Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

N ORMA DAN E TIKA BISNIS Oleh Fenika S (3215071827)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "N ORMA DAN E TIKA BISNIS Oleh Fenika S (3215071827)"— Transcript presentasi:

1 N ORMA DAN E TIKA BISNIS Oleh Fenika S ( )

2 Norma berarti patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Etika berasal dari bahasa Yunani kuno " ethikos ", berarti "timbul dari kebiasaan“.

3 ETIKA BISNIS ADALAH CARA - CARA UNTUK MELAKUKAN KEGIATAN BISNIS, YANG MENCAKUP SELURUH ASPEK YANG BERKAITAN DENGAN INDIVIDU, PERUSAHAAN, INDUSTRI DAN JUGA MASYARAKAT.

4 M ENURUT R ONALD J. E BERT DAN R ICKY M. G RIFFIN ETIKA BISNIS ADALAH ISTILAH YANG SERING DIGUNAKAN UNTUK MENUNJUKKAN PERILAKU ETIKA DARI SESEORANG MANAJER ATAU KARYAWAN SUATU ORGANISASI.

5 T ERDAPAT ISTILAH PEMILIK KEPENTINGAN. Pemilik kepentingan dibagi dua yakni: 1. pemilik kepentingan internal, contohnya investor, karyawan, manajemen 2. Pemilik kepentingan eksternal, contohnya pelanggan, asosiasi dagang.

6 M ENURUT Z IMMERER, YANG TERMASUK KELOMPOK PEMILIK KEPENTINGAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BISNIS ADALAH : 1. Para pengusaha / mitra kerja 2. Petani 3. Organisasi pekerja 4. Pemerintah 5. Bank 6. Investor 7. Masyarakat umum 8. Pelanggan

7 M ENURUT Z IMMERER ADA TIGA TINGKATAN NORMA ETIKA YAKNI : 1. Hukum Peranan hukum yaitu untuk mengatur standar perilaku minimum. 2. Kebijakan dan prosedur organisasi Yakni member arahan khusus bagi setiap orang dalam organisasi dalam pengambilan keputusan sehari-hari. 3. Moral sikap mental individual Moral sikap mental individual, sangat penting untuk menghadapi suatu keputusan yang tidak diatur oleh aturan formal.

8 M ENURUT Z IMMERER, KERANGKA KERJA ETIKA DAPAT DIKEMBANGKAN MELALUI EMPAT TAHAP : Tahap pertama, mengakui dimensi- dimensi etika yang ada sebagai suatu alternative atau keputusan. Tahap kedua, mengidentifikasi pemilik kepentingan kunci yang terlibat dalam pengambilan keputusan. Tahap ketiga, membuat pilihan alternative dan membedakan antara tanggapan etika dan bukan etika. Tahap keempat adalah memilih tanggapan etika yang terbaik dan mengimplementasikannya.

9 TIGA TIPE MANAJER DILIHAT DARI SUDUT ETIKANYA YAITU : 1.Manajer tidak bermoral. Manajer tidak bermoral didorong oleh kepentingan dirinya sendiri, demi keuntungan sendiri atau perusahaan. 2.Manajer amoral. Tujuan utama dari manajer amoral adalah laba, akan tetapi tindakannya berbeda dengan manajer immoral. Ada satu kunci yang membedakannya, yaitu mereka tidak dengan sengaja melanggar hukum atau etika norma. 3.Manajer bermoral. Manajer bermoral juga bertujuan untuk meraih keberhasilan, tetapi dengan menggunakan aspek legal dan prinsip- prinsip etika.

10 M ENURUT M ICHAEL J OSEPSHON ADA 10 PRINSIP ETIKA YANG MENGARAHKAN PERILAKU, YAITU : 1. Kejujuran 2. Integritas 3. Memelihara janji 4. Kesetiaan 5. Kewajaran 6. Suka membantu orang lain 7. Hormat kepada orang lain 8. Warga Negara yang bertanggung jawab 9. Mengejar keunggulan 10. Dapat dipertanggungjawabkan.

11 C ARA - CARA MEMPERTAHANKAN STANDAR ETIKA : 1. Ciptakan kepercayaan perusahaan Kepercayaan perusahaan dalam menetapkan nilai-nilai perusahaan yang mendasari tanggung jawab etika bagi pemilik kepentingan. 2. Jalankan kode etik secara adil dan konsisten. Manajer harus mengambil tindakan apabila mereka melanggar etika. Bila karyawan mengetahui bahwa yang melanggar etika tidak dihukum, maka kode etik menjadi tidak berarti apa-apa. 3. Lindungi hak perorangan Akhir dari semua keputusan setiap etika sangat bergantung pada individual. Melindungi seseorang dengan kekuatan prinsip moral dan nilainya merupakan jaminan terbaik untuk menghindari penyimpangan etika.

12 4. Adakan pelatihan etika Workshop merupakan alat untuk meningkatkan kesadaran para karyawan. 5. Lakukan audit etika secara periodic Audit merupakan cara terbaik untuk mengevaluasi efektivitas sistem etika. 6. Pertahankan standar tinggi tentang tingkah laku, tidak hanya aturan Tidak ada seorang pun yang dapat mengatur norma dan etika. Akan tetapi, manajer bisa saja membolehkan orang untuk mengetahui tingkat penampilan yang mereka harapkan.

13 7. Hindari contoh etika yang tercela setiap saat dan etika diawali dari atasan Atasan harus member contoh dan menaruh kepercayaan kepada bawahannya. 8. Ciptakan budaya yang menekankan komunikasi dua arah Komunikasi dua arah sangat penting, yaitu untuk menginformasikan barang dan jasa yang kita hasilkan dan menerima aspirasi untuk perbaikan perusahaan. 9. Libatkan karyawan dalam mempertahankan standar etika Para karyawan diberi kesempatan untuk memberikan umpan balik tentang bagaimana standar etika dipertahankan.

14 SUMBER/REFERENSI BAHAN: 1. bisnis.html bisnis.html 2. Suryana, M.Si Kewirausahaan. Jakarta: Salemba empat. 3. id.wikipedia.org/wiki/Etika 4. id.wikipedia.org/wiki/Norma


Download ppt "N ORMA DAN E TIKA BISNIS Oleh Fenika S (3215071827)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google