Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP INTRANET & PERBEDAAN JARINGAN INTERNET. SUBJECT Perbedaan Internet & Intranet Konsep Jaringan Internet Fasilitas pada internet, seperti : WWW FTP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP INTRANET & PERBEDAAN JARINGAN INTERNET. SUBJECT Perbedaan Internet & Intranet Konsep Jaringan Internet Fasilitas pada internet, seperti : WWW FTP."— Transcript presentasi:

1 KONSEP INTRANET & PERBEDAAN JARINGAN INTERNET

2 SUBJECT Perbedaan Internet & Intranet Konsep Jaringan Internet Fasilitas pada internet, seperti : WWW FTP Telnet Discussion group

3

4 WHAT IS INTRANET?

5 DEFINITION Menurut James A. O’Brien (2006, p326) Menurut McLeod & Schell (2004, p123) Intranet adalah Jaringan internal organisasi yang menggunakan infrastruktur dan standarisasi seperti internet dan web yang hanya dapat diakses oleh para pekerja perusahaan tersebut. Intranet adalah jaringan terbatas yang memiliki kemampuan seperti internet dalam suatu perusahaan, tidak dapat di akses oleh pihak uar dari perusahaan.

6 DEFINITION Menurut Whitten, Bentley, dan Dittman (2003, p26) Intranet adalah internet pribadi yang di desain untuk digunakan oleh karyawan organisasi. Intranet menawarkan tampilan dan rasa seperti internet, walaupun demikian keamanan dan firewall membatasi penggunaanya pada karyawan.

7 KONSEP DASAR INTRANET Intranet dibangun dengan Konsep LAN (Local Area Network) yang mengadopsi teknologi internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun Jadi, bisa dikatakan INTRANET adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet, diibaratkan memakai internet dalam lingkungan local.

8 KONSEP DASAR INTRANET Jadi, INTRANET adalah : jaringan komunikasi yang sama dengan jaringan internet tetapi hanya dalam lingkup yang terbatas atau dalam satu kesatuan organisasi saja, misalnya dalam satu perusahaan atau kantor saja

9 KONSEP DASAR INTRANET

10

11

12 PEMANFAATAN INTRANET Penggunaan Intranet sebenarnya tergantung dari bentuk organisasi pengunanya. Perusahaan multi-nasional, suatu instansi atau departemen lainnya. Dengan memahami kerja organisasi tersebut terlebih dahulu maka akan sangat membantu model desain intranet yang akan digunakan.

13 PEMANFAATAN INTRANET Dalam suatu organisasi, intranet banyak digunakan untuk : 1.Human Resource Service Pada modal organisasi intranet dapat digunakan untuk menyajikan informasi, seperti : a. Manual pekerjaan, Ex : Tata tertib, Petunjuk Kerja, informasi, Asuransi, Prosedur. b. Buletin board perusahaan, Ex : pengumuman kebijaksanaan, pengumuman pekerjaan, jadwa;l kerja, training. c.Record Working d. Newsletter (berita penting) untuk pekerja.

14 PEMANFAATAN INTRANET 2. Material and Logistic Services Organisasi kerja seperti ini dapat berupa took, cleaning service, dll. Informasi yang dapat diletakkan di intranet, misalnya : a.Listing peralatan atau service yang disediakan b. Image yang dapat di-click, yang menerangkan gambaran suatu fasilitas ruangan pada suatu kantor c. Image map yang dapat menerangkan buku telepon suatu perusahaan d. Suatu form yang dapat diisi dan digunakan untuk mencari informasi mengenai order, catalog, dan lain sebagainya.

15 PEMANFAATAN INTRANET 3. Information System Service Pada model organisasi ini intranet dapat digunakan untyuk menyediakan : a.Informasi mengenai computer para staff b. Informasi yang dibutuhkan para user, berkaitan dengan pengetahunan umum, manual operasi program untuk satu pekerjaan, dapat dikumpulkan pada suatu database, sehingga dapat berupa suatu perpustakaan elektronis. c. Semua data atau dokumen yang berbentuk file word processing, spreadsheet, graphic, dll, dapat digunakan bersama-sama dengan memanfaatkan aplikasi berbasis web dengan pusat data di web server.

16 KOMPONEN PEMBENTUK INTRANET Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti : a.Aplikasi Browser b.Komputer Server c.Perangkat Jaringan d.Protokol TCP/IP e.Bahasa Pemrograman f.Komputer Client g.Perangkat Bantu pengembang (development tool) untuk jaringan local Note : yang ditambahkan pada intranet apabila sebagian informasi tersebut ingin diekspose agar dapat diakses luar (internet) adalah firewall dan router ( intranet ini menjadi ekstranet ).

17 MODEL ORGANISASI INTRANET 1.Model Tersentralisasi Implementasi dari arsitektur tersentralisasi atau terpusat adalah : Pemrosesan data yang terpusat (biasa disebut komputasi terpusat) Semua pemrosesan data dilakukan oleh komputer yang ditempatkan di dalam suatu lokasi yang ditunjukan untuk melayanai semua pemakai dalam organisasi. Kebanyakan perusahaan yang tidak memiliki cabang menggunakan model seperti ini.

18

19 MODEL ORGANISASI INTRANET 2. Model Desentralisasi Setiap anggota organisasi boleh mensetup web server dan meletakkan informasi. Pada model ini pemasangan web server bisa dilakukan pada berbagai jenis mesin, baik PC, Mac, maupun UNIX. Alasan model ini ada adalah, user yang mengatur mesin tersebut adalah orang yang paling mengetahui tentang informasi di bidangnya. Sedangkan, model sentral, user tersebut harus menyesuaikan dengan standar yang ada pada tim pengelola pusat.

20

21 MODEL ORGANISASI INTRANET 3. Model Campuran Merupakan model gabungan dari model sentralisasi dan desentralisasi. Pola organisasi pengguna intranet-lah yang akan menentukan model mana yang paling cocok untuk kebutuhan mereka.

22 PROSES PADA INTRANET Apa yang membedakan pengembangan suatu intranet dibandingan dengan client server biasa? Suatu intranet membutuhkan perhatian yang lebih besar terhadap proses suatu bisnis, sebab teknologi intranet/internet ini akan berubah dengan cepat pada tahun mendatang. Teknologi intranet membutuhkan suatu dasar pengembangan yang baik sebagai dasar untuk memahami berbagai teknologi baru yang muncul, serta model desain yang mampu mengakomodasi keinginan user yang bertambah banya.

23 PROSES PADA INTRANET Intranet adalah jaringan computer yang berdasarkan standar Internet dan World Wide Web Karena teknologinya sudah terbentuk dan internet maka kemudahan, rendahnya biaya operasi, fleksibilitas, dan open system teknologi yang tidak tergantung dari platform menjadikan intranet sebagai salah satu pilihan unggulan. Sebagai contoh : Penggunaan Protokol yang berada dalam lingkup TCP/IP adalah HTTP, FTP, SMTP, POP, dll.

24 PERBEDAAN INTRANET DAN INTERNET INTERNET Jaringannya menjangkau wilayah yang sangat luas User sangat banyak Bisa diakses kapan saja, oleh siapa saja dan dimana saja Berkecepatan tinggi berupa grafik, suara, video, teks Berkembang dengan cepat INTRANET Jaringannya menjangkau wilayah local/sekitar (kecil/sempit) User terbatas, berskala kecil Akses terbatas, hanya komputer tertentu yang dapat mengakses Perkembangannya relative lambat Biasa digunakan di perkantoran, sekolah

25 GAMBARAN KONSEP JARINGAN INTERNET

26

27 KONSEP JARINGAN INTERNET

28 Dengan Protokol TCP/IP

29 FASILITAS INTERNET Question : Answer : Banyak. Berikut ini fasilitas yang disediakan di Internet. Apa yang bisa kita lakukan di Internet ?

30

31 WWW WWW (World Wide Web) Adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).

32 APA ITU HTTP ?

33 HTTP IS ? HTTP menurut Wikipedia.org adalah protocol jaringan untuk didistribusikan, kolaboratif, sistem informasi hypermedia HTTP adalah dasar dari komunikasi data untuk World Wide Web. Menurut jaringankomputer.org : HTTP : Protokol request-response (permintaan-tanggapan) antara klien dan server.

34 HYPERTEXT TRANSFER PROTOCOL HTTP : Menetapkan mekanisme standar untuk pertukaran ditingkat- aplikasi pesan antara perangkat web. Semua layanan web dijalankan melalui protocol ini. HTPPS : variasi bagian dari HTTP, dimana browser menambahkan lapisan enkrispi. Fungsi HTTP : menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransimiskan, dan tindakan apa dari Web server dan browser untuk merespon berbagai perintah. Protokol ini digunakan untuk pengambilan interlenik dokumen dan untuk mengakses sumber daya melalui web dengan mengunakan URL (uniform resource locator)

35

36 ELECTRONIC MAIL adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima dari seluruh penjuru dunia. Saat ini, tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar atau foto dan juga suara bahkan animasi.

37 ELECTRONIC MAIL juga digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beebrapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima , saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan fasilitas ini, asalkan sudah memiliki alamat tertentu. Example :

38

39

40 TELNET Beberapa server di internet memperbolehkan pemakai untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan local Example : Spacelink.msfc.nasa.gov -> redirect ke -> adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.

41

42 DISCUSSION GROUP Biasanya kita gunakan untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan artis.

43 DISCUSSION GROUP Mailing List Mailing list atau sering disebut milis dikalangan neter Indonesia adalah salah satu jenis discussion group di Internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimkan pda list address. Setiap yang masuk kemudian akan dikirim balik ke setiap member milis tersebut.

44 DISCUSSION GROUP Untuk menjadi member sebuah milis dimulai dengan mengirim ke subscription address. Example : List address : langganan : berhenti :

45

46 FTP FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita bisa mengkopi file-file di server ke komputer kita, hal ini yang disebut download. Selain itu kita juga bisa mengkopi file-file di komputer kita ke server di internet, hal ini disebut dengan upload.

47

48 THANK YOU ….. ARIGATO …. MERCI …


Download ppt "KONSEP INTRANET & PERBEDAAN JARINGAN INTERNET. SUBJECT Perbedaan Internet & Intranet Konsep Jaringan Internet Fasilitas pada internet, seperti : WWW FTP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google