Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRODUK DAN PELAYANAN CUMI PELITA SEJAHERA. Produk Simpanan SEMAI LUMBUNG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRODUK DAN PELAYANAN CUMI PELITA SEJAHERA. Produk Simpanan SEMAI LUMBUNG."— Transcript presentasi:

1 PRODUK DAN PELAYANAN CUMI PELITA SEJAHERA

2 Produk Simpanan SEMAI LUMBUNG

3 PANDAI ZIARAH PANDAI JUNIOR

4 Produk Simpanan Simpanan TetapSimpanan Jangka Panjang Simpanan Jangka Pendek 1.Pilar Pokok = Bukti bahwa anggota adalah pemilik CUMI PS 2.Pilar Wajib = Bukti bahwa anggota sebagai pemilik dan bersedia terus mengembangkan usahanya. 1.Semai = Menambah kekayaan 2.Pandai = Membantu menyiapkan biaya pendidikan 3.Pandai Junior = Membangun kebiasaan anak-anak menabung 1.Lumbung = Dapat diambil setiap saat 2.Ziarah = Untuk menyiapkan keperluan hari raya

5

6 Pilar Pokok 1.PILAR POKOK adalah bukti bahwa anggota menjadi pemilik CUMI PS. 2.Besarnya PILAR POKOK Rp ,-. 3.Dibayar melalui Pinjaman BENIH, jangka waktu angsuran 2-10 minggu atau 1-3 bulan. 4.Balas jasa simpanan (“BJS”) 6% setahun, dibukukan pada akhir tahun. 5.Tidak dapat ditarik selama masih menjadi anggota CUMI PS.

7 Pilar Wajib 1.PILAR WAJIB adalah bukti bahwa anggota sebagai pemilik ingin terus mengembangkan CUMI PS. 2.Setoran PILAR WAJIB :Rp ,- per anggota/bulan 3.BJS 6% setahun, dibukukan pada akhir tahun. 4.Tidak dapat ditarik selama masih menjadi anggota CUMI PS. 5.Diikutsertakan dalam program JALINAN Puskopdit BKCU Kalimantan

8 Semai 1.Produk simpanan yang dirancang untuk mengembangkan kekayaan dan menyiapkan kebutuhan pada masa tua. 2.Bersifat jangka panjang dan baru dapat diambil bila sudah mencapai target yang disepakati. 3.Saldo awal minimal Rp ,- (tunai atau dengan Pinjaman Benih) 4.Administrasi pembukaan rekening SEMAI Rp ,- 5.Ketentuan BJS SEMAI: – Untuk penyetoran minimal Rp /bulan,- berlaku BJS 10%/tahun.

9 Semai – Jika dalam sebulan tidak ada penyetoran minimal Rp , berlaku BJS 6% untuk bulan yang bersangkutan – Jika terjadi penarikan SEMAI, BJS menjadi 0% pada bulan yang bersangkutan – Saldo minimum setelah penarikan Rp – Saldo maksimal Rp Anggota wajib menyetor 5% dari pencairan pinjaman untuk menambah saldo simpanan SEMAI (kecuali Pinjaman BENIH). 7.Diikutsertakan dalam program JALINAN Puskopdit BKCU Kalimantan.

10 Lumbung 1.Produk simpanan untuk memenuhi kebutuhan harian yang mendesak. 2.Penambahan LUMBUNG minimal Rp 5.000,- per minggu. 3.Besarnya Balas jasa Simpanan Lumbung 3% setahun, dibukukan pada akhir bulan. 4.Anggota yang akan melakukan penarikan, wajib memberitahukan pendamping paling lambat sehari sebelum penarikan. 5.Saldo LUMBUNG setelah penarikan minimal Rp ,-.

11 Pandai 1.Produk simpanan untuk membantu anggota menyiapkan biaya pendidikan. 2.Saldo awal minimal Rp ,- (tunai atau dengan Pinjaman Benih), setoran selanjutnya maksimal Rp per bulan. 3.Administrasi pembukaan rekening PANDAI Rp ,- 4.Anggota menentukan sendiri Jangka waktu dan target jumlah Simpanan pada saat pembukaan rekening. Jangka waktu antara tahun. 5.Jika terjadi penarikan sebelum jangka waktu yang dijanjikan, dikenakan penalti 5% dari dana yang ditarik

12 Pandai 6. Ketentuan BJS PANDAI. – Saldo PANDAI ≥ Rp ,- berlaku BJS 10% per tahun, jika ada penyetoran > Rp / bulan – Jika dalam sebulan tidak ada penyetoran minimal Rp , berlaku BJS 6%. – Jika terjadi penarikan PANDAI, BJS menjadi 0% pada bulan yang bersangkutan

13 Pandai Junior 1.Produk Simpanan untuk menanamkan budaya menabung sejak dini dikalangan anak-anak. 2.Penabung adalah anak-anak berusia maksimal 17 tahun dan sudah menjadi anggota CUMI PS. 3.Apabila penabung sudah mencapai usia 17 tahun saldo simpanan akan dipindahkan ke simpanan Lumbung atau simpanan lain. 4.Saldo awal minimal Rp ,- 5.Penambahan simpanan minimal Rp 5.000,- per minggu. 6.Balas Jasa Simpanan Pandai Junior 4% per tahun dibayarkan per bulan.

14 Ziarah 1.Produk Simpanan untuk menyiapkan kebutuhan hari raya seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal dll secara lebih baik. 2.Setoran awal ZIARAH minimal Rp ,- 3.Biaya administrasi pembukaan ZIARAH sebesar Rp ,- 4.ZIARAH hanya dapat ditarik pada hari raya yang disepakati pada saat pembukaan Simpanan. 5.Penarikan ZIARAH hanya bisa dilakukan paling cepat 30 hari sebelum tanggal hari raya dan paling lambat 15 hari setelah tanggal hari raya. 6.Saldo minimal setelah pengambilan simpanan sebesar Rp ,- 7.Balas Jasa ZIARAH 2% per tahun dibayarkan per bulan

15 Ketentuan Lain 1.Simpanan yang dijadikan jaminan pinjaman TIDAK BOLEH DITARIK selama pinjaman yang bersangkutan belum dilunasi. 2.Simpanan yang penambahannya menggunakan pinjaman BENIH hanya dapat ditarik maksimal sebesar BENIH yang sudah diangsur.

16 Produk Pinjaman BENIH IKHTIARBESTARI GRIYA

17 Benih 1.Membangun dan menambah PILAR POKOK, SEMAI, PANDAI, ZIARAH. 2.Plafon BENIH maksimal Rp Bunga Pinjaman 1.75% menurun (dibayarkan tiap awal bulan). 4.Biaya Jasa Pelayanan sebesar 1% dari Pinjaman cair. 5.Jangka waktu Benih maksimal 48 minggu (1 tahun). 6.Jika BENIH mingguan tidak dibayar lebih dari 4 minggu berturut-turut atau BENIH bulanan tidak dibayar lebih dari 2 bulan berturut-turut, pinjaman akan dilunasi dari simpanan dimana Benih tersebut ditempatkan.

18 Ikhtiar 1.Membantu anggota memenuhi kebutuhan modal usaha dan mengembangkan usaha 2.Bunga Pinjaman 0,75% per minggu / 3% per bulan tetap. 3.Saat pencairan, membayar Biaya Jasa Pelayanan sebesar 2% dan menambah Simpanan Semai 5% dari pinjaman cair. 4.Jangka waktu maksimal 48 minggu / 12 bulan. 5.Angsuran pertama dilakukan 1 minggu/bulan setelah pencairan 6.Keterlambatan angsuran lewat 5 (lima) hari dari jatuh tempo dikenai denda 3% dari angsuran pokok dan bunga tertunggak

19 Bestari 1.Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan pendidikan. 2.Anggota yang mengajukan pinjaman Bestari harus sudah membayar Pilar POKOK dan mempunyai simpanan PANDAI. 3.Pengajuan Pinjaman menyertakan perincian biaya dari Sekolah yang bersangkutan. 4.Bunga Pinjaman 0,5% per minggu atau 2% per bulan tetap. 5.Saat pencairan, membayar Biaya Jasa Pelayanan sebesar 2% dan Pilar Wajib 5% dari pinjaman cair. 6.Jangka waktu pinjaman maksimal 48 minggu / 12 bulan.

20 Griya 1.Pinjaman untuk membantu anggota merenovasi atau memiliki rumah. 2.Kriteria anggota yang berhak mengajukan pinjaman: a)Telah bergabung dengan CUMI PS minimal 2 tahun b)Sudah meminjam minimal 5 kali dengan total pinjaman minimal Rp tanpa ada kelalaian c)Mempunyai pinjaman minimal sebesar Rp Ketentuan: a)Besarnya pinjaman yang diajukan: > Rp b)Plafon pinjaman maksimal Rp c)Bunga 2% per bulan menurun d)Jangka waktu pinjaman maksimal 5 tahun e)Jika selisih simpanan dan pinjaman di atas Rp , anggota wajib menyediakan jaminan untuk selisihnya

21 Produk Solidaritas SANTIKA ( Santunan Kematian ) TUNAS ( Santunan Solidaritas ) LINTANG ( Perlindungan Piutang )

22 Santika 1.Iuran Rp dibayar tunai oleh anggota baru pada saat bergabung dengan CUMI PS atau satu bulan setelah Rapat Anggota Tahunan bagi anggota lama setiap tahunnya. 2.SANTIKA yang diterima sebesar Rp ,- 3.Iuran dana kematian tidak dapat ditarik jika anggota berhenti. 4.Ketentuan pemberian SANTIKA sebagai berikut: Anggota penuh, sudah melunasi simpanan pokok Rp , dan iuran SANTIKA, dan ahli waris yang menyerahkan Surat Keterangan Kematian dan buku anggota.

23 Jalinan & Solidaritas BKCUK o TUNAS (Santunan Solidaritas) Memberikan hak atas simpanan anggota yang meninggal dunia kepada ahli waris. Maksimal Rp 50 juta. o LINTANG (Perlindungan Piutang) Perlindungan piutang bagi anggota yang meninggal dunia dan cacat total tetap yang dihitung berdasarkan jumlah piutang almarhum Plafon Rp 150 juta, syarat tdk macet.

24 Siklus Pemakaian Produk

25 Situasi 1 Ibu Ani adalah anggota CUMI dan ia memiliki seorang anak, yaitu Reza. Saat ini Reza duduk di bangku kelas 6 SD. Ibu Ani menyadari bahwa ia harus mulai mempersiapkan biaya anaknya untuk masuk SMP. Jumlah uang pangkal masuk sekolah yang tidak murah, membuat ia kebingungan dan mencari cara agar ia dapat melakukan pinjaman.

26 Situasi 2 Dedi adalah putra satu-satunya Pak Rahmat. Sehari-hari ia bekerja sebagai pedagang bakso di depan sebuah pabrik kertas. Mereka sudah tinggal di Jakarta selama 8 tahun dan belum pernah pulang ke kampung halaman ayahnya di Cirebon. Ia memikirkan ayah dan ibunya yang sangat ingin pulang ke kampung halamannya saat Lebaran. Dedi berniat melakukan simpanan selama 2 tahun agar ia dapat membawa ayah dan ibunya ke Cirebon.

27 Situasi 3 Pak Wawan dapat membeli rokok 2 bungkus per hari. Ia mulai menerima teguran istrinya karena memberikan uang belanja yang minim. Meski mengetahui bahwa perilaku merokok itu tidak baik bagi kesehatan dan menghabiskan uang yang tidak sedikit, Pak Wawan mengaku sangat sulit berhenti merokok. Ia selalu membeli rokok setiap ada uang yang tersimpan di dompetnya. Harga barang kebutuhan sehari-hari kian meningkat dan ia berpikir untuk mencari pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhannya, namun tak kunjung mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Istrinya menyarankan ia untuk memulai simpanan di CUMI.

28 Situasi 4 Sdri. Feni adalah anggota CUMI dan ia ingin sekali menambah penghasilannya dengan membuka usaha Cuci Kiloan. Ia melihat peluang usaha ini sangat baik dan lingkungannya sangat membutuhkan jasa ini.


Download ppt "PRODUK DAN PELAYANAN CUMI PELITA SEJAHERA. Produk Simpanan SEMAI LUMBUNG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google