Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

J2ME, Configuration & Profile Pemrograman Aplikasi Mobile Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "J2ME, Configuration & Profile Pemrograman Aplikasi Mobile Marsel Willem Aipassa, S. Kom."— Transcript presentasi:

1 J2ME, Configuration & Profile Pemrograman Aplikasi Mobile Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

2 Platform Java J2SE – Java 2 Platform, Standard Edition Aplikasi Desktop J2EE – Java 2 Platform, Enterprise Edition Aplikasi enterprise dengan fokus pada pengembangan sisi webserver, termasuk servlet, JSP, EJB, dan XML J2ME – Java 2 Platform, Micro Edition Perangkat Mobile JavaCardSmart Cards Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

3

4 J2ME Set spesifikasi yang berfokus kepada perangkat konsumen Bekerja pada lingkungan yang terbatas Program J2ME diterjemahkan oleh VM Program J2ME tidak berhubungan langsung dengan perangkat Inti J2ME terletak pada Configuration & Profile Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

5

6 Configuration Menggambarkan fitur minimal dari Java runtime Untuk menjamin portabilitas dan interopabilitas, configuration tidak menggambarkan fitur tambahan Configuration menggambarkan subset bahasa pemrograman Java, kemampuan JVM, core platform libraries, keamanan dan jaringan CDC dan CLDC Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

7 CLDC Subset dari CDC dan Java SE Connection Limited Device Configuration (CLDC) menggambarkan dan merujuk pada area: Fitur bahasa Java dan Virtual Machine (VM) Library dasar Input/Output Keamanan Jaringan Internationalization Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

8 … Package-package pada CLDC java.lang java.lang.ref (CLDC 1.1) java.util java.io javax.microedition.io Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

9 … Karakteristik perangkat dengan CLDC Memory minimal 192kb untuk platform Java Prosesor dengan 16 atau 32 bit Mengkonsumsi sedikit daya Koneksi jaringan yang sementara & pembatasan bandwidth CLDC tidak menggambarkan instalasi & daur hidup aplikasi, UI, dan penanganan peristiwa (event handling) Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

10 GCF API dari CLDC untuk koneksi adalah Generic Connection Framework (GCF) Sebagai dasar umum untuk koneksi seperti HTTP, Socket, dan Datagram. Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

11

12 CDC Merupakan superset dari CLDC Menggambarkan lingkungan Java runtime yang lebih luas daripada CLDC, lebih dekat ke lingkungan J2SE Berisi semua API dari CLDC Memasukkan GCF ke dalamnya Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

13 Profile Menggambarkan set-set API dan fitur tambahan untuk pasar, perangkat dan industri tertentu Profile menggambarkan library penting untuk membuat aplikasi-aplikasi yang efektif seperti UI, networking dan storage Mobile Information Device Profile (MIDP) Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

14 MIDP MIDP (sekarang versi 2.0) berjalan diatas CLDC Membuat aplikasi mobile menggunakan CLDC dengan memanfaatkan MIDP yang mendefenisikan UI MIDP menggambarkan model aplikasi, UI API, storage dan networking, game dan media API, keamanan, penyebaran aplikasi Didesain untuk perangkat mobile Ditujukan pada area limited screen Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

15 … Memiliki kelas-kelas yang menangani fungsi high-level dan low-level UI High-level UI didesain fleksibel untuk berbagai spesifikasi dan implementasi MIDP 2.0 menambahkan fasilitas-fasilitas yang telah ada dari MIDP 1.0 seperti Game API, socket connection, datagram connection, server socket, serial port Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

16 MIDlet Suatu aplikasi MIDP disebut MIDlet Pada perangkat terdapat Aplication Management Software (AMS) yang akan mengatur jalannya aplikasi MIDlet berinteraksi langsung dengan AMS lewat method created, start, pause dan destroy Suatu MIDlet tidak harus memiliki method public static void main. Method tersebut tidak dikenal oleh AMS sebagai titik awal berjalannya program Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

17 … Sebuah MIDlet harus diwarisi dari (extend) kelas MIDlet yang berada pada package javax.microedition.midlet Kelas MIDlet menyediakan metode untuk siklus hidup dari aplikasi MIDlet memiliki tiga status yaitu Active, Paused dan Destroyed Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

18 … Metode-metode yang mengatur siklus hidup MIDlet antara lain Public void startApp() throws MIDletStateChangeException Public void pauseApp() Public void destoyApp(booleanuconditional) throws MIDletStateChangeException Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

19 SiklusMIDlet (1) MIDlet dimulai ketika di- instatiative oleh AMS dan langsung masuk ke status Pause AMS memanggil konstruktor public tanpa parameter dari MIDlet Jika ada eksepsi pada konstruktor, MIDlet masuk ke dalam status Destroyed dan AMS segera membuangnya Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

20 SiklusMIDlet (2) MIDlet masuk ke status Active atas pemanggilan method startApp() oleh AMS MIDlet masuk ke status Destroyed ketika AMS memanggil method destroyApp(). Status ini juga terjadi jika pemanggilan method notifyDestroyed sukses MIDlet hanya bisa memasuki status Destroyed sekali dalam siklusnya Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

21 MIDlet Aplikasi MIDlet yang telah siap, dipaketkan dan diimplementasi ke dalam perangkat dengan nama MIDlet suite MIDlet suite terdiri dari dua file yaitu Java Archive (.jar) dan tambahan Java Application Descriptor (.jad) Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

22 JTWI Java Technology Wireless Industry menetapkan set service dan spesifikasi standar Memperkecil fragmentasi API dalam pasar mobile phone Mengirim spesifikasi yang dapat diprediksi dan jelas untuk pabrik, operator dan pengembang aplikasi Aplikasi akan berjalan disuatu set yang lebih luas Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

23 Komponen JTWI Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

24 TerimaKasih Marsel Willem Aipassa, S. Kom.

25 Kuis Apa yang dapat anda simpulkan dari materi pertemuan kali ini? Apa motivasi anda memilih konsentrasi Mobile Programming? Marsel Willem Aipassa, S. Kom.


Download ppt "J2ME, Configuration & Profile Pemrograman Aplikasi Mobile Marsel Willem Aipassa, S. Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google