Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manusia dan Peradaban I kuliah 4. A. Pengertian Adab dan Peradaban Kata Adab diambil dari bahasa Arab yang berarti Yang berarti akhlak,Kesopanan atau.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manusia dan Peradaban I kuliah 4. A. Pengertian Adab dan Peradaban Kata Adab diambil dari bahasa Arab yang berarti Yang berarti akhlak,Kesopanan atau."— Transcript presentasi:

1 Manusia dan Peradaban I kuliah 4

2 A. Pengertian Adab dan Peradaban Kata Adab diambil dari bahasa Arab yang berarti Yang berarti akhlak,Kesopanan atau kehalusan budi pekerti. Hal ini sangat erat kaitannya dengan hal hal yang berewujud nilai moral (nilai nilai dalam masyarakat dalam hubungannya dengan kesusilaan,Norma ( aturan,ukuran atau pedoman yang dipergnakan dalam menentukan sesuatu benar atau salah baik dan buruk.)

3 Etika (norma moral tentang apa yang baik dan buruk yang menjadi pegangan dalam mengatur tingkah laku manusia ). Sedangkan estetika ( berhubungan dengan segala sesuatu yang mencakup dalam keindahan kesatuan,kesewlarasan dan kebalikannya atau contras ).

4 Peradaban adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya (Fairchild ). Pradaban adalah seluruh kehidupan sosial politik ekonomi dan teknik.Jadi peradaban adalah bidang kehidupan untuk kegunaan yang praktis,sedangkan kebudayaan adalah sesuatu yang berasal dari asrat dan gaerah yang lebih dan murni yang berada diatas tujuan yang praktis hub kemasyarakatan (De Hann )

5 Koenara ningrat : Peradaban ialah bagian bagian kebudayaan yang halus dan indah seperti kesenian. Dari uraian pandangan sarjana diatas dapat disimpulkan bahwa Peradaban itu adalah perkembangan kebudayaan yang telah samapai ke tingkat tertentu yang dicirikan oleh taraf intlek tual keindahan teknologispiri tuan yang terlihat pada masyarakat.

6 B. Manusia sebagai makhluk beradab dan Masyarakat adab Disamping sebagai makhluk Tuhan,sebagai makhluk individu juga sebagai makhluk sosial budaya yang sangat berkaitan satu dengan yang lainnya. Untuk menjadi makhluk yang beradab Manusia harus senantiasa menjungjung tinggi aturan aturan,norma norma adat istiadat,wejangan atau nilai kehidupan yang ada dimasyrakat yang diwujudkan dengan mentaati berbagai pranata sosial sehingga dalam kehidupan masyarakat itu akan tercipta ketenangan kenyamanan ketentraman dan kedamaian.

7 Konsep Masyarakat adab adalah suatu kombinasi yang idial antara kepentingan pribadi dan kepentingan umum. Manusia dalam memenuhi hak dan kepentingan pribadinya tidak boleh melampaui batas atau merugikan kepentingan orang lain. Sebagai anggota masyarakat yang ber “adab “ manusia harus bisa menciptakan adanya keseimbangan anatara kepentingan pribadi dan kepentingan umum.(adanya kombinasi yang idial ).

8 C.Evolusi budaya dan tahapan tahapan peradaban. Proses evolusi kebudayaan hanya dipandang dari jauh yakni dengan mengambil waktu yang panjang misalnya beberapa ribu tahun yang lalu maka akan menampakkan perubahan perubahan yang besar yang seolah olah menentukan arah dan sejarah perkembangan sejarah kebudayaan yang bersangkutan.

9 Menurut Alvin Toffer Tahapan tahapan peradaban dapat dibagai atas 3 tahapan yaitu 1.Gelombang pertama sebagai tahap peradaban pertanian dimana dimulai kehidupan baru dari budaya meramu ke bercocok tanam( revolusi Agraris ) 2.Gelombang kedua sebagai tahap peradaban industri penemuan mesin uap,energi listrik,mesin untuk mobil dan pesawat terbang (revolusi Industri ).

10 3.Glombang ketiga sebagai tahap perdaban Informasi.Penemuan Teknologi Informasi dankmunikasi (ICT ) dengan komputer atau alat komunikasi digital. Jhon Naisbit Mengemukakan bahwa era informasi menimbulkan gejala mabk teknologi yang ditandai dengan beberapa indfikator : 1. Masyarakat lebih menykai penyelesaian masalah lebih cepast.

11 2Masyarakat takut sekaligus memuja teknologi. 3. Masyarakat menagburkan kenyataan yang nyata dan semu. 4.Masyarakat menerima suatu kekerasan sebagai suatu yang wajar. 5.Masyarakat menerima teknologi dalam bentuk mainan 6.Masyarakat menjalani kehidupan yang berjarak dan terengut.

12 D.Peradaban dan Perubahan sosial 1.Pengertian dan cakupan perubahan sosial : Perubahan sosial merupakan hal yang melaekat di setiap masyarakat Perubahan perubahan yang terjadi dalam masyarakat akan menimbulkan ketidak sesuaian antara unsur unsur sosial yang ada didalam masyarakat sehingga menghasilkan suatu pole kehidupan yang tidak sesuai fungsinya bahgi masyarakat yang bersangkuta.

13 Wilbert Moore mengatakan : Prubahan sosial sebagai perubahan strutur sosial pola prilaku,dan interaksi sosial. Setiap perubahan yang terjadi dalam masyarakat disebut prubahan sosial. Perubahan sosial berbeda dengan perubahan kebudayaan.Prubahan sosial mengarah perubahan kepada unsur unsur sosial yang ada an : Perubahan peranan seorang istri dalam eluarga modern

14 Prubahan kebudayaan antara lain : penemuan terhadap Radio, televisi,komputer yang dapat mempengaruhi lembaga lembaga sosial. William F Ogburn : Ruang lingkup perubahan sosial mencakup unsur unsur kebudayaan yang Matrial dan immatrial dengan menekankan pengaruh pengaruh yang besar dari immetrial

15 Kkingsly Davis menghartikan prubahan sosial sebagai perubahan yang terjadi dalam fungsi dan struktur Msyarakat Perubahan sosial dikatakannya sebagai prubahan dalam hubungan sosial atau sebagai perubahan terhadap kesehimbangan hubungan sosial tersebut. Gillin Menebukan Perubaha sosial untuk suatu variasi dari hidup yang lebih diteima yang

16 Yang disebabkan baik karena perubahan kondisi giografis kebudayaan material kompetisi penduduk idiologi maupun karena adanya difusi ataupun prubahan perubahan baru dalam masyarakat tersebut. Menurut SeloSumarjan : Prubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemsyarakatan yang mempengaruhi sistem sosial termasuk didalamnya nilai nilai sikap sikap dan

17 Pola peri laku diantara kelompok dalam masyarakat. Probahan sosial tidak dapat dilepaskan dari perubahan kebudayaan.Hal ini disebabkan kebudayaan merupakan hasil dari adanya masyarakat sehingga tidak akan ada kebudayaan apabila tidak ada masyarakat yang mendukungnyadan tidak asda satupun masyakat yang tidak memiliki kebudayaan.

18 Perubahan sosial yaitu perubahan yang terjadi dalam masyarakat atau dalam hubungan intraksi yang meliputi berbagai aspek kehidupan.Sebagai akibat adanya dinamika anggota masyarakat dan yang telah didukung oleh sebagaian besar anggota masyarakat merupakan tuntunan kehidupan dalam mencarai kesetabilan.

19 Perubahan yang terjadi dalam masyarakat dapat dianalisis dari berbagai segi : a. Kearahmana perubahan dalam masyarakat bergerak bahwa perubahan tersebut meninggalkan faktor yang diubah. Akan tetapi setelah maninggalkan faktor tersebut mungkin perubahan itu bergerak kepada suartu yang baru sama sekali,akan tetapi mungkin pula bergerak kearah suatu bentuk yang sudah ada watu yang lampau.

20 2. Teori dan bentuk perubahan saosial : a.Teori sebab akibat : 1.Analisis perubahan sosial yang menelaah syarat syarat dan keadaan yang menghakibatkan terjadinya perubahan dalam suatu sistim masyarakat. 2. Teori tunggal Mengenai perubahan Sosial : teori ini menerangkan sebab sebab

21 Terjadinya perubahan sosial atau pola kebudayaan yang menunjukan kepada satu faktor penyebab. b. Teori Proses dan arah Perubahan sosial : 1.Teori Evolusi Unilinier ( Garis lurus tunggal ). Teori ini berpendapat bahwa manusia dan masyarakat mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan tertentusemula dari bentuk sederhana kemudian yang komplek samapai pada tahapan yang sempurna

22 2. Teorui Multi linier Tori ini pada dasarna menggambarkan suatu metodelogi didasarkan pada suatu asumsi yang menyatakan bahwa perubahan sosial atau kebudayaan didapatkan gejala keteraturan yang nyata dan signifikan. Teori ini lebih memperhatikan tradisi dalam kebudayaan dan dari berbagai daerah.


Download ppt "Manusia dan Peradaban I kuliah 4. A. Pengertian Adab dan Peradaban Kata Adab diambil dari bahasa Arab yang berarti Yang berarti akhlak,Kesopanan atau."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google