Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN PERSEPSI  Proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita, dan proses tersebut.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN PERSEPSI  Proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita, dan proses tersebut."— Transcript presentasi:

1

2 PENGERTIAN PERSEPSI  Proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita, dan proses tersebut mempengaruhi perilaku kita

3  Persepsi adalah inti komunikasi  Penafsiran (interpretasi) adalah inti persepsi, yang identik dengan penyandian balik (decoding) dalam proses komunikasi

4 Persepsi disebut inti komunikasi  Karena jika persepsi kita tidak akurat, tidak mungkin kita berkomunikasi dengan efektif  Semakin tinggi derajat kesamaan persepsi antarindividu, semakin mudah dan semakin sering mereka berkomunikasi

5  Persepsi meliputi penginderaan (sensasi) melalui alat-alat indra.  Sensasi merujuk pada pesan yang dikirimkan ke otak melewati panca indera.

6 PERSEPSI TERHADAP LINGKUNGAN FISIK  Persepsi kita terhadap lingkungan di sekitar kita dipengaruhi oleh pola pikir dan budaya yang kita terima.  Selain budaya, panca indera juga memiliki struktur tertentu terhadap persepsi

7 Contoh  Orang Amerika mengatakan ada kelinci di bulan, orang Cina melihat ada wanita yang meninggalkan suaminya, orang Sunda mengatakan ada nenek yang datang dari bulan bernama Nini Anteh

8 PERSEPSI SOSIAL  Persepsi sosial adalah proses menangkap arti objek-objek sosial dan kejadian-kejadian yang kita alami dalam lingkungan kita.  Setiap manusia memiliki gambaran yang berbeda mengenai realitas di sekelilingnya.

9 Persepsi berdasarkan Pengalaman  Persepsi manusia terhadap seseorang objek atau kejadian dan reaksi mereka terhadap hal itu berdasarkan pengalaman (dan pembelajaran) masa lalu mereka berkaitan dengan orang atau objek serupa.

10 Contoh  Pohon beringin identik dengan hal-hal yang berbau mistik, maka ketika seseorang berjalan melewati pohon tersebut maka pikirannya akan langsung tertuju pada makhluk halus yang ‘katanya’ mendiami pohon tersebut.

11 Persepsi bersifat Selektif  Selektif dalam memandang lingkungan sekitar disebut dengan atensi.  Atensi dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal.

12 Atensi Faktor Internal  Atensi yang berasal dari dalam diri manusia. Atensi ini membantu kita untuk menyeleksi berbagai fenomena yang sesuai dengan kebutuhan kita.

13 Contoh  Ketika Anda datang ke sebuah kafe atau resto, dan diberi menu, tidak semuanya Anda pesan. Anda akan memilih menu masakan yang sesuai dengan selera Anda. Selain itu apabila Anda orang religius, maka Anda akan menghindari masakan2 yang dilarang oleh agama.

14 Faktor Eksternal Atensi  Faktor yang dipengaruhi oleh atribut-atribut objek yang dipersepsi seperti gerakan, intensitas, kontras, kebaruan dan perulangan objek. Bisa dikatakan berasal dari luar diri manusia.

15 Contoh  Objek yang penampilannya lain dari yang lain misal cewek bule yang berada dalam kelas ini akan menarik perhatian kita.

16 Kegagalan dalam persepsi  Kegagalan kita dalam mempersepsikan fenomena di sekitar kita disebabkan oleh banyak hal seperti pola budaya yang berbeda dan penghargaan kita.

17  Salah satu contoh kegagalan persepsi adalah shock culture atau gegar budaya. Contoh gegar budaya adalah : Adi terkejut ketika dia pertama kali ke Malaysia dimana terdapat banyak perbedaan kata-kata seperti : Tempat Letak Kereta yang artinya stasiun, Rumah Sakit Korban Lelaki yang artinya rumah sakit bersalin, Menteri Semak-Semak Belukar yang artinya Menteri Kehutanan dan lain sebagainya.


Download ppt "PENGERTIAN PERSEPSI  Proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita, dan proses tersebut."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google