Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul."— Transcript presentasi:

1 Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul

2  Badan Pangan dan Gizi Dewan Riset Nasional Amerika Serikat sejak tahun 1941 telah menyusun Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan (Recommended Dietary Allowance/RDA).  RDA ini merupakan standar untuk mencapai gizi baik bagi penduduk.

3 AKG sebagai tingkat konsumsi energi dan zat-zat esensial berdasarkan ilmu pengetahuan mutakhir dinilai cukup memenuhi kebutuhan gizi untuk pemeliharaan hampir semua penduduk sehat

4 AKG untuk berbagai kelompok umur, gender, dan kondisi faali tubuh tertentu, yaitu hamil dan menyusui.

5 Tahun Pertama 1968 AKG Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tahun Kedua 1978 sejak itu secara berkala setiap lima tahun, terakhir pada tahun 2004 (Widyakarya Nasiona Pangan dan Gizi VIII, 2004).

6  AKG berbeda dengan Angka Kebutuhan Gizi (Dietary Requirements).  Angka Kebutuhan Gizi  banyaknya zat-zat gizi yang secara faali dibutuhkan seseorang untuk mencapai dan mempertahankan status gizi cukup, sedangkan AKG adalah kecukupan gizi untuk rata-rata penduduk menurut umur, gender, dan keadaan faali ttt, yaitu hamil dan menyusui.

7 Perencanaan suplai pangan penduduk atau kelompok penduduk Penilaian konsumsi pangan perorangan atau kelompok penduduk Penetapan standar bantuan pangan Penilaian kecukupan pangan Perencanaan pendidikan dan penyuluhan gizi Pengembangan produk pangan di industri Penetapan label gizi produk pangan (RDA, National Research Council, 1989)

8 AKG di Indonesia tahun 2004 disusun berdasarkan hasil enam kali lokakarya Regional Asia Tenggara yang diselenggarakan oleh International Life Science Institute dan FAOdalam rangka mengharmonisasikan AKG bagi Asia Tenggara (Muhilal dan Hardinsyah, 2004). Dalam Lokakarya tsb menyepakati definisi, kegunaan, cakuapan zat gizi, pengelompokkan umur, penetapan ukuran tubuh dan dasar perhitungan AKG.

9 Terdiri dari: Energi, Protein, Vitamin A, Vitamin D, tiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin C, kalsium, besi, yodium, seng, dan selenium.

10 Anak 0-6 bulan, 7-11 bulan, 1-3 tahun, 4-6 tahun, dan 7-9 tahun; remaja tahun, tahun, dan tahun; dewasa tahun, tahun, tahun, dan ≥ 65 tahun. Wanita hamil trimester 1,2, dan 3; serta wanita menyusui 6 bulan pertama dan 6 bulan keatas.

11 AKG umur 10 tahun keatas dibedakan menurut gender, pria dan wanita.

12


Download ppt "Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google