Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pusdiklatcab Parahyangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pusdiklatcab Parahyangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung"— Transcript presentasi:

1

2 Pusdiklatcab Parahyangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung

3 Peran, Tugas, dan Tanggungjawab Pembina Pramuka Disusun oleh : Pary Sutari

4 Pembina Pramuka AA nggota dewasa yang memiliki komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip dalam Pendidikan Kepramukaan, SS ukarela bergiat bersama peserta didik, SS ebagai mitra yang peduli terhadap kebutuhan peserta didik, dengan penuh kesabaran memotivasi, membimbing, membantu serta memfasilitasi kegiatan pembinaan peserta didik. SS ekurang-kurang telah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD).

5 Tugas : MM emberikan pembinaan agar tadik menjadi: m anusia berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur, w arga negara Rebuplik Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna. MM enerapkan PDK MK, Kiasan Dasar dan Sistem Among dalam proses pembinaan MM emberi pengayaan dengan mengikuti perkembangan sehingga kegiatan Pendidikan Kepramukaan bernuansa kekinian (up to date), bermanfaat bagi tadik dan masyarakat lingkungannya, serta tetap berada dalam koridor ketaatan terhadap Kode Kehormatan Pramuka. MM enghidupkan, membesarkan gugusdepan dengan selalu memelihara kerjasama yang baik dengan orang tua/wali pramuka dan masyarakat.

6 Tanggung jawab : DD alam melaksanakan tugasnya Pembina Pramuka bertanggung jawab atas: T erselenggaranya Pendidikan Kepramukaan yang teratur dan terarah sesuai dengan visi dan misi Gerakan Pramuka T erjaganya pelaksanaan PDK dan MK pada semua kegiatan pramuka P embinaan pengembangan mental,moral, spiritual, fisik, intelektual, emosional, dan sosial tadik, sehingga memiliki kematangan dalam upaya peningkatan kemandirian serta aktivitasnya di masyarakat. T erwujudnya tadik yang berkepribadian, berwatak, berbudi pekerti luhur, dan sebagai warga yang setia, patuh dan berguna bagi bangsa dan n egaranya. DD alam pengabdiannya, Pembina Pramuka bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, Masyarakat, Pembina Gugusdepan dan diri pribadinya sendiri.

7 Peran sebagai : OO rang tua : memberi penjelasan, nasehat, pengarahan dan bimbingan GG uru : mengajarkan berbagai keterampilan dan pengetahuan KK akak : dapat melindungi, mendampingi dan membimbing adik-adiknya, memberi kesempatan untuk memimpin dan mengelola satuannya MM itra : dapat dipercaya, bersama-sama menggerakkan kegiatan-kegiatan agar menarik, menyenangkan dan penuh tantangan sesuai usia golongan pramuka, KK onsultan : tempat bertanya, dan berdiskusi tentang berbagai masalah MM otivator: memotivasi untuk meningkatkan kualitas diri dengan berkreativitas, berinovasi, dan aktualisasi diri, membangun semangat untuk maju. FF asilitator: memfasilitasi kebutuhan dalam kegiatan tadik

8

9 والسّلام عليكم Tetap menandu


Download ppt "Pusdiklatcab Parahyangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google