Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Kuliah PENDIDIKAN PANCASILA Anang Zubaidy Yogyakarta 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Kuliah PENDIDIKAN PANCASILA Anang Zubaidy Yogyakarta 2013."— Transcript presentasi:

1 Mata Kuliah PENDIDIKAN PANCASILA Anang Zubaidy Yogyakarta 2013

2 DATA DIRI  Nama: Anang Zubaidy  Alamat: Jl. Godean Km. 7,5 Yogyakarta  HP: 

3 GARUDA PANCASILA Pencipta/Pengarang Lirik dan Lagu: Sudharnoto Garuda Pancasila Akulah pendukungmu Patriot proklamasi Sedia berkorban untukmu Pancasila dasar negara Rakyat adil makmur sentosa Pribadi bangsaku Ayo maju maju 3x

4 PANCASILA 1.Ketuhanan Yang Maha Esa. 2.Kemanusiaan yang adil dan beradab 3.Persatuan Indonesia 4.Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. 5.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

5 1. Ketuhanan Yang Maha Esa?

6 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab?

7 3. Persatuan Indonesia?

8 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan?

9 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia?

10 PERTANYAAN  Adakah hubungan korelatif antara realitas bangsa saat ini dengan pemahaman masyarakatnya terhadap Pancasila?  Masih perlukah kita mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara?  Seberapa urgen Pancasila di masa sekarang?  Masih perlukah kita mempelajari Pancasila?

11 PETA KONSEP MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA Pengantar: - Landasan -Tujuan Pancasila dalam lintas sejarah: - Perkembangan unsur-unsur pembentuk. - Proses perumusan - Dinamika implementasi Pancasila sebagai sistem filsafat: - Pengertian - Hakikat isi sila-sila Pancasila - Kesatuan sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem filsafat Pancasila sebagai etika politik: - Pengertian. - Nilai etik Pancasila - Implementasi Pancasila sebagai etika politik Pancasila sebagai ideologi nasional: - Pengertian - Ragam ideologi di dunia - Pancasila sebagai ideologi nasional Pancasila dalam kontek ketatanegaraan: - Pancasila sebagai sumber hukum. - Makna isi Pembukaan UUD Sistem ketatanegaraan Indonesia Pancasila sebagai falsafah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara: - Pengertian - Pancasila dan pembangunan hukum, ekonomi, sosial, budaya dan Iptek -Pancasila dan reformasi -Pancasila di kampus Mahasiswa diharapkan mampu memahami dan mengimplementa sikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

12 BUKU REFERENSI Kaelan, 2003, Pendidikan Pancasila, Yogyakarta, Paradigma. Musthafa Kamal Pasha dkk., 2003, Pancasila dalam Tinjauan Historis, Yuridis dan Filosofis, Yogyakarta, Citra Karsa Mandiri. Syahrial Syarbaini, 2003, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Jakarta, Ghalia Indonesia. Subandi Al Marsudi, 2001, Pancasila dan UUD '45 dalam Paradigma Reformasi, Jakarta, RajaGrafindo Persada. Hazairin, 1985, Demokrasi Pancasila, Jakarta, Bina Aksara. Noor MS Bakry, 1997, Pancasila Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta, Liberty. Heru Santosa dkk., 2002, Sari Pendidikan Pancasila 'dan Undang-undang Dasar 1945: Beserta Perubahannya, Yogyakarta, Tiara Wacana. Darji Darmodiharjo dan Shidarta, 1996, Penjabaran Nilai-nilal Pancasila dalam Sistem Hukum Indonesia, Jakarta, Raja Grafindo Persada. Soejadi, 1999, Pancasila Sebagai Sumber Kitab Hukum Indonesia, Yogyakarta, Lukman Offset.

13 METODE PEMBELAJARAN Pembelajaran dilaksanakan dengan metode active learning. Metode active learning yang akan diterapkan antara lain misalnya: Group discussion Case study

14 PENILAIAN Penilaian terdiri dari 4 komponen: Nilai UTS40% Nilai UAS45% Tugas15% Keaktifan di kelas menjadi komponen penilaian dalam kategori bonus.

15 BEBERAPA KETENTUAN Dosen memberikan toleransi keterlambatan selama 20 menit sejak jam masuk. Perizinan karena sakit atau alasan lain hanya diterima jika disertai dengan surat izin yang dilampiri oleh keterangan dokter (untuk sakit) atau keterangan lainnya dan diserahkan/disampaikan paling lambat 1 jam sebelum perkuliahan dimulai. Ketentuan mengenai disiplin mahasiswa didasarkan pada Peraturan Universitas Nomor 460/SK-Rek/Rek/X/2001. Ketentuan mengenai kehadiran dalam perkuliahan didasarkan pada Peraturan Rektor Nomor 33/Rek/20/DA/XII/2011. Ketentuan mengenai disiplin berbusana didasarkan pada Peraturan Fakultas Hukum UII Nomor 01 Tahun 2000.

16 TUGAS Tugas terdiri dari tugas individu dan tugas kelompok. Tugas individu ditentukan sebagai berikut: Membuat ringkasan untuk salah satu topik materi kuliah yang akan ditentukan kemudian. Resume ditulis tangan dengan panjang antara 8 – 10 halaman pada kertas A4 atau yang setara dengan itu. Tugas dikumpulkan pada pertemuan ke-6. Tugas kelompok ditentukan sebagai berikut: Ketentuan mengenai tugas kelompok akan disampaikan pada pertemuan berikutnya.

17 Tema Tugas Individu 1.Pancasila sebagai sistem filsafat 2.Pancasila sebagai etika politik 3.Pancasila di era Orde Lama 4.Pancasila di era Orde Baru 5.Pancasila di era Orde Reformasi 6.Pancasila sebagai ideologi nasional 7.Hakikat sila-sila Pancasila

18 SEKIAN SELAMAT BELAJAR


Download ppt "Mata Kuliah PENDIDIKAN PANCASILA Anang Zubaidy Yogyakarta 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google