Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERTEMUAN 13. Komunikasi Efektif Penting bagi Manajer: Komunikasi merupakan pelaksanaan proses manajemen. Komunikasi merupakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERTEMUAN 13. Komunikasi Efektif Penting bagi Manajer: Komunikasi merupakan pelaksanaan proses manajemen. Komunikasi merupakan."— Transcript presentasi:

1 KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERTEMUAN 13

2 Komunikasi Efektif Penting bagi Manajer: Komunikasi merupakan pelaksanaan proses manajemen. Komunikasi merupakan bagian besar dari kegiatan manajer.

3 Menurut Henry Mitzberg ada tiga tugas manajer yang sangat mementingkan komunikasi: Peran antar pribadi (interpersonal role). Peran informasi (informational role). Peran keputusan (decisional role).

4 Komunikasi merupakan proses di mana orang berusaha memiliki pengertian yang sama lewat transmisi dari pesan-pesan simbolis. RATNA JUWITA MANAJEMEN UMUM

5 Tiga hal penting dari definisi tersebut: Komunikasi melibatkan orang. Komunikasi meliputi pertukaran arti (shared meaning). Komunikasi merupakan simbolis.

6 Proses Komunikasi Model Paling Sederhana dari Proses Komunikasi: Pengirim (Sender) Pesan (Message) Penerima (Receiver)

7 Model Komunikasi yang lebih canggih (Sophicated) PENGIRIM (Sumber) Peng- kodean Pesan Saluran Pesan Penaf- siran Kode PENE - RIMA Peng- kodean Pesan Saluran Pesan Penaf- Siran Kode GANGGUAN UMPAN BALIK

8 Jenis-jenis komunikasi di dalam proses komunikasi: Komunikasi satu arah. Komunikasi dua arah.

9 Pengaruh dan Efektivitas Komunikasi Satu arah dan dua arah (Harold Leavitt dan Ronald Mueller): Komunikasi satu arah memerlukan waktu yang lebih singkat. Komunikasi dua arah lebih akurat dari komunikasi satu arah. Penerima merasa lebih yakin kepada dirinya sendiri dan kepada penafsirannya bila digunakan komunikasi dua arah. Pengirim dapat lebih mudah diserang bila digunakan komunikasi dua arah. Walaupun tidak akurat, komunikasi satu arah lebih tertib daripada komunikasi dua arah.

10 Hambatan terhadap komunikasi antar pribadi: Mendengar apa yang akan kita dengarkan. Mengabaikan informasi yang bertentangan dengan apa yang kita ketahui. Persepsi berbeda. Kata yang berarti lain bagi orang yang berbeda. Sinyal non verbal yang tidak konsisten. Pengaruh emosi. Gangguan.

11 Mengatasi hambatan terhadap komunikasi antar pribadi (Sayles dan Strauss): Gunakan umpan balik. Gunakan komunikasi tatap muka. Peka terhadap dunia penerima pesan. Peka terhadap arti-arti simbolis. Gunakan bahasa yang langsung dan sederhana. Gunakan jumlah kelebihan kata-kata yang tepat.

12 Empat Faktor yang mempengaruhi komunikasi dalam organisasi Raymond V. Lesikar): Jalur komunikasi formal. Struktur wewenang organisasi. Spesialisasi pekerjaan. Kepemilikan organisasi

13 Komunikasi dalam Organisasi: Komunikasi Vertikal. Komunikasi Lateral.


Download ppt "KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERTEMUAN 13. Komunikasi Efektif Penting bagi Manajer: Komunikasi merupakan pelaksanaan proses manajemen. Komunikasi merupakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google