Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Hafiez Sofyani, S.E., M.Sc.. Aset dan modal operasionalLaba operasi bersih sesudah pajakAliran kas bebasMarket value added (MVA)Economic value added.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Hafiez Sofyani, S.E., M.Sc.. Aset dan modal operasionalLaba operasi bersih sesudah pajakAliran kas bebasMarket value added (MVA)Economic value added."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Hafiez Sofyani, S.E., M.Sc.

2 Aset dan modal operasionalLaba operasi bersih sesudah pajakAliran kas bebasMarket value added (MVA)Economic value added (EVA)

3 aset Modal Operasi Modal kerja Aset tetap Non modal operai

4 Modal operasi bersih sama dengan total modal operasi (kas, piutang, persediaan, dll) dikurangi utang (liabilitas) bebas (dalam artian tidak memiliki kewajiban pengembalian tambahan seperti beban bungan atau beban bagi hasil) ditambah aset tetap.

5 Diukur untuk mengetahui laba bersih yang diperoleh perusahaan. Urutan pelaporan biasanya adalah: Penjualan Beban-beban Laba kotor (earning before interest and taxes)/ EBIT Interest (bunga bank) Earning before taxes (EBT) Taxes (pajak) NOPAT

6 Kas bebas adalah uang kas yang tersedia untuk dibagikan kepada para investor setelah perusahaan melakukan investasi untuk aset tetap dan modal kerja. Secara sederhana kas bebas adalah kas yang tersedia untuk dibagikan kepada para investor. Kas bebas = NOPAT-investasi bersih pada modal operasi Atau Kas bebas= Aliran kas operasi –investasi bruto pada modal operasi Aliran kas operasi = NOPAT + beban non-kas Investasi bruto= investasi bersih+depresiasi aset tetap

7 Analisis ini mengimplikasikan efektivitas dan efisiensi alokasi sumber daya perusahaan. Jika nilai buku ekuitas (saham) lebih kecil daripada nilai pasar ekuitas (saham), itu artinya manajer bekerja secara efisien dalam melakukan alokasi sumber daya untuk menghasilkan profit yang optimal. Begitu pula sebaliknya.

8 Analisis ini memiliki kegunaan yang sama dengan MVA. Namun, jika MVA mengukur efektivitas dan efisiensi manajerial dari awal berdiri perusahaan hingga sekarang, maka EVA lebih menitikberatkan pada analisis efektivitas dan efisiensi manajerial untuk tahun tertentu.

9 MVA = Nilai pasar saham – nilai buku saham EVA= NOPAT – biaya modal Biaya modal terdiri dari : beban Bunga, deviden yg dibayarkan, dan deviden saham preferen.


Download ppt "Oleh: Hafiez Sofyani, S.E., M.Sc.. Aset dan modal operasionalLaba operasi bersih sesudah pajakAliran kas bebasMarket value added (MVA)Economic value added."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google