Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISTRIBUSI POISSON. Adalah suatu distribusi teoritis yang memakai var random diskrit, yaitu banyaknya hasil percobaan yang terjadi dalam suatu interval.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISTRIBUSI POISSON. Adalah suatu distribusi teoritis yang memakai var random diskrit, yaitu banyaknya hasil percobaan yang terjadi dalam suatu interval."— Transcript presentasi:

1 DISTRIBUSI POISSON

2 Adalah suatu distribusi teoritis yang memakai var random diskrit, yaitu banyaknya hasil percobaan yang terjadi dalam suatu interval waktu tertentu. Ciri-ciri dari distribusi Poisson : 1. Banyaknya hasil percobaan yang satu tidak tergantung dari banyaknya hasil percobaan yang lain. 2. Probabilitas hasil percobaan sebanding dengan panjang interval waktu. 3. Probabilitas lebih dari satu hasil percobaan yang terjadi dalam interval waktu yang singkat dalam daerah yang kecil dapat diabaikan.

3 Distribusi Poisson digunakan dalam : Menghitung probabilitas terjadinya peristiwa menurut satuan waktu, ruang atau isi, luas, panjang seperti: Banyaknya penggunaan telpon per menit, banyaknya kesalahan ketik per halaman sebuah buku, banyaknya mobil yang lewat selama 5 menit di suatu ruas jalan, dsb. Menghitung disktribusi binomial apabila n-besar (n  30) dan p relatif kecil (p < 0,1) Rumus dari distribusi Poisson adalah:

4 µ = n.p Ket: X = variabel random diskrit 0, 1, 2, 3… X! = X. (X-1). (X-2)…..2.1 e = bilangan irrational yang besarnya 2, ! = 1 menurut definisi P = probabilitas sukses n = banyaknya amatan

5 µ e -µ

6 Misalkan sebuah mobil diiklankan di surat kabar untuk dijual. Surat kabar tersebut mempunyai pembaca sebanyak orang. Jika kemungkinan seorang akan membalas iklan tersebut 0,000005, ditanyakan: a. Berapa orang diharap akan membalas iklan tersebut b. Berapa kemungkinan yang membalas hanya satu orang c. Berapa kemungkinan tidak ada yang membalas

7 Jawab n = p = 0, µ = n. p = , = 2,5

8 a. rata-rata ada 2 orang yang membalas iklan tersebut b c. X = 0 = 0,08209

9 Menurut pengalaman dari hasil pengamatan supervisor sebuah mesin fotokopi pada tiap 3000 lembar memfotokopi terdapat kerusakan selembar kertas. Toko tersebut ingin mengetahui berapa probabilitas kerusakan 1, 2, 3, 4 kertas pada tiap pemfotokopian sebanyak 1000 lembar.

10 jawab n = 1000 p = 1/3000 µ = /3000 = 1/3 =

11 =

12 =

13 =

14

15


Download ppt "DISTRIBUSI POISSON. Adalah suatu distribusi teoritis yang memakai var random diskrit, yaitu banyaknya hasil percobaan yang terjadi dalam suatu interval."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google