Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS."— Transcript presentasi:

1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS.

2 PENGERTIAN Pengambilan keputusan dengan kondisi konflek terjadi apabila alternatif keputusan yang harus dipilih atau diambil berasal dari pertentangan atau persaingan dari dua atau lebih pengambil keputusan. Suatu keputusan diambil dalam kondisi konflek apabila yang dihadapi bukan situasi tetapi pihak- pihak lain yang memiliki dalam keputusan yang hendak diambil.

3 TEORI PERMAINAN Teori permainan adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan pertentangan antara ber- bagai kepentingan. Teori ini dikembang- kan untuk menganalisis proses pengam- bilan keputusan dalam kondisi konflek yang melibatkan dua atau lebih kepenting- an.

4 Jenis-jenis teori permainan : 1. Berdasarkan jumlah pemain : 1.1. Permainan dengan dua pemain 1.2. Permainan dengan N pemain 2. Berdasarkan jumlah keuntungan atau kerugian : 2.1. Permainan dengan jumlah nol 2.2. Permainan dengan jumlah tidak nol.

5 Unsur-unsur Teori Permainan 1. Pemain 2. Aturan-aturan 3. Hasil (outcome) 4. Variabel-variabel 5. Kondisi informasi 6. Pemberian nilai

6 Berdasarkan unsur-unsur tersebut di atas, setiap pemain mempunyai strategi yang berfungsi untuk : a. Untuk menyelamatkan tujuan organisasi b. Menarik keuntungan dari situasi yang selalu berubah c. Mencapai tujuan dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya

7 Strategi yang ditentukan umumnya men-cakup : a. Fasilitas yang harus disediakan b. Cara-cara fasilitas tersebut harus disediakan c. Sinergi yang dapat dimanfaatkan d. Urutan langkah-langkah penyediaan fasilitas kekuatan e. Saat penyediaan fasilitas kekuatan f. Target-target dan kriteria yang harus dipegang teguh.

8 Sifat-sifat permainan a. Jumlah pemain terbatas b. Untuk setiap pemain terdapat jumlah kemungkinan yang terbatas c. Terdapat pertentangan kepentingan antar setiap pemain d. Aturan permainan untuk mengatur di dalam memilih tindakan diketahui oleh setiap pemain

9 e. Hasil seluruh kombinasi yang mungkin dilakukan berupa bilangan positif, ne- gatif, atau nol. Permainan dua-pemain dengan jumlah nol 1. Permainan strategi murni 2. Permainan dengan strategi campuran.

10 1. Strategi Murni (Pure-strategi Game) Pada strategi ini, setiap pemain memper- gunakan satu strategi (strategi tunggal) dan hasil optimal yang dicapai mempunyai titik keseimbangan yang dikenal dengan titik pelana (saddle point). Contoh : Dua perusahaan A dan B sedang dalam proses penentuan strategi periklanannya. Perusahaan A memiliki 2 startegi dan perusahaan B dengan 3 strategi.

11 Data mengenai strategi dan pay-offnya (misalnya kenaikan market share) disajikan pada tabel berikut. Tentukan nilai permainannya ! Perusahaan A Perusahaan B B1B1 B2B2 B3B3 A1A1 193 A2A2 854


Download ppt "PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM KONDISI KONFLIK OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google