury delay lines sebagai memory. Drum Magnetik sebagai media penyimpan internal utama. Kapasitas penyimpanan utama yang terbatas (1000 – 4000 bytes) Pemrograman bahasa symbol tingkat rendah. Problem panas dan pemeliharaan. Aplikasi : perhitungan sains, pemrosesan payroll, penyimpanan record. Waktu siklus : milidetik Kecepatan pemrosesan : 2000 instruksi per detik.

6 KARAKTERISTIK KOMPUTER GENERASI KEDUA (1956 – 1964) Penggunaan transistor untuk operasi internal. Magnetic core sebagai media penyimpan internal utama. Mempunyai kapasitas penyimpanan lebih banyak (4K – 32K) I/O lebih cepat, orientasi pita Bahasa pemrograman tingkat tinggi (Cobol, Fortran, Algol) Penurunan panas. Waktu siklus mikrodetik Kecepatan pemrosesan : 1 juta instruksi per detik (mips)

7 CIRI CIRI KOMPUTER GENERASI KETIGA (1965 –1971) Menggunakan sirkuit terintegrasi. Magnetic core dan penyimpanan utama yang padat (32K – 3 Mbyte) Lebih fleksibel dengan I/0 ; berorientasi disk. Ukuran lebih kecil, unjuk kerja lebih baik dan handal. Penggunaan bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih luas. Muncul komputer mini. Pemrosesan jarak jauh dan time sharing melalui jaringan komunikasi. Tersedianya perangkat lunak sistem operasi untuk mengontrol I/O. Waktu siklus ; nano detik kecepatan pemrosesan ; 10 mips.

8 KARAKTERISTIK KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1972 – 1989) Menggunaan large scale integrated circuit. Peningkatan kapasitas penyimpanan (lebih 3 Mbyte) dan kecepatan. Dukungan dari bahasa pemrograman yang lebih kompleks. Perangkat I/O semakin meningkat sehingga mendukung peripheral lainnya. Penggunaan minikomputer, mikroprosessor, dan mikrokomputer. Aplikasi ; simulasi model matematika, komunikasi data. Kecepatan pemrosesan ; 100 mips sampai 1 bips

9 Komponen-komponen komputer ◦Hardware ◦Software ◦Data ◦User

10 Pengertian Sistem Bus Bus adalah Jalur komunikasi yang dibagi pemakai Suatu set kabel tunggal yang digunakan untuk menghubungkan berbagai subsistem. Karakteristik penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media transmisi yang dapat digunakan bersama. Sistem komputer terdiri dari sejumlah bus yang berlainan yang menyediakan jalan antara dua buah komponen pada bermacam-macam tingkatan hirarki sistem komputer.

11 Cara Kerja Sistem Bus Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitektur komputernya akan lebih kompleks, sehingga untuk meningkatkan performa, digunakan beberapa buah bus. Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus). Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge.


Download ppt "Peng. Organisasi & Arsitektur Komputer. Hubungan Organisasi Komputer dengan Arsitektur komputer Arsitektur komputer berkaitan dengan attribute - atribute."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google