Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GILANG DAN GANESH. FISIOTERAPI GLOBAL A DOCTOR’S REFERAL IS NOT NECESSARY TO ATTEND THIS PRACTICE AS A PRIVATE PATIENT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GILANG DAN GANESH. FISIOTERAPI GLOBAL A DOCTOR’S REFERAL IS NOT NECESSARY TO ATTEND THIS PRACTICE AS A PRIVATE PATIENT."— Transcript presentasi:

1 GILANG DAN GANESH

2 FISIOTERAPI GLOBAL A DOCTOR’S REFERAL IS NOT NECESSARY TO ATTEND THIS PRACTICE AS A PRIVATE PATIENT.

3 WCPT menyarankan pendidikan untuk menjadi fisioterapis dipusatkan pada universitas atau studi lain setingkat universitas, minimum 4 tahun mandiri dan diakreditasi dan lulusannya disetujui sebagai tamatan universitas secara hukum (accords graduates full statutory ) dan diakui profesinya.

4 STANDAR PENDIDIKAN FISIOTERAPI Pendidikan untuk menjadi fisioterapis dipusatkan pada universitas atau studi lain setingkat universitas, minimum 4 tahun independen dan diakreditasi sebagai standar sarjana penuh secara hukum dan diakui profesinya

5 S3 S2 S1 Doctor Master Bachelor SP 1 D IV D III D II D I Senior Vocational Junior Vocational Elementary School Course Training General Senior High School Elementary School Course Training General Junior High School Specialist 1 Diploma IV Diploma III Diploma II Senior Technician Junior Technician Tradesman Junior Tradesman Labour Gambar 1 back R&D Fisioterapi Innovatioan Application & Implementation

6 SPESIALISASI Konfederasi dunia untuk fisioterapi (WCPT) menegaskan adalah hak tiap anggota organisai untuk membuat kebijakan nasional yang mengijinkan praktek spesialis bila menurut pertimbangan mereka menguntungkan bagi masyarakat dan profesi dengan mendorong peningkatan standar fisioterapi.

7 WCPT mengharapkan pemaduan dan penyelarasan pengembangan praktek spesialis dengan mengambil definisi dan acuan sebagai berikut: Fisioterapi spesialis adalah aplikasi lanjut dari kewenangan klinis yang dilakukan fisioterapis yang qualified pada area praktek tertentu dalam lingkup aktivitas yang diakui sebagai fisioterapi..

8 Wewenang klinis tingkat lanjut ini menunjukkan suatu pengetahuan dan ketrampilan yang melampaui/melebihi syarat yang diperlukan untuk melakukan praktek dasar profesi. Profesi spesialis adalah spesialisasi yang (disarankan) dituju secara formal yang diakui oleh organisasi anggota yang didalamnya memungkinkan fisioterapis untuk mengembangkan dan menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pada tingkat yang lebih tinggi.

9 Fisioterapis spesialis adalah fisioterapis yang dapat menunjukkan kemampuan klinis tingkat lanjut, dengan memenuhi syarat - syarat secara memuaskan, Prosedur yang diperlukan dan syahkan secara formal pengetahuan dan ketrampilannya oleh organisasi atau badan I lembaga akreditasi.

10 Direct access - Doctor’s referral is not necessary Proses Fisioterapi assesment diagnosis planning implementation Evaluation - re-evaluation Syarat Pendidikan minimum 4 th. University basis Peningkatan pendidikan post basic

11 KESIMPULAN Pelayanan Fisioterapi ditujukan kepada perorangan dan masyarakat dalam lingkup mengembangkan, memelihara, dan memulihkan (maksimilisasi) Gerak dan (kemampuan) Fungsi. Profil Fisioterapi di era global adalah Fisioterapis yang sejajar dengan rekan-rekannya di luar negeri yaitu yang berpendidikan minimal 4 tahun, dan dikembangkan baik dalam bentuk spesialisasi maupun pengembangan akademik dalam keilmuan. ( Sp1 / S2 )

12 Dalam bidang pelayanan, Fisioterapi menjadi profesi kesehatan yang mandiri, terutama dalam menjalankan kewenangannya dalam asuhan fisioterapi, termasuk dalam membuat assesment, diagnosis Fisioterapi, membuat perencanaan, implementasi dan re-evaluasi, dengan demikian maka kompetensi fisioterapis Indonesia harus disesuaikan dengan tututan kemampuan tersebut. KESIMPULAN- LANJUTAN

13 Fisioterapis di masa datang harus mampu mengembangkan ilmu fisioterapi, dan pelayanan Fisioterapi melalui penelitian-penelitian yang sahih dan teruji sehingga Fisioterapi Indonesia berkembang seperti Fisioterapi global lainnya. Fisioterapis Indonesia harus berorientasi pada peningkatan pelayanan, yang dilandasi oleh ilmu pengetahuan dan tehnologi, dengan metode pemecahan masalah, diacu oleh standar pelayanan dan dituntun oleh kode etik yang luhur. KESIMPULAN LANJUTAN


Download ppt "GILANG DAN GANESH. FISIOTERAPI GLOBAL A DOCTOR’S REFERAL IS NOT NECESSARY TO ATTEND THIS PRACTICE AS A PRIVATE PATIENT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google