Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS ONLINE 2 Manajemen Rekam Medis (IKM354) Disusun oleh: Dini Nur Islami 2012-31-088.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS ONLINE 2 Manajemen Rekam Medis (IKM354) Disusun oleh: Dini Nur Islami 2012-31-088."— Transcript presentasi:

1 TUGAS ONLINE 2 Manajemen Rekam Medis (IKM354) Disusun oleh: Dini Nur Islami

2 1. Sebutkan langkah -langkah (alur) dalam sistem pemusnahan?

3 Pemusnahan Berkas RM RakProses Tempat yang memadai PP No.87 Th PP no.88 Th SE Dirjen Yanmed 1995 No. HK SK RS:Tim Pemusnah Etika Profesi- PORMIKI Jadwal Retensi Pemindahan Penilaian pemilahan Pemusnahan Lembaran penting Berita Acara Pemusnahan

4 JADWAL RETENSI BERKAS R M AKTIF DAN INAKTIF  UMUM= Aktif Th. Inaktif 2 -5 Th (lihat jadwal).  ANAK= Sesuai kebutuhan.  KIUP + Register + Indeks = permanen, abadi.  Gol.Penyakit tertentu atau kasus yang dianggap penting.  Diagnosa tertentu.

5 Alur Pemusnahan PemindahanPenilaianPemusnahan

6  Pemindahan terdiri dari: 1. Tanggal terakhir kunjungan ---> Lihat stiker tahun 2. Pindah ke rak Inaktif 3. Pok berdasarkan: Th. Terakhir kunjungan.  Penilaian.  Pemusnahan.

7 2. Pada saat melakukan penilaian, apa yang dilakukan? siapa tim yang melakukannya?

8  Penilaian formulir rekam medis dilakukan dengan cara menilai berkas rekam medis yang telah 2 tahun in-aktif. Indikator yang digunakan untuk menilai rekam medis in-aktif: a. Seringnya rekam medis digunakan untuk pendidikan dan penelitian. b. Mempunyai nilai guna, yang terdiri dari:  Primer: Administrasi, Hukum, Keuangan, IPTEK  Sekunder: Pembuktian dan Sejarah.

9 Prosedur penilaian berkas rekam medis:  Memisahkan formulir rekam medis yang harus diabadikan yaitu: a. Ringkasan masuk dan keluar b. Resume penyakit c. Lembar operasi (termasuk laporan persalinan) d. Identifikasi bayi lahir e. Lembar persetujuan tindakan medis (informed consent)

10 f. Lembar kematian (laporan sebab kematian, biasanya sudah menyatu pada formulir ringkasan masuk keluar) g. Berkas rekam medis tertentu, sesuai dengan kepentingan pelayanan meliputi: Index Register Formulir rekam medis tertentu yang ditetapkan oleh direktur rumah sakit Mengumpulkan formulir-formulir rekam medis sisanya termasuk rekam medis rusak tidak terbaca disiapkan untuk dimusnahkan.

11  Tim penilai dibentuk berdasarkan SK direktur, dan yang menilai berkas RM tersebut adalah: a. komite rekam medis/komite medis. b. petugas rekam medis senior. c. perawat senior dan petugas lain yang terkait

12 3. Apa yang dilakukan pada saat memasuki tahapan pemusnahan RM! Siapa tim yang melakukannya?

13 Pemusnahan berkas R M Daftar Pertelaan, berdasarkan No. R M, tahun, jangka waktu penyimpanan, dari akhir ident Pemindahan * Pelaksanaan: 1. Dibakar dengan incenerator/ biasa. 2. Dicacah --> tak bisa dibaca Berita acara pemusnahan pada saat pemusnahan berlangsung ditandatangani oleh ketua tim pemusnah dan sekretaris tim pemusnah yang diketahui oleh direktur rumah sakit.

14 Berkas R M yang rusak atau tidak terbaca langsung dimusnahkan dengan membuat pernyataan diatas kertas bersegel yang ditandatangani oleh direktur yang isinya menyatakan bahwa dokumen rekam medis sudah tidak dapat dibaca sama sekali sehingga dapat dimusnahkan. Tim pemusnah rekam medis yang terdiri dari: a. Direktur Rumah Sakit sebagai ketua. b. Kepala rekam medis sebagai sekertaris. c. Anggota lain (petugas filling dengan saksi-saksi yang di tunjuk oleh Direktur Rumah Sakit).

15


Download ppt "TUGAS ONLINE 2 Manajemen Rekam Medis (IKM354) Disusun oleh: Dini Nur Islami 2012-31-088."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google