Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Silk Road… Adne lativa A. (2) Kirana Wahyu D. (9) Norma Yuniar (15) Imaddudin Yusuf A. (25) Muhammad Hanif M. (28)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Silk Road… Adne lativa A. (2) Kirana Wahyu D. (9) Norma Yuniar (15) Imaddudin Yusuf A. (25) Muhammad Hanif M. (28)"— Transcript presentasi:

1

2 Silk Road… Adne lativa A. (2) Kirana Wahyu D. (9) Norma Yuniar (15) Imaddudin Yusuf A. (25) Muhammad Hanif M. (28)

3 Apa itu jalur sutra? Merupakan jalur perdagangan tertua. Menghubungkan 2 Benua, dan terbentang Mil yang membentang Tiongkok, Asia Tengah, India Utara, dan Kekaisaran Parthia dan Romawi. Ia menghubungkan Lembah Sungai Kuning dengan Laut Tengah dan melewati tempat- tempat di Tiongkok seperti kota Gansu dan Shinqiang dan saat ini negara Iran, Irak dan Suriah. Jalur Sutra sendiri terdiri dari 2 moda transportasi utama, yaitu kapal di laut serta kuda lewat darat. Asal Mula.. Perdagangan sutra tumbuh di bawah Dinasti Han (202SM- AD220). Awalnya, sutra dihasilkan Tiongkok kuno untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Setelah produksi menjadi banyak, Mereka mulai menjual kebarat. Akan tetapi, dalam perjalanan, mereka sering dirampas oleh suku-suku kecil di Asia Tengah yang tertarik dengan sutra. Akibatnya, Dinasti Han memperluas pertahanan militernya lebih jauh ke Asia Tengah pada SM dalam rangka untuk melindungi para pedagang. Pemerintah Han mengirim Jenderal Zhangqian (Chan Ch'ien) sebagai seorang Duta agar mengajak suku-suku kecil ini bekerjasama, membentuk aliansi dengan mereka. Karena ide ini, Jalan Sutra lahir.

4 Jalur Sutra…. Laut Bhosporus strait… Malaka Strait.. Darat Khyber pass

5 Jalan Sutra.. Jalan Sutra dibuka dari ibu kota Dinasti Tang Tiongkok di timur ke Roma, ibukota Italia di barat. Jalur itu dibuka oleh seorang jenderal bernama Zhang Qian Dinasti Han. Kedua jalur Jalan Sutra itu disebut sebagai “Jalan Sutra Darat”. Menelusuri salah satu Jalan Sutra itu, dapat melewati Afganistan, Uzbekistan, Iran dan sampai Alexsandar Mesir. Pada abad ke-2 sebelum masehi sampai abad ke-2 masehi, Jalan Sutra itu mempunyai dua anak jalur yang masing-masing terletak di bagian utara dan selatan. Di antaranya, jalur selatan bertolak dari Dunhuang, Propinsi Gansu Tiongkok Barat Laut terus menuju ke barat menyusuri jalan di kaki Pegunungan Kunlun terus sampai ke Xinjiang, Tiongkok Barat Laut dan bagian timur laut Afghanistan, Iran dan Semenanjung Arab sebelum mencapai Roma, Italia. Sedangkan Jalan Sutra sektor utara dimulai dari Benteng Yumen, Dunhuang terus ke barat menyusuri jalan di kaki selatan Gunung Tianshan. Setelah melewati Gunung Chongling, Jalan Sutra Utara itu memasuki wilayah Rusia di bagian Asia Tengah, kemudian jalan itu membelok ke barat daya untuk bergabung dengan Jalan Sutra sektor selatan.

6 Malaka Strait.. Selat Malaka adalah sebuah selat yang terletak di antara Malaysia Thailand, Malaysia,Singapura dan Pulau Sumatra Indonesia. Dari segi ekonomi dan strategis, Selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran terpenting di dunia. Selat Malaka membentuk jalur pelayaran terusan antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta menghubungkan tiga dari negara-negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia: India, Indonesia dan Cina

7 Bosporus Strait… Bosporus (bahasa Yunani: Βόσπορος) adalah sebuah selat yang memisahkan Turki bagian Eropa dan bagian Asia, menghubungkan Laut Marmara dengan Laut Hitam. Selat ini memiliki panjang 30 km, dengan lebar maksimum meter pada bagian utara, dan minimum 750 meter antara Anadoluhisarı dan Rumelihisarı. Kedalamannya bervariasi antara 36 sampai 124 meter. Tepian selat ini berpenduduk padat, salah satu kotanya adalah Istanbul.

8 Khyber Pass… Celah Khyber (juga disebut Celah Khaiber atau Celah Khaybar) (Urdu: درہ خیبر ) adalah celah penting antara Pakistan dengan Afganistan. Merupakan celah nasional Pakistan, dan terhubung dengan perbatasan Afganistan. Sepanjang sejarah celah ini menjadi jalur perdagangan yang penting antara Asia Tengah dan Asia Selatan, dan lokasi militer yang strategis. Puncak celah ini yang sesungguhnya terletak 5 kilometer di Landi Kotal, Pakistan. Celah ini memotong Pegunungan Safed Koh yang merupakan perpanjangan ke tenggara dari Pegunungan Hindu Kush.

9 Pertanyaan Wibi(24): boshporus ada jembatan, namanya apa? Ina(14): Jalur yang dipakai Sultan Al Fatih saat penlakukan apakah sama dengan jalur sutera? Reka( 18)maksud jalur sutera utara dan selatan? Ningrum(8): Ibukota Dinasti Han dan Dinasti Tang, apakah sama?


Download ppt "Silk Road… Adne lativa A. (2) Kirana Wahyu D. (9) Norma Yuniar (15) Imaddudin Yusuf A. (25) Muhammad Hanif M. (28)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google