Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AHLUL AMALSYAH 20100510054 HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN AMERIKA Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AHLUL AMALSYAH 20100510054 HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN AMERIKA Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"— Transcript presentasi:

1 AHLUL AMALSYAH HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN AMERIKA Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2 Apa itu kerjasama bilateral? Kerjasama bilateral adalah suatu kerjasama antar a dua negara dalam bidang -bidang tertentu misalnya kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Malaysia di bidang ketenagaker jaan dalam bentuk Memorandum Of Understandin g ( M OU ). Kerjasama bilateral antara dua negara juga mempunyai prinsip yang saling menguntungkan, saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain dalam langkah pengambilan kebijakan di negaranya masing -masing.

3 Gambaran Umum Hubungan Indonesia dan Amerika Lynn pascoe, duta besar amerika untuk Indonesia menjelaskan amerika tidak akan mempengaruhi atau campur tangan (to intervent) dalam pembutan atau pun pelaksanaan kebijakan pemerintah indonesia. Soemadi brotodiningrat, duta besar Ri untuk amerika menegaskan bahwa hubungan Indonesia dan amerika sangat solid.

4 Hubungan Indonesia - Amerika pada Dimensi Politik. Karl Jackson dari SAIS menjelaskan bahwa hubungan Amerika dengan Indonesia merupakan pekerjaan yang belum usai samp ai sekarang (unfinished business). Karl menjelaskan bahwa perkembangan hubungan bilateral Amerika dan Indonesia tersebut dalam perspektif sejarah dimulai pada tahun 1945 samp ai dengan sekarang. Dino patti jalal (juru bicara presiden RI) secara optimis menjelaskan hubungan amerika- indonesia berlansung penuh pengertian. Dibuktikan dengan adanya dialog antar presiden.

5 Hubungan Indonesia - Amerika dari Dimensi Ekonomi Amerika memiliki banyak ahli di bidang ekonomi Amerika merupakan pasar potensial bagi produk ekspor Indonesia Amerika merupakan pasar dominan didunia yang banyak menanam investasi Indonesia merupakan penghasil minyak dan gas serta produk manufaktur Perekonomian Indonesia juga memiliki pengaruh didunia. sama halnya dengan cina, jepang, rusia dan india

6 Hubungan Indonesia - Amerika dari Dimensi Regional Hadi soestro dari CSIS menyatakan regionalisasi merupakan isu yang berkembang seiring dengan adanya globalisasi Secara tidak lansung menuntut kerjasama antara Negara ASEAN sekarang bertambah kuat Kegiatan bisnis perekonomian berkembang dengan cepat. Maka perlu adanya regionalisasi

7 Hubungan Indonesia - Amerika dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan. Juwono Sudarsono, Menteri Pertahanan, menegaskan perkembangan demokrasi di Indonesia dan kontroversi kepemimpinan militer atau sipil. Terbentuknya masyarakat yang demokratis didasarkan pada reformasi politik dan reformasi politik terjadi bila perekonomian tumbuh dengan baik dan dapat meningkatkan taraf hidup kaum miskin dan kaum miskin akan bertahan hidup apabila mereka memiliki pertahanan sosial yang tinggi Don eirich menegaskan 3 masalah strategic peningkatan hubungan Indonesia dan amerika dalam bidang keamanan yaitu: - internal stability, -civil security, -counter terrorism.

8 TERIMAKASIH Referensi: L A N (2 004), Kajian Kerjasama Antara Indonesia dengan Malaysia di Bidang perlindungan TKI, jakarta: LAN Perwita, Anak agung banyu,(2005), pengantar ilmu hubungan internasional, bandung: PT. Remaja Rosdakarya UU RI No. 37 tahun 1999 tentang hubungan luar negeri


Download ppt "AHLUL AMALSYAH 20100510054 HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA DAN AMERIKA Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google